Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kamu Orang yang Berpikiran Terbuka dan Menghargai Perbedaan

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali kasus diskriminasi di dunia ini, bahkan di lingkungan terdekat kita sendiri. Menjadi seseorang yang mampu menerima perbedaan itu terkadang tidak mudah, kamu perlu berbekal banyak pengetahuan sehingga bisa membuka wawasan dan berpikiran terbuka. Akan selalu ada yang membedakan antara orang yang berpikiran terbuka atau open-minded dengan mereka yang berpikiran sempit. Ini dia sekian tanda kamu orang yang berpikiran terbuka.

1. Punya rasa penasaran dan tantangan

Orang-orang yang berpikiran terbuka memiliki ciri penuh spontanitas, punya rasa ingin tahu yang besar dan penasaran dengan banyak hal. Kamu siap mencoba hal-hal baru dan suka ketika mendapat pengalaman baru. Kamu juga tidak takut menghadapi tantangan dan risiko. Itu adalah sesuatu yang memacu adrenalin. Meskipun kamu tahu itu tidak selalu aman, tapi kamu ingin menjawab pertanyaan di kepalamu dengan mencobanya sendiri.

2. Merespon candaan dengan santai

Kamu tahu bahwa hidup ini tidak harus selalu disikapi dengan serius dan formal, tapi juga santai dan penuh canda. Ketika diajak bercanda, kamu bisa menanggapinya dengan ringan. Tidak ada rasa sakit hati atau tersinggung ketika kamu merasa konteksnya untuk bercanda. Kamu sendiri adalah seseorang yang mudah menertawakan kehidupanmu sendiri. Jadi menangani lelucon dengan tawa adalah hal yang mudah bagimu.

3. Berpegang pada fakta dan realita

Kamu realistis dan logis. Kamu meyakini fakta dan kebenaran yang ada selama ini, tapi juga tak menutup kemungkinan sudut pandangmu akan berubah ketika ada hal lain yang menguji apa yang kamu yakini. Orang-orang yang berpikiran terbuka tidak akan terlalu biasa terhadap sesuatu. Kamu bisa berpikir fleksibel selama apa yang kamu yakini berdasarkan fakta dan kenyataan.

4. Menghargai perbedaan

Ini adalah ciri yang paling umum bahwa kamu sosok yang open-minden. Kamu akan selalu menemukan perbedaan di sekitarmu, tapi itu tidak mengganggumu. Kamu mampu menerima perbedaan dan menghargai hal itu, mau perbedaan pendapat, agama, warna kulit, ras, bahkan orientasi seksual. Kamu merasa semua orang patut dihargai perbedaannya, tidak ada yang pantas dihina, diejek atau dilecehkan. Kamu juga tidak pernah memaksakan kehendak pada orang lain yang berbeda darimu.

5. Enak diajak ngobrol apa saja

Orang-orang yang berpikiran terbuka akan selalu menunjukkan sikap hangat, ramah dan santai. Misalnya ketika orang-orang merasa nyaman berada di dekatmu karena kamu enak diajak ngobrol apa saja, dari yang serius hingga yang tabu dan prinsipil. Bagimu, mendengarkan pendapat, sudut pandang lain dan bertukar pikiran itu perlu, namun tak harus saling memaksakan pemahaman satu sama lain. Orang merasa kamu tenang dan berpikiran dingin.

6. Pengertian dan sabar

Kamu adalah orang yang open-minded ketika menunjukkan kesabaran seluas samudra dan pengertian yang bijaksana. Kamu tidak selalu mudah terpancing emosi hanya karena orang menyerobot antrian. Kamu kesal dan memaki di hati, tapi tidak sampai melakukan tindak anarki. Kamu bisa berpikiran baik ketika orang lain tidak berlaku baik padamu, tentu ini sulit, tapi terkadang menjadi orang yang terbuka adalah ketika kamu tidak suka memperumit masalah.

Itu dia sekian tanda kamu orang yang terbuka atau open-minded. Berbahagialah jika kamu punya kualitas positif ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading