Sukses

Lifestyle

Shanty Denny Akui Nggak Culture Shock Liburan di Korea, Justru Takjub Budaya Disiplin Warga Lokal

Fimela.com, Jakarta Aktris dan Youtuber Shanty Denny belum lama ini bertolak ke Korea Selatan untuk syuting program kuliner di salah satu televisi swasta. Selain kerja, istri komedian Denny Cagur ini memanfaatkan momen tersebut untuk liburan.

“Belum lama ini aku ke Korea Selatan bersama KTO (Korean Tourism Organization). Travelling ke Korea itu bikin ingin datang lagi, datang lagi Selain karena kebudayaannya, kulinernya banyak, transportasinya juga  aman nyaman,” cerita Shanty Denny soal pengalaman travellingnya ke Korea Selatan saat ditemui Fimela di bilangan Jakarta Selatan, (8/6).

Selama 6 hari mengeksplor Negeri Gingseng tersebut, Shanty Denny mengakui tidak mengalami culture shock atau gegar budaya sama sekali. Justru ia merasa takjub dengan budaya disiplin warga lokal.

Salah satu pengalaman berkesan ia dapatkan ketika mengunjungi salah satu restoran di kota Andong.  Shanty terkejut ketika mendapati restoran tersebut tidak memiliki pelayan, tetapi menggunakan mesin sebagai penggantinya.

“Ketika kita datang ke sana ‘kok nggak ada pelayannya’, oh ternyata pakai mesin, kita belanja sendiri,” kata Shanty.

 

Kagum Budaya Lokal

Meskipun tidak memiliki pelayan atau penjaga satu pun, Shanty kagum melihat budaya disiplin warga lokal, terutama soal kebersihan. Dia pun berharap hal positif tersebut bisa diterapkan juga di Indonesia.

“Aku malah banyak belajar dari Korea, ih keren loh, nggak ada pelayannya tapi rapi bersih dan teratur. Aku sampai membayangkan Indonesia bisa nggak sih kayak gini. Kalau nggak ada yang jaga restorannya, tapi tetap rapi tertib. Bangku-bangku dikembalikan di asalnya, sampah dibuang sendiri,” ungkap Shanty.

Setelah dua tahun mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, kini sudah banyak negara yang membuka jalur masuk ke negara mereka untuk wisatawan, salah satunya Korea. Negara yang populer dengan Hallyu-nya ini pun mengkampanyekan Visit Korea Year 2023, dengan mempromosikan 100 destinasi perjalanan dan festival pilihan selama berkunjung ke Korea.

Melalui Korea Tourism Organization (KTO), pemerintah Korea secara aktif mempromosikan negara mereka melalui berbagai macam program, event, paket perjalanan hingga kampanye K-culture dan K-food untuk meningkatkan kunjungan. Di Indonesia, KTO juga melakukan berbagai kegiatan untuk mempromosikan wisata Korea dan Visit Korea 2023, salah satunya meluncurkan program TV Bikin Laper edisi Korea dengan Shanty sebagai salah satu host.

“Di acara ini, saya ingin mengajak dan memperkenalkan makanan khas Korea, yang tentunya enak, unik dan menggugah selera,” tandas Shanty.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading