Sukses

Lifestyle

Bersih Seperti Baru Lagi, Begini Cara Menghilangkan Kerak Gosong Pada Panci Bekas Pakai

Fimela.com, Jakarta Setelah selesai memasak makanan apapun, sebaiknya cucilah panci yang digunakan sampai bersih dan nggak menyisakan noda sedikitpun. Pasalnya, panci yang nggak dibersihkan dengan benar lama kelamaan bisa berubah menjadi gosong di area tertentu, termasuk pula di sisi luarnya. Peralatan memasak yang memiliki bagian gosong ini nggak disangka-sangka juga bisa memicu risiko penyakit berbahaya, seperti kanker lho.

Sayangnya, nggak banyak perempuan yang menyadari hal ini dan malah mencuci panci bekas memasak dengan ala kadarnya. Alhasil, tinggal menunggu waktu saja sampai kerak gosong pada panci semakin menumpuk. Meski begitu, kamu tetap bisa mengembalikan kondisi panci seperti sedia kala dengan beberapa cara jitu. Nggak cuma simpel, tips ini pun juga bisa digunakan karena hanya mengandalkan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Simak dulu, yuk!

Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Kedua bahan ini memang sangat bisa diandalkan sebagai desinfektan dan pembersih kerak panci yang membandel. Untuk menggunakan tips ini, kamu cuma perlu menuangkan campuran cuka dan air dengan jumlah yang sama ke bagian panci yang gosong. Lalu, didihkan air dan tambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalamnya. Oleskan secara merata di area yang gosong dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, bersihkan menggunakan spons hingga noda hitam hilang sepenuhnya.

Pakai Air Panas dan Sabun Pencuci Piring

Tips yang kedua adalah merendam panci yang gosong ke dalam air panas sesegera mungkin setelah digunakan. Biar semakin bersih, gunakan sabun pencuci piring untuk membantu meluruhkan kerak gosong yang menempel di sisi luar dan dalam panci. Pastikan kamu memakai produk pencuci piring yang dilengkapi dengan teknologi penghilang noda dan kerak membandel, ya. Sebab hal ini akan sangat membantu dalam membasmi noda gosong yang terdapat pada panci.

Manfaatkan Minyak Sayur

Minyak sayur yang bisa ditemukan secara mudah di dapur juga bisa menjadi salah satu solusi untuk membersihkan noda gosong pada panci. Seusai membersihkan panci bekas pakai dengan sabun dan air, cobalah untuk mengoleskan minyak sayur tipis-tipis secara merata di bagian panci yang gosong. Cara ini dipercaya akan membuat panci lebih mengkilap dan mengurangi kerak gosong yang menempel.

Gunakan Perasan Jeruk Nipis

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan perasan jeruk nipis. Bahan alami ini sendiri memiliki tingkat keasaman yang mampu meluruhkan noda membandel, seperti kerak gosong pada peralatan memasak. Untuk melakukannya, didihkan air terlebih dahulu dan kemudian letakkan di sebuah wadah berukuran besar untuk menampung panci yang ingin dibersihkan. Selanjutnya, campurkan sabun cuci piring dan air jeruk nipis ke dalam air mendidih tersebut. Rendam panci hingga beberapa jam atau semalaman agar kerak yang menempel bisa hilang sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak gosong pada panci. Sangat mudah dan terjangkau, bukan? Yuk, cobain sekarang juga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading