Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan Cerdas yang Punya Mental Kuat

Fimela.com, Jakarta Masing-masing dari kita pasti punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Bakat dan minat kita pun tak selalu sama dengan orang lain. Meskipun mungkin kadang kita masih merasa rendah diri karena merasa tak sehebat orang lain, tapi bisa jadi sebenarnya kita termasuk dalam golongan orang yang cerdas. Bahkan bisa jadi kita juga sebenarnya sudah punya mental yang kuat.

Dengan menggarisbawahi arti cerdas sebagai sifat yang menggambarkan untuk terus mau belajar dan mengasah ketajaman pikiran, serta bermental kuat karena punya kesadaran diri yang sehat, maka berikut ini bisa menjadi ciri-ciri umum yang mewakili ada kecerdasan dan mental kuat di dalam dirimu. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Mampu Berproses untuk Terus Tumbuh

Kemauan dan kemampuanmu untuk terus belajar hal baru membuatmu makin cerdas. Ketajaman pikiranmu senantiasa terjaga dan terus terasah dengan semangatmu untuk terus bertumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Dalam menyikapi perkembangan zaman dan perubahan dinamika hidup, kamu bisa bersikap lebih aktif untuk bertahan dengan sebaik mungkin. Dengan semangatmu untuk terus belajar hal baru, kamu pun bisa lebih siap dalam menghadapi dan mengatasi berbagai persoalan hidup baru.

2. Memiliki Kendali Diri yang Baik dan Stabil

Mengendalikan diri bisa menjadi hal tersulit untuk dilakukan dalam hidup. Akan tetapi, ketika kamu bisa memiliki kemampuan mengendalikan diri yang baik, maka kamu bisa lebih tegar dalam menghadapi hal-hal tak terduga dalam hidup. Mengutip buku Emotional Intelligence, "Kendali diri emosional—menahan diri terhadap kepuasan dan mengendalikan dorongan hati—adalah landasan keberhasilan dalam berbagai bidang." Kamu pun bisa lebih fokus mencapai tujuan dan impianmu dengan kendali diri yang stabil. Kamu pun memiliki kemampuan mengelola stres yang lebih baik.

3. Dapat Melatih Cara Berpikir Adaptif

Kemampuanmu untuk selalu berusaha menyesuaikan diri hadapi perubahan baru dalam hidup membantumu bisa bertahan agar tidak gampang terpuruk atau kewalahan sendiri. Kamu bisa melatih pikiran adaptif dengan baik. Mengutip buku Merawat Luka Batin, pikiran adaptif merupakan pikiran yang bersifat luwes, artinya pikiran ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa kita akan mencapai tujuan yang telah kita tetapkan atau merasa lebih baik. Pikiran adaptif ini bersifat logis dan realistis. Melatih cara pikir ini akan memudahkanmu untuk hadapi dan mengatasi setiap tantangan baru dalam hidup.

4. Punya Pandangan Positif dalam Hidup

Pandangan positif yang kamu miliki dalam hidup bisa membantumu mencapai tujuan-tujuanmu. Bahkan bisa membantumu bangkit dari tiap keterpurukan dan kegagalan yang kamu alami. Mengutip buku Emotional Intelligence, "..., kaum wanita yang cerdas secara emosional cenderung bersikap tegas dan mengungkapkan perasaan mereka secara langsung, dan memandang diri mereka sendiri secara positif; kehidupan memberi makna bagi mereka." Dengan adanya pandangan positif ini, kamu pun bisa lebih mudah menata hidupmu sesuai dengan prioritasmu sendiri.

 

 

5. Mampu Menerapkan Dikotomi Kendali

Mengutip buku Filosofi Teras, dalam realitas kehidupan yang kita jalani ini ada hal-hal yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Agar tidak gampang stres dalam hidup, kita bisa menerapkan dikotomi kendali. Dikotomi kendali adalah pembagian hal dalam hidup terbagi menjadi dua hal, yaitu: yang berada di bawah kendali diri dan di luar kendali diri. Dengan memahami mana yang perlu diikhlaskan karena berada di luar kendali diri dan fokus mengupayakan hal-hal yang masih dalam kendali diri, kamu pun bisa menjaga mentalmu tetap kuat menghadapi hal-hal yang terjadi di luar dugaanmu.

Semoga kamu pun bisa menjalani hidup dengan mental yang kuat. Serta, semoga kecerdasanmu pun bisa terus meningkat dari waktu ke waktu dengan semangatmu yang mau terus belajar hal baru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading