Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Sederhana agar Makin Cerdas dan Tak Diremehkan Orang

Fimela.com, Jakarta Untuk mengasah ketajaman pikiran agar menjadi pribadi yang makin cerdas, perlu ada usaha dan tindakan nyata yang kita lakukan. Kalau hanya bersikap pasif dan tak mau mengupayakan apa-apa, hidup kita tak akan bisa berkembang. Selain itu, dengan senantiasa berusaha meningkatkan dan mengoptimalkan kelebihan diri, kita pun bisa menjadi pribadi yang lebih berdaya dan tak mudah diremehkan orang lain.

Kalau masih bingung bagaimana menjadi pribadi yang lebih cerdas, bisa dimulai dengan melakukan sejumlah perubahan sederhana. Seperti perubahan-perubahan berikut ini yang dapat menuntunmu untuk menjadi perempuan yang lebih cerdas dan berdaya. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Lebih Banyak Membaca

Kalau sebelumnya masih jarang membaca, kini cobalah untuk lebih banyak dan lebih sering membaca. Bisa membaca buku apa saja. Bahkan membaca novel atau kisah fiksi pun bisa berdampak positif pada dirimu. Mengutip buku Mendaki Tangga yang Salah, penelitian menunjukkan bahwa kisah fiksi menjadikan kita lebih "proporsional", bisa membuat kita lebih ramah, baik hati, dan suka memberi.

Kisah fiksi tak sekadar melibatkan benak kita. Namun, juga memasang "kacamata berlensa merah" di kepala kita. Profesor dari George Mason University dan pengarang buku terlaris, Tyler Cown mengatakan bahwa kisah adalah sebuah penyaring, yang memberlakukan keteraturan di dunia yang sering kali kacau balau. Kisah fiksi dibangun secara sengaja. Kisah-kisah fiksi bisa membantu kita menghadapi hidup.

 

 

2. Lebih Sering Mengeksplorasi Tempat Baru

Jelajahi tempat baru. Tambah pengalaman untuk mengenal hal-hal baru dengan bepergian atau berlibur. Bepergian akan membantumu menghadapi ketakutan terbesarmu berada di tempat yang tidak dikenal yang penuh dengan orang baru. Kamu juga bisa mendapatkan kejutan baru sekaligus makin percaya diri saat kamu menghadapi rintangan perjalanan yang tidak terduga. Makin luas pengalaman dan sudut pandang, makin tajam juga cara berpikirmu yang membuatmu makin cerdas.

 

 

3. Lebih Bangga dengan Pilihan Hidupmu Sendiri

Agar tak gampang diremehkan orang lain, kamu pun jangan sampai meremehkan dirimu sendiri. Maka, cobalah untuk bisa lebih bangga atas pilihan hidup yang kamu ambil. Berbanggalah dan bertanggung jawablah atas pilihan hidupmu, baik itu pilihan atas pendidikan, pekerjaan, maupun hubungan. Orang lain tak akan gampang meremehkanmu saat melihatmu bangga dengan pilihan hidupmu sendiri.

 

 

4. Lebih Bersemangat Mencoba Tantangan Baru

Agar pola pikirmu terus berkembang dan ketajaman pikiranmu makin terasah, terbukalah untuk mencoba hal baru. Setiap hal baru yang kamu alami dan tantangan yang berhasil ditaklukkan akan membantumu merasa memiliki hidup yang lebih bermakna. Ketika kamu makin menghargai hidupmu, kamu pun tak akan gampang merasa tertekan atau terpuruk saat ada orang yang memandangmu sebelah mata. Makin kaya pengalaman hidupmu, makin tenang dirimu dalam menghadapi orang-orang toxic.

 

 

5. Lebih Disiplin dalam Menjalani Rutinitas

Kalau sebelumnya masih sering bermalas-malasan dalam menjalani keseharian atau rutinitas, kini cobalah untuk lebih disiplin lagi dalam mengisi waktumu. Buat jadwal dan target baru untuk dicapai setiap harinya. Jadikan setiap hari terasa bermakna. Dengan kedisiplian yang terus kamu asah, mentalmu pun bisa makin kuat dan hal ini akan membuatmu tidak gampang insecure menghadapi orang yang meremehkanmu.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan kecerdasanmu. Semoga infonya bermanfaat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading