Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu adalah Orang yang Pengertian dan Bijaksana

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang memiliki sifat pengertian, dan tidak mudah menjadi seseorang yang pengertian. Entah bakat alami atau pun dilatih secara berkala, tetap saja kita perlu mengenal seseorang cukup lama sehingga bisa mengklasifikasikan dia sebagai pribadi yang pengertian. Kamu pun belum tentu termasuk sebagai orang yang pengertian. Tapi apa saja pertanda jika seseorang atau kamu adalah orang yang pengertian? Ini dia sekian tanda jika kamu orang yang pengertian.

1. Kamu menerima orang lain apa adanya

Kamu tidak mengharapkan apa pun terhadap orang lain, kamu menjalin hubungan dengan tulus dan santai. Kamu juga menerima mereka apa adanya. ketika seseorang melakukan kesalahan, tersulut emosi atau berlaku kasar padamu, daripada mendebat dan membenci mereka, kamu berpikir bisa saja mereka sedang tidak baik-baik saja atau menghadapi rasa sakit emosional. Kamu menempatkan diri di posisi mereka sehingga tak mudah menghakimi mereka.

2. Kamu menghargai orang lain

Kamu tidak terganggu dengan perbedaan yang ada di lingkungan sekitarmu. Kamu menyikapinya dengan bijaksana, menerima dan menghargai, alih-alih memaksakan keyakinan dan pikiranmu terhadap mereka. Pun tak ada alasan untuk merendahkan atau menjelekkan, karena menurutmu tidak ada orang yang pantas untuk diperlakukan buruk. Jika kamu tak suka diperlakukan buruk, maka kamu berusaha untuk tidak bersikap buruk pada orang lain. Kamu mampu menghargai usaha orang lain, tidak meremehkannya.

3. Kamu belajar menerima kenyataan

Daripada kecewa berlebihan atau menyesali kegagalan, kamu memilih untuk menerima kenyataan dan belajar menerima masa lalu. Seperti halnya baik kepada orang lain, kamu juga baik terhadap diri sendiri. Penolakan dan kejadian buruk tidak selalu mengganggumu. Kamu berfokus memberikan yang terbaik untuk hidup saat ini. Kamu sadar, waktu akan terus berlalu dan hidup akan terus berlanjut, sia-sia rasanya jika hidup berhenti di masa lalu.

4. Kamu membuat orang lain merasa diperhatikan

Satu hal yang membuatmu dianggap sebagai orang yang pengertian adalah kemauan untuk peduli dan perhatian pada orang lain. Kamu membuat orang lain merasa diistimewakan, diperhatian, dianggap dan didengarkan. Kamu berpikiran positif dan optimis, melihat sisi baik orang lain ketimbang sisi buruk mereka. Kamu memberikan waktu untuk mendengarkan kisah orang lain dan belajar dari pengalaman mereka. Sedangkan orang lain merasa lebih lega ketika ada dirimu sebagai teman bercerita.

5. Kamu berpikiran terbuka dan mudah beradaptasi

Jika dihadapkan pada perbedaan pendapat atau prinsip, kamu mungkin tidak setuju pada beberapa pandangan, tapi bukan berarti itu mengonfrontasi emosimu untuk berdebat dan bersaing dengan mereka. Kamu justru menunjukkan toleransi dan berkompromi. Ketika seseorang melakukan kesalahan, kamu belajar untuk memaafkan, bukan membencinya. Kemampuanmu dalam bersikap fleksibel dan berpikiran terbuka menjadikanmu sosok yang lebih menyenangkan dan disukai banyak orang.

Jika kamu bisa menemukan semua ciri atau tanda di atas pada dirimu, kemungkinan besar kamu adalah orang yang pengertian.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading