Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Mandiri yang Bisa Membuat Hidup Makin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa bahagia, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bahkan bisa dimulai dari cara yang paling sederhana, seperti menerapkan kebiasaan-kebiasaan mandiri dalam keseharian. Ada hal-hal yang sebenarnya sederhana tapi ketika dilakukan dengan tenang bisa hadirkan kebahagiaan tersendiri.

Lima kebiasaan ini bisa kamu lakukan secara mandiri. Melakukan dan menerapkannya dalam keseharian bisa bantu hadirkan kebahagiaan tersendiri. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Membuat Makanan Sendiri

Ya, memasak bisa menghadirkan kebahagiaan sendiri. Kegiatan menyiapkan bahan-bahan, mengolahnya, dan membumbuinya bisa bantu tenangkan pikiran. Bisa menikmati makanan buatan sendiri pun bisa hadirkan kepuasan batin, dan ini mendatangkan kebahagiaan yang membuat hati nyaman.

 

 

2. Memuji Diri

Mengutip buku The Child in You, "Start your day with self-praise—which happens to come highly recommended. Praise yourself as often as you can. This will improve your mood and reduce any feelings of envy you may experience." Mulailah harimu dengan memuji diri sendiri—yang kebetulan sangat dianjurkan. Pujilah diri sendiri sesering mungkin. Ini akan memperbaiki suasana hatimu dan mengurangi perasaan iri yang mungkin kamu alami. Memuji diri sendiri bisa kamu jadikan kebiasaan harianmu karena ini jadi bagian dari usaha untuk mencintai diri sendiri dan membuatmu bahagia.

 

 

3. Meluangkan Waktu Melakukan Hobi

Luangkan waktu untuk melakukan hobimu. Aktivitas yang dilakukan dengan sukarela dan hadirkan rasa nyaman di hati jelas akan meningkatkan level kebahagiaanmu. Jadikan aktivitas menekuni hobi sebagai kebiasaan rutinmu. Setidaknya ketika kamu mengalami hari buruk, menekuni sebuah hobi bisa bantu memperbaiki mood-mu.

 

 

4. Miliki Ritual Pagi

Jadikan kebiasaan bangun pagi sebagai bagian dari keseharianmu. Miliki ritual pagimu sendiri, seperti berolahraga pagi, menikmati sarapan kesukaan, atau minum kopi favoritmu. Awal hari yang menyenangkan bisa membuatmu lebih mudah menjalani aktivitas dengan hati yang lebih nyaman.

 

 

5. Mensyukuri Semua yang Dimiliki

Tak perlu menunggu dimotivasi orang lain atau menunggu ada kejadian besar terjadi dalam hidupmu untuk bersyukur. Hadirkan saja hati yang penuh syukur atas semua hal yang sudah kamu miliki. Membiasakan diri bersyukur akan memudahkanmu untuk menikmati kehidupan yang kamu jalani. Masa-masa berat pun akan lebih mudah untuk dilalui dengan kebiasaan bersyukur.

Lima kiat di atas bisa langsung kamu terapkan dalam keseharian agar hidup makin bahagia. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading