Sukses

Lifestyle

5 Tips Membantu Mengatur Keuangan Keluarga

Fimela.com, Jakarta Menikah menjadi awal hidup sekaligus dasar terbentuknya keluarga baru yang terdiri dari dua individu yang berbeda. Membangun sebuah keluarga baru memang bukan hal yang mudah dan tentu akan banyak tantangan yang dilewati kamu dan pasangan. Oleh karena itu, sebaiknya sejak awal kamu dan pasangan sudah membicarakan hal-hal yang akan sangat berpengaruh pada keluarga barumu baik di masa kini maupun masa depan. 

Salah satunya masalah keuangan yang akan menjadi isu sensitif karena setiap orang tentu memiliki cara pengelolaan uangnya masing-masing, begitu pula dengan kamu dan pasangan yang bahkan juga dapat saling bertolak belakang sehingga permasalahan keuangan perlu kamu bicarakan sejak awal untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan.

Selain itu, membicarakan keuangan dari awal dapat membantu kamu dan pasangan memiliki anggaran yang baik. Kamu dan pasangan dapat mulai membuat perencanaan anggaran untuk keperluan tertentu seperti membeli mobil dan rumah, pendidikan anak, biaya kesehatan, biaya darurat, uang untuk masa pensiun, dan lainnya. Dengan perencanaan anggaran tersebut, dapat lebih mengatur pengeluaran yang baik dan tidak melebihi pendapatan yang diterima. 

Tips untuk membantu mengatur keuangan keluarga

Dalam membangun keluarga baru, mengatur keuangan menjadi hal yang penting untuk diperbincangkan oleh pasangan supaya tidak adanya keputusan secara sepihak yang dapat menimbulkan masalah besar karena akan menjadi kesalahan yang fatal dan tak sedikit pasangan berpisah akibat keuangan yang tidak terkelola dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat membantu mengatur keuangan keluarga, dilansir dari forbes.com:

Mengidentifikasi tujuan keuangan dan cara mencapainya

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan dengan mengatur tujuan keluarga secara finansial seperti perencanaan liburan keluarga. Dengan adanya perencanaan liburan bersama keluarga, berarti kamu dan pasangan juga akan menentukan biaya liburan yang diperlukan. Lalu, setelah biaya terperinci dengan baik, kamu dan pasangan dapat n menabung setiap minggu atau bulannya untuk mengumpulkan biaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Membuat anggaran dengan pendapatan bulanan dan cara pengalokasiannya

Setelah adanya tujuan, langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan membuat anggaran yang sesuai dengan pendapatan bulanan. Kamu dapat mulai membagikannya dalam beberapa kategori seperti uang untuk tabungan, uang untuk membeli baju, uang untuk jalan-jalan, uang untuk kebutuhan anak, dan lainnya. Dengan melakukan pelacakan, kamu dapat menggunakan pendapatan bulanan dengan tujuan yang jelas dan menghindari pengeluaran yang berlebih.

Melacak pengeluaran

Dengan melakukan pelacakan pada pengeluaran, kamu dapat melihat berapa banyak uang yang telah digunakan untuk hal-hal tertentu dan apakah sudah sesuai anggaran serta tidak digunakan secara berlebih.

Membangun sistem pembayaran tagihan

Kamu dapat melakukan pemisahan rekening bank untuk setiap pengeluaran yang berbeda seperti untuk liburan, pembayaran tagihan, dan lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, dapat mempermudah kamu dan pasangan untuk melihat berapa banyak uang yang telah dialokasikan untuk pengeluaran tertentu. 

Berkomunikasi dengan pasangan

Sebelum memutuskan untuk membuka rekening giro atau menggabungkan keuangan, kamu dapat membicarakannya terlebih dahulu bersama pasangan sehingga jangan sampai terjadinya pengeluaran tambahan yang tidak diketahui satu sama lain. Kamu juga dapat menerapkan konsep “milikku, milikmu, dan milik kita” sehingga tetap memiliki rekening masing-masing, tetapi juga memiliki rekening bersama yang dapat digunakan untuk menabung dalam mencapai tujuan bersama. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading