Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Berlagak Pintar, Bukti Dia Tidak Pintar Beneran

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan seseorang terkadang bisa terpancar dari cara bicara, bersikap atau bahkan kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Tapi ada juga orang-orang yang hanya pura-pura pintar atau berlagak pintar hanya untuk mencoba mengintimidasi seseorang atau tujuan buruk lainnya. Meski seseorang mencoba berlagak pintar, sebenarnya ada banyak tanda kalau seseorang hanya pura-pura pintar di depanmu. Ini dia tandanya.

1. Tidak terlalu memikirkan masa depan

Orang yang berlagak pintar sebenarnya tidak berpikiran panjang ke masa depan, yang ia pikirkan hanyalah kesenangan saat ini dan bagaimana cara menikmati setiap hari tanpa pertimbangan jangka panjang, karena itulah ia sering bersikap impulsif, sembrono dan foku pada hal-hal yang bisa mereka peroleh secara instan. Mereka juga cenderung tidak punya rencana cadangan untuk masa depannya, Orang cerdas sebaliknya, berusaha menjaga keseimbangan antara hidup masa kini dan berjaga-jaga di masa depan.

2. Tidak terbiasa berpikir kritis

Mereka yang pura-pura pintar biasanya tidak memiliki pemikiran kritis dan refleksi diri. Mereka memberi nasihat kepada orang lain yang sebenarnya tidak ia terapkan sendiri ke dalam hidupnya. Mereka juga tidak memiliki nalar yang baik tentang suatu permasalahan. Orang-orang ini hanya sering omong kosong tanpa ada bukti nyata, lalu suka berkomentar miring tentang hal-hal yang mereka anggap tidak benar, padahal sebenarnya merekalah yang berpikiran sempit dan tidak cerdas.

3. Sering pakai kata-kata besar

Orang yang sering berlagak pintar biasanya ingin terdengar cerdas sehingga sering memakai kata-kata yang besar dan sulit, padahal belum tentu ia sendiri paham konteks penggunaan kata tersebut. Mungkin ia akan sering mendengarnya kemudian berinisiatif menggunakannya dengan pikiran ingin terlihat cerdas. Orang-orang bodoh merasa perlu memasukkan istilah-istilah rumit dalam setiap ucapannya, sedangkan orang cerdas lebih suka bicara sesuatu yang simpel agar mudah dipahami orang lain.

4. Sering memamerkan kepintarannya

Orang yang pura-pura cerdas sering membual dan memamerkan tentang seberapa cakap dia melakukan sesuatu, seberapa keren ia sudah bepergian ke berbagai tempat, atau seberapa banyak uang yang ia keluarkan untuk membeli sesuatu. Ia tidak ragu memberi tahu semua orang betapa "istimewa" dirinya kepada semua orang. Terkadang ia terus menyombongkan diri tanpa alasan yang jelas. Sedangkan orang cerdas alami akan merasa percaya diri dengan kemampuan mereka tanpa perlu membuang waktu meyakinkan orang lain sepanjang waktu.

5. Bersikap tahu segalanya

Seringkali orang yang berlagak cerdas terlihat banyak bicara seakan tahu segalanya, entah itu tentang politik, agama, pendidikan, kesenian dan lain sebagainya. Ia seringkali meremehkan pendapat orang lain, mengelak pengertian orang lain, dan menganggap orang lain salah. Sedangkan orang yang benar-benar cerdas akan berpikiran terbuka, sadar bahwa ada banyak pandangan terhadap suatu hal. Ia akan terus belajar konsep dan sudut pandang baru meskipun ia tidak selalu setuju dengan hal itu.

Itu dia sekian tanda orang hanya pura-pura pintar di depanmu. Jangan sampai kamu memiliki semua tanda di atas ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading