Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Oleh Perempuan yang Akan Mendaki Gunung

Fimela.com, Jakarta Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang dijalani oleh beberapa orang. Meskipun mendaki gunung perlu kekuatan, namun yang memiliki hobi mendaki gunung tak hanya laki-laki saja namun juga perempuan.

Ketika akan mendaki gunung, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat. Misalnya, kamu perlu menyiapkan pakaian yang akan digunakan ketika berada di gunung dan juga makanan yang diperlukan. Namun bagi perempuan, tak hanya barang-barang saja yang perlu dipersiapkan, namun ada hal lain lagi.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendaki gunung bagi perempuan.

1. Persiapkan Fisik

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum mendaki gunung adalah fisikmu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mendaki gunung perlu fisik yang kuat. Oleh karena itu, wajar jika aktivitas yang satu ini lebih banyak digemari oleh laki-laki karena laki-laki umumnya punya fisik yang lebih kuat daripada perempuan.

Namun bukan berarti perempuan tidak bisa mendaki gunung. Agar aktivitas mendakimu lancar, kamu harus mempersiapkan kekuatan fisikmu dengan rutin berolahraga. Mulailah melakukan olahraga ringan seperti jogging, senam, berenang, serta olahraga ringan lainnya.

Selain melatih otot tubuh, olahraga juga berfungsi untuk melatih pernafasan yang diperlukan karena minimnya oksigen di ketinggian dan juga agar nanti saat mendaki gunung pernafasan sudah terlatih sehingga tidak terlalu ngos-ngosan. Tubuh akan terbiasa sehingga tidak cepat lelah dan lemas saat mendaki.

2. Jangan Terlalu Banyak Membawa Barang

Sebagai perempuan, pasti kamu terpikir untuk membawa banyak barang mengingat kebutuhanmu mungkin lebih banyak daripada laki-laki. Namun sebisa mungkin kamu teliti dalam membawa barang. Cukup bawa barang-barang yang sangat dibutuhkan saja. Untuk pakaian, bawalah pakaian yang bisa digunakan berulang kali. Jangan bawa terlalu banyak barang karena bisa membuatmu kesulitan berjalan karena beban yang kamu bawa terlalu berat.

3. Barang yang Wajib Dibawa

Agar barang yang kamu bawa tak terlalu banyak, kamu bisa meringkas rangkaian skincaremu jadi 3 produk saja, yaitu sabun pembersih, pelembab dan sunscreen. Selain itu, jangan lupa bawa tisu kering dan tisu basah. Hal ini dikarenakan di gunung, air bersih tidak selalu tersedia. Oleh karena itu, tisu wajib kamu bawa untuk membersihkan diri apabila tidak tersedia air.

Jika kamu sering menggunakan softlens, lebih baik tinggalkan softlensmu di rumah dan gunakan kacamata saja. Kamu tidak akan sempat menggunakan softlens dan bisa membuat matamu iritasi karena terkena angin gunung yang kering.

4. Ajak Teman Perempuan yang Lain

Jangan jadi pendaki perempuan sendirian dalam grup. Meskipun kamu merasa aman-aman saja bersama teman-teman laki-lakimu, namun tak ada salahnya kalau ada teman perempuan yang menemani. Tak hanya itu, kamu pun bisa sharing peralatan tertentu dengan teman perempuanmu, misalnya saling meminjam pembalut atau rangkaian skincare atau makeup.

5. Jangan Gengsi Minta Istirahat

Jalan yang dilalui ketika mendaki gunung adalah jalanan yang menanjak, wajar jika kamu merasa kelelahan ketika mendaki gunung. Oleh karena itu, ketika kamu merasa lelah, kamu boleh kok minta istirahat sejenak. Merasa lelah bukan pertanda kalau kamu lemah. Justru memaksakan diri untuk terus berjalan ketika sudah lelah akan membuatmu pingsan dan merepotkan temanmu yang lain. Jadi, ketika sudah merasa lelah lebih baik istirahat dan mulai kembali mendaki setelah kamu merasa lebih baik.

6. Cek Jadwal Menstruasi

Menstruasi adalah hal yang rutin dialami perempuan dalam waktu sebulan. Ketika kamu ingin mendaki gunung, coba cek terlebih dahulu kapan jadwal menstruasimu. Jika jadwal menstruasimu berdekatan dengan waktu kamu ketika mendaki gunung, maka kamu bisa mempersiapkan berbagai peralatan yang biasa digunakan sebelum dan ketika menstruasi.

Biasanya ketika PMS, hal yang umum terjadi adalah nyeri atau kram perut. Kamu bisa mempersiapkan berbagai obat pereda nyeri yang biasa kamu gunakan dan juga peralatan lainnya yang bisa meredakan nyeri perut yang kamu alami, misalnya seperti minyak kayu putih.

Jangan lupa untuk membawa pembalut dan kantong kresek untuk membuang pembalutmu, ya.

7. Makanlah Secara Teratur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mendaki gunung perlu fisik yang kuat. Untuk mendapatkan fisik yang kuat, kamu perlu tak hanya olahraga untuk melatih kekuatan fisik, namun juga makanan yang mencukupi kebutuhanmu. Oleh karena itu, ketika mendaki gunung, jangan terpikir untuk menjalani diet. Makanlah secara teratur dan penuhi semua kebutuhan nutrisimu. Ingatkan juga temanmu yang lain untuk makan secara teratur.

Itulah 7 hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaki gunung untuk para perempuan. Perempuan memang sedikit berbeda daripada laki-laki, baik dari segi kekuatan fisik maupun kebutuhannya. Oleh karena itu, kamu para perempuan pendaki harus mempersiapkan pendakianmu dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading