Sukses

Lifestyle

Susul Raline Shah, Cinta Laura dan Putri Marino Wakili Indonesia di Cannes Film Festival 2023

Fimela.com, Jakarta Menyusul Raline Shah, Cinta Laura dan Putri Marino menjadi perwakilan Indonesia di Cannes Film Festival 2023 pada 26-27 Mei 2023. Dua ikon lokal perfilman Indonesia tersebut akan hadir bersama spokesperson global  L'Oréal Paris dan aktris ternama dunia seperti Kate Winslet, Eva Longoria, Gemma Chan, Aishwarya Rai, Jane Fonda dan masih banyak lagi. 

Setelah 10 tahun, L’Oréal Paris sebagai official partner Cannes Film Festival sejak tahun 1997 akhirnya kembali mengirimkan perwakilannya dari Indonesia. Kehadiran Cinta Laura dan Putri Marino sendiri memiliki misi untuk menggaungkan inklusivitas dan keberagaman perempuan serta mendorong lebih banyak representasi perempuan di industri film.

“We have a mission to empower women. Di ajang Cannes Film Festival ini kami percaya di L’Oréal Paris bisa membuktikan bahwa kita ingin mendukung sineas perempuan dan mau mendorong perempuan di seluruh dunia untuk lebih banyak tampil di industri perfilman,” kata Cinta Laura saat konferensi pers di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Senin (22/5).

Secara historis Industri film global memiliki para sineas wanita yang perannya kurang terwakili baik di depan maupun di belakang layar. Hanya 17% wanita yang menyutradarai film terlaris, dan hanya 25% yang memegang peran penting di belakang layar. 

Menurut Putri Marino, dalam skala lokal, perfilman Indonesia sendiri tampak setara gender. Namun statistik menunjukkan bahwa jumlah pembuat film perempuan Indonesia dan karya mereka tidak sebanyak dengan pembuat film laki-laki dan film mereka.

“Jika dibandingkan dahulu, industri perfilman Indonesia tampak lebih setara sekarang. Ada banyak sutradara hingga kameramen perempuan. Harapannya, dengan hadirnya kami di Cannes Film Festival, akan lebih banyak lagi perempuan yang terinspirasi untuk berani terjun di industri perfilman,” ungkap Putri Marino.

Persiapan di Cannes Film Festival 2023

Untuk memastikan Cinta Laura Kiehl dan Putri Marino siap tampil di red carpet Cannes Film Festival 2023, festival, L'Oréal Paris berkolaborasi dengan para talenta di bidang fashion dan beauty terbaik Indonesia. 

Makeup Artist Selebriti Bubah Alfian dan Aditya, serta desainer terkemuka seperti Tex Saverio, Hian Tjen, Maison Met – Mety Choa, Jacob Wil, Toton dan SOE Jakarta adalah beberapa talenta yang akan mengulurkan tangan emasnya untuk mempersiapkan penampilan Cinta Laura dan Putri Marino.

Tim di balik penampilan Cinta Laura adalah Tex Saverio, Maison Met – Mety Choa, dan Jacob Wil; sedangkan Putri Marino akan mengenakan gaun karya Hian Tjen, Toton, SOE Jakarta dan aksesoris dari TULOLA Designs. L'Oréal Paris juga menggandeng Glenn Prasetya, seorang fotografer profesional dari Studio 47, untuk mendokumentasikan perjalanan selama Cannes Film Festival.

Fashion stylist dan fashion director dari Krama Creative Consultant, Yoland Handoko mengungkapkan, bahwa mereka  mengambil inspirasi dari berbagai referensi arca, gaya busana kerajaan masa lampau, cerita rakyat, serta kain wastra warisan budaya Nusantara sebelum dikurasi menjadi dua konsep: The Modern Day Indonesian Deity untuk Cinta Laura Kiehl dan The New Regal untuk Putri Marino.

Cinta Laura akan tampil di karpet merah tanggal 26 Mei, sementara Putri Marino sehari setelahnya tepatnya 27 Mei. Keduanya juga akan menghadiri The Lights On Women Award, sebuah penghargaan khusus untuk sutradara film pendek wanita berbakat. Pemenang penghargaan ini akan diumumkan oleh Kate Winslet, peraih Oscar sekaligus Brand Spokesperson global L'Oréal Paris yang juga bertindak sebagai kepala juri dan presenter Lights on Women Award.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading