Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Diubah agar Mentalmu Makin Kuat

Fimela.com, Jakarta Memiliki mental yang kuat akan sangat membantu kita untuk bisa bertahan melewati masa-masa sulit dalam hidup. Selain itu, dengan mental yang kuat kita bisa selalu menemukan kekuatan untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Dalam menghadapi hal-hal yang terjadi di luar keinginan pun, kita tidak lagi gampang merasa tertekan.

Bagi kamu yang ingin memiliki mental yang lebih kuat, bisa coba mulai menghadirkan perubahan yang lebih baik dalam hidup. Bisa dimulai dari mengubah hal-hal ini.

1. Mengubah Cara Berpikir untuk Berani Bersikap Adaptif

Saatnya untuk mulai mencoba menerapkan gaya berpikir adaptif. Mengutip buku Merawat Luka Batin, gaya berpikir yang adaptif bertujuan untuk menerima kesulitan dan memungkinkan kita untuk menghadapi masalah dengan lebih efektif. Dengan cara berpikir ini, kamu tidak akan gampang merasa stres saat mengalami hal tak menyenangkan. Sebab kamu menyadari bahwa kamu akan selalu bisa beradaptasi dengan baik di berbagai situasi selama kamu mau mencobanya.

2. Mengubah Gaya Hidup yang Lebih Sehat

Kalau sebelumnya kamu sering malas berolahraga, kini cobalah untuk lebih rutin berolahraga. Kalau sebelumnya sering makan makanan tidak sehat, sekarang saatnya untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat. Dengan gaya hidup yang lebih sehat, kondisi mental kita bisa ikut membaik pula. Dengan kedisiplinan menjaga pola hidup sehat, kondisi psikismu bisa terjaga dengan lebih baik pula.

3. Mengubah Rasa Takut Menjadi Keberanian Mencoba Hal Baru

Memiliki rasa takut adalah hal yang wajar dan manusiawi. Mengutip buku How to Respect Myself, ada empat jenis rasa takut yang dimiliki oleh hampir semua orang, yaitu rasa takut mati, takut gagal, takut berpisah, dan takut kehilangan pesona diri. Tak perlu cemas dengan rasa takut yang kamu miliki. Cobalah untuk menerima rasa takut itu dan mengubahnya jadi dorongan untuk mencoba hal baru dalam hidup. Pengalaman baru yang kamu dapatkan bisa menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi.

4. Mengubah Kritik terhadap Diri Sendiri Menjadi Afirmasi Positif

Kamu memang memiliki kekurangan dan ketidaksempurnaan, tapi bukan berarti kamu harus terus menerus mengkritik dirimu karena hal tersebut. Saatnya untuk memperbanyak afirmasi yang positif terhadap diri sendiri. Setidaknya dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah mengelola stres dan mendapatkan kembali rasa percaya dirimu saat merasa terpuruk.

5. Mengubah Sikap Manja Menjadi Lebih Mandiri

Tempa mentalmu menjadi lebih kuat dengan membiasakan melakukan banyak hal secara mandiri. Jangan terus menerus menjadi orang yang manja dan bergantung pada orang lain. Ada kalanya kamu harus menyelesaikan sesuatu seorang diri, dan kalau kamu sudah terbiasa mandiri maka kamu tak akan gampang panik saat mengalami masalah baru dalam hidup.

Itu tadi lima hal yang bisa dilakukan di antara banyak strategi lain yang bisa dicoba agar mentalmu makin kuat. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading