Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Bisnis

Fimela.com, Jakarta Memulai bisnis bisa menyenangkan sekaligus memusingkan. Seringkali pekerjaan terasa menumpuk karena tak mampu membagi prioritas. Pada akhirnya, keteledoran akan membuat bisnis jadi berantakan bahkan sebelum benar-benar memulainya. Namun bila bisnis dapat dirintis dengan baik maka hasil menjanjikan bisa diraih dan dinikmati dalam waktu cepat.

Membangun bisnis bisa jadi keputusan yang menantang karena butuh persiapan matang sebelum resmi berjalan. Banyak hal harus dipertimbangkan untuk menunjang keberhasilan bisnis yang dibangun. Bila sahabat Fimela memiliki rencana untuk memulai bisnis, coba perhatikan hal berikut melansir dari Business.

1. Pelajari Dunia Bisnis

Langkah pertama saat ingin membangun bisnis adalah dengan mempelajari dunia bisnis. Setiap bidang memiliki lawan dan kawannya sendiri, agar dapat beradaptasi dengan baik maka pelajarilah dunia yang akan kamu rintis. Ide cemerlang bisa dimiliki banyak orang, namun strategi belum tentu dipahami para pebisnis lain.

2. Tentukan Target Pasar

Setiap bentuk bisnis yang ingin dijalankan, harus diiringi dengan khalayak yang menjadi target pasar. Memahami siapa yang membutuhkan produk atau layanan pada bisnismu dapat membantu menyempurnakan penawaran serta memastikan strategi pemasaran dan penjualan menjangkau orang yang tepat. Target pasar terdiri atas jenis kelamin, usia, pendapatan, dan profesi. Pahami siapa saja yang akan menjadi prioritas target bisnismu.

3. Buat Misi yang Kuat

Menjadi nomor satu pada bidang bisnis yang ingin dibangun tidaklah mudah, namun juga bukan tidak mungkin. Mengetahui tujuan bisnis sangat penting untuk membuatnya berkembang seiring berjalan waktu. Kenalilah kekuatan, kekurangan, dan perbedaan dari para pesaing akan membuat bisnismu mampu menonjol dan menarik minat para calon pembeli.

4. Membuat Struktur Bisnis

Langkah utama lain yang tidak kalah penting adalah menentukan struktur hukum bisnis. Hal ini termasuk pada pajak, nama pemilik, hingga karyawan yang dibutuhkan. Membuat bisnis memiliki struktur baik maka akan mempermudah legalisasi bisnismu. Meski dimulai dari bisnis kecil, persiapan ini perlu dilakukan untuk pegangan saat bisnis menjadi yang terdepan.

5. Atur Keuangan

Tidak hanya keuangan rumah tangga, keuangan dari bisnismu juga perlu perencanaan matang. Pastikan modal yang disiapkan untuk membangun bisnis dapat dialokasikan dengan tepat. Setelah bisnis mulai berkembang, buat aturan antara keuntungan bersih, uang untuk modal selanjutnya, dan hal lain yang dibutuhkan. Perencanaan keuangan bisnis yang matang akan menghindari risiko kerugian.

Membangun bisnis memang tidak mudah. Cermati tiap langkah yang perlu dilakukan agar bisnis kecilmu bisa berkembang dan terus mengalami peningkatan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading