Sukses

Lifestyle

5 Cara Bijaksana Menggunakan Kartu Kredit agar Tetap Hemat dan Mendapat Keuntungan

Fimela.com, Jakarta Saat ini banyak orang menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari belanja, biaya makan, hingga keperluan lain kartu kredit adalah andalan pembayaran. Fasilitas yang menggiurkan membuat kartu kredit menjadi banyak digunakan untuk menangani biaya hidup.

Memiliki kartu kredit bisa sangat menguntungkan bila mampu mengatur pengeluaran dan bijak terhadap penggunaannya. Sayangnya, sistem pembayaran di akhir membuat pemilik kartu kredit kerap menggunakannya tanpa sadar karena merasa tak perlu membayar saat itu juga. Agar budget bulanan tetap aman dan dapat menggunakan kartu kredit dengan nyaman, berikut tipsnya dilansir pada Real Simple.

1. Pilih Kartu Sesuai Kebutuhan

Kartu kredit memiliki banyak jenis yang menawarkan beragam manfaat. Bila membutuhkan kartu kredit untuk pengeluaran pokok rumah tangga, maka pilih kartu kredit yang banyak bekerja sama dengan toko yang menyediakan barang atau jasa terkait kebutuhanmu. Umumnya akan banyak penawaran dari kerja sama yang dilakukan kartu kredit dengan berbagai perusahaan. Hal ini akan memberimu keuntungan lebih besar.

2. Perhatikan Saldo

Bila menggunakan kartu debit untuk kebutuhan, maka secara alami kartu debit memberi batasan pengeluaran berdasarkan nominal uang yang dimiliki. Berbeda dengan kartu kredit, penggunaannya tidak memiliki batas. Hal inilah yang kadang membuat orang terlilit hutang akibat tak mampu membayar tagihan. Untuk itu, perhatikan saldo kartu kredit dan gunakan sesuai budget yang mampu dibayar. Bunga yang dikenakan kartu kredit mungkin besar, maka pertimbangkan juga untuk menggunakannya seminimal mungkin agar tidak rugi.

3. Catat Pengeluaran

Kartu kredit mencatat dengan detail setiap kamu menggunakannya. Mulai dari jumlah pengeluaran, tempat, hingga barang tercatat dengan baik. Berbeda dengan uang tunai, catatan penggunaannya harus diingat dengan baik atau dicatat sendiri. Manfaatkan kelebihan kartu kredit untuk mengatur pengeluaran tiap bulan. Dengan begitu, kamu dapat melihat jenis pengeluaran apa yang dapat dipangkas agar lebih berhemat.

4. Maksimalkan Manfaat Kartu Kredit

Kartu kredit umumnya memberi poin pada setiap penggunaan. Jangan terburu-buru mengumpulkan poin dengan belanja terlalu banyak, nikmati tiap langkahnya agar budget aman dan manfaat dapat dirasakan. Saat kartu kredit menawarkan promo dan diskon, coba pertimbangkan apa hal tersebut dibutuhkan atau tidak. Bila termasuk kebutuhan, maka manfaatkanlah fasilitas pemotongan harga. Namun bila tidak dibutuhkan, maka jangan tergiur dengan diskon yang ditawarkan.

5. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Kartu kredit memiliki aturan untuk membayar tagihan sebelum tenggat waktu yang diberikan. Jangan hanya senang menggunakannya, taati tenggat pembayaran yang telah ditetapkan. Menunda membayar tagihan hanya akan membuatmu terlilit hutang kartu kredit. Membayar tagihan tepat waktu bukan hanya menghindari hutang, namun juga memberi skor atas taatnya pembayaran.

Mengatur keuangan dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai penawaran dari kartu kredit. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pahami kebutuhan, kemampuan, dan benefit yang diberikan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading