Sukses

Lifestyle

7 Cara Mengetahui bahwa Seseorang adalah Orang Baik

Fimela.com, Jakarta Di dunia yang serba tidak menentu ini, kita tak bisa menilai semua orang sebagai orang baik. Karena kalau tidak hati-hati dan waspada, bisa jadi kita akan bertemu orang yang jahat atau berniatan buruk terhadap kita. Jangan sampai penilaian baik buruknya seseorang kemudian membuatmu membatasi bersikap baik kepada orang lain. Tapi jika ingin tahu apakah seseorang adalah orang baik, ini dia beberapa cara mengetahuinya.

1. Jujur

Kejujuran adalah modal utama orang baik. Bahkan jika banyak orang berusaha menutupi keburukan atau mencoba memanipulasi fakta, orang baik tidak akan menutup mata dan telinga akan sesuatu yang sebenarnya. Kejujuran menjadi pondasi utama caranya menjalani hidup. Karena kejujuran akan selalu dihargai ketimbang tipu daya dan kepalsuan yang mengikis sisi kemanusiaannya yang murni.

2. Bertanggung jawab

Orang baik tahu tanggung jawab. Kamu pasti akan kesal melihat suami yang meninggalkan anak dan istrinya tanpa nafkah atau semacamnya. Orang baik tidak akan meninggalkan tanggung jawabnya. Ia tahu setiap tindakan memiliki konsekuensi dan risiko, jadi ia akan mempertanggung jawabkan tindakannya. Ia tidak akan suka merepotkan orang lain meskipun tidak menutup diri jika memang membutuhkan bantuan.

3. Ikut senang ketika orang lain bahagia

Terkadang sulit merasa ikut bahagia ketika melihat orang lain bahagia, apalagi jika kamu suka membandingkan hidupmu dengan orang lain. Tapi orang baik berbeda, ia senang dengan kesuksesan orang lain dan merayakan itu bersama mereka secara tulus. Ia tahu bahwa kesuksesan orang lain bukan berarti kekalahan untuknya. Jalan hidup setiap orang berbeda dan setiap orang berproses dengan cara yang tidak sama.

4. Tidak mudah menghakimi

Orang baik tidak mudah menghakimi. Ia berpikiran terbuka, menghargai perbedaan, tidak menunjukkan sikap diskriminatif apalagi mejatuhkan orang lain. Sebelum mengenal orang lain dengan baik, ia menjaga ucapannya. Ia tidak mudah mengomentari sesuatu secara buruk karena ia tahu, bisa jadi anggapannya tidak benar. Ia selaly terbuka dengan segala macam pandangan, prinsip dan keyakinan karena menghormati semua orang sudah menjadi kewajiban.

5. Suportif

Tidak perlu pura-pura memuji atau memberi kado untuk bisa menunjukkan kebaikan, cukup menjadi seseorang yang suportif. Orang baik selalu ada untukmu saat kamu membutuhkannya. Dia tidak harus hadir dengan bantuan materi, tapi bisa juga berupa dukungan moral dan emosional. Jika dia adalah teman atau sosok yang membantumu melewati masa-masa sulit dan menjadi pemanjat doa agar kamu berhasil dan bahagia, maka dia adalah orang yang baik.

6. Murah hati

Menjadi orang yang dermawan atau murah hati juga secara otomatis membuat seseorang gampang disukai. Dalam konteks positif, kamu akan dengan mudah menganggap seseorang adalah orang baik ketika ia dermawan, sering berbagi rezeki ke sesama, suka menolong, membantu orang yang kesusahan dan tidak ragu mengulurkan tangan secara untuk meringankan beban orang yang membutuhkan.

7. Mudah bersyukur

Mungkin tak banyak yang paham mengapa mudah bersyukur menjadi salah satu ciri orang baik. Karena pada dasarnya, ketika orang mudah bersyukur, dirinya tidak akan gampang serakah dan mengeluh. Seringkali orang yang jarang bersyukur akan fokus menjalani hidup dengan cara mencari kepuasan duniawi, lupa bahwa seringkali merasa "cukup" adalah cara merasakan kepuasan hidup.

Itu dia sekian tanda jika seseorang adalah orang yang baik.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading