Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kamu adalah Perempuan Cerdas Jika Punya Aturan Hidup Ini

Fimela.com, Jakarta Dunia ini dipenuhi oleh banyak perempuan cerdas, hanya saja kurang terekspos, padahal mereka unggul dalam semua bidang kehidupan. Para perempuan cerdas biasanya memiliki kebiasaan dan aturan hidup tersendiri yang membuatnya berbeda dari perempuan lainnya. Para perempuan cerdas hidup dengan beberapa aturan yang hanya bisa dilakukan oleh mereka. Aturan seperti apa yang mereka terapkan? Ini dia beberapa di antaranya.

1. Keluar dari zona nyaman

Para perempuan cerdas akan mendorong dirinya sendiri untuk keluar dari zona nyaman, mau mencoba hal-hal baru dan menambah pengalaman dan bahkan mencari tantangan agar hidup tidak stagnan. Perempuan cerdas memahami konsep bahwa melangkah di luar zona nyaman akan membuatnya banyak belajar dan berkembang, jadi ia tidak mudah berpuas diri atau membatasi diri sendiri. Hidup biasa saja memang enak, tapi tak membawanya ke mana pun.

2. Kegagalan tak membuatnya berhenti

Perempuan cerdas tidak akan terkalahkan dengan kegagalan. Ia melihat kegagalan sebagai pengalaman untuk belajar, apa kesalahan yang perlu diperbaiki dan dihindari di masa depan, sekaligus kesempatan untuk menguatkan mental dan meluaskan sudut pandang. Jika tidak pernah gagal, ia tak akan tahu cara menghargai proses atau usaha untuk sukses. Ia tidak tenggelam dalam kekecewaan, tapi mencoba lagi untuk bangkit.

3. Tidak merasa perlu memenuhi harapan orang lain

Perempuan cerdas tidak merasa perlu memenuhi ekspektasi orang lain tentangnya, ia punya kehidupannya sendiri di mana dialah yang paling tahu tentang apa yang baik dan tidak untuknya, apa yang paling membuatnya bahagia dan apa yang paling ingin ia capai di masa depan. Perempuan cerdas bukan people's pleaser, ia tidak bergantung pada validasi orang lain. Ia lebih takut mengecewakan diri sendiri ketimbang mengecewakan orang lain.

4. Menolak tanpa perlu merasa bersalah

Kita semua pasti pernah mengalami tekanan untuk menyenangkan hati orang lain sehingga merasa sungkan menolak dan berkata "tidak". Perempuan cerdas tahu cara menghargai diri sendiri dan menetapkan batasan yang jelas untuk hal-hal yang tidak benar-benar ia inginkan atau tidak mampu ia lakukan. Perempuan cerdas belajar bahwa waktu dan tenaganya hanya akan dihabiskan untuk sesuatu yang ia inginkan saja karena ia sadar tak bisa memenuhi ekspektasi semua orang, jadi ia belajar memenuhi ekspektasinya sendiri.

5. Membuat keputusan seimbang antara hati dan pikiran

Perempuan cerdas dan dewasa akan mendasari keputusan dan pilihannya berdasarkan pertimbangan yang seimbang. Ia tidak dikendalikan perasaan maupun terlalu kaku menuruti logika. Ia tidak hanya condong pada logika yang dingin atau emosi impulsif semata, perempuan cerdas memahami pentingnya mengintegrasikan kedua aspek tersebut sehingga ia mendapatkan keputusan yang manusiawi dan bijaksana.

6. Mencintai diri sendiri itu tidak egois

Perlu dipahami banyak perempuan bahwa self-love itu tidak egois, itu penting untuk kesehatan mentalmu sendiri. Katakanlah itu egois, tapi seporsi keegoisan yang sehat akan menciptakan energi positif untuk dirimu sendiri. Kebahagiaan sejati tidak dapat dicapai tanpa rasa cinta terhadap diri sendiri. Coba pikirkan, jika kamu saja tak peduli pada kebahagiaanmu, siapa lagi yang akan peduli? Perempuan cerdas memahami bahwa self-love bukanlah tentang egoisme melainkan menjaga kesehatan mental, emosional, dan fisiknya sendiri.

Itu sekian aturan hidup yang hanya dimiliki perempuan cerdas. Jika kamu memiliki semua aturan ini dalam hidupmu, kamulah perempuan cerdas itu, Sahabat Fimela. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading