Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuatmu Dihormati Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Umumnya tiap orang akan bersikap hormat pada orang lai yang memiliki jabatan lebih tinggi. Misalnya seperti bos, guru, kepala sekolah, dan orang dengan jabatan tertentu. Meski begitu, terdapat beberapa orang yang diperlakukan secara hormat pada orang lain meski tidak memiliki jabatan atau pencapaian apapun. Hal ini dikarenakan sikap dan perilaku terpuji yang dilakukan. Mereka juga kerap menunjukkan wibawa dan karakter kuat yang secara otomatis membuat orang lain menunjukkan sikap hormat.

Bukan dengan perilaku angkuh, kehormatan yang diterima justru karena beberapa sikap baik yang bisa sahabat Fimela terapkan atau mungkin sudah ada pada dirimu. Baca selengkapnya untuk memahami lebih dalam.

1. Murah Hati Kepada Semua Orang

Orang lain akan menghargai dan menghormati bila dirimu bersikap ramah pada tiap orang. Hal ini termasuk pada senang membantu, senyum saat menyapa, dan mengingat nama orang lain meski tidak kenal dekat. Keramahan akan membuat hati banyak orang luluh.

2. Tegas dan Disipilin

Orang yang tegas, taat pada aturan, dan disiplin adalah orang yang berwibawa. Wibawa seseorang akan membuat orang lain menunjukkan sikap hormat. Wibawa menunjukkan level diri yang tidak bisa dilakukan oleh tiap orang. Hal ini juga menunjukkan bahwa dirimu berkelas.

3. Menghindari Drama dan Bersikap Rasional

Sikap ini dapat dilihat dari kebiasaan sehari-hari dan saat berada ditengah konflik. Kebanyakan orang memiliki kebiasaan bergosip dan senang memperkeruh suasana. Perilaku ini akan membuat orang lain memandangmu rendah. Lebih baik hindari drama dan bersikap tenang saat ada konflik. Penyelesaian dengan kepala dingin tanpa melibatkan emosi akan membuat banyak orang kagum padamu.

4. Mandiri dan Nyaman dengan Diri Sendiri

Sikap ini dapat dilihat dari seseorang yang bisa melakukan banyak hal sendirian. Bukan karena tidak butuh bantuan, tapi perilaku ini timbul karena yakin dengan kemampuan diri sendiri. Saat seseorang tidak banyak bergantung pada orang lain, ia akan disegani karena kemampuan melakukan banyak hal sendirian.

5. Kompeten dalam Pekerjaan

Ingin dihormati rekan kerja? Tunjukkan kemampuanmu menyelesaikan pekerjaan sederhana dengan baik. Kebanyakan orang senang meminta tolong pada hal yang bisa dilakukan sendiri karena malas. Namun bila sahabat Fimela menjadi kompeten pada pekerjaan kecil, maka kualitas diri akan terpancar yang membuat orang menghargaimu.

Dihormati mungkin adalah hal membanggakan, namun jangan lupa untuk menghormati orang lain juga. Siapapun mereka, tunjukkan rasa hormat dan menghargai sesama.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading