Sukses

Lifestyle

Tips Efektif untuk Mengasah Daya Ingat Otak di Usia Dewasa

Fimela.com, Jakarta Kemampuan otak manusia yang luar biasa ini tidak terbatas pada usia. Meskipun pikun atau penurunan daya ingat sering kali dikaitkan dengan penuaan, tetapi itu tidak berarti kita harus menerima penurunan daya ingat sebagai sesuatu yang tak terhindarkan.

Dilansir dari Healthline, otak kita memiliki potensi yang luar biasa untuk terus berkembang, beradaptasi, dan belajar sepanjang hidup kita. Melalui kegiatan yang tepat dan perhatian yang diberikan pada kesehatan otak kita, kita dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan kognitif lainnya. Lalu, kegiatan seperti apa yang efektif untuk mengasah daya ingat pada otak di usia dewasa? Simak penjelasan dibawah ini ya sahabat Fimela.

1. Latihan otak dengan aktivitas yang menyenangkan

Pada dasarnya, otak mirip seperti otot tubuh yang juga membutuhkan latihan agar tetap berfungsi secara optimal. Dalam melakukan latihan otak, kamu bisa melakukan aktivitas yang dapat merangsang otak seperti teka-teki, puzzle, permainan memori, dan bermain musik. Percaya tidak percaya, aktvitas tersebut sangat efektif untuk membantu memperkuat konektivitas neuron dan meningkatkan daya ingat

2. Aktif olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga berdampak positif pada fungsi otak. Dilansir dari Mayo Clinic, olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, menyuplai nutrisi penting, dan merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru, yang berkontribusi pada daya ingat yang lebih baik.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat khususnya makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi efektif meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Makanan yang mengandung antioksidan antara lain buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat juga penting untuk membantu menjaga kekuatan dan elastisitas membran sel otak. Untuk mendapatkan asupan lemak sehat, kamu bisa mengonsumsi ikan, alpukat, dan minyak zaitun.

4. Istirahat yang cukup

Dilansir dari Psychology Today, istirahat yang memadai dan tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan otak dan daya ingat. Selama tidur, otak mengkonsolidasikan informasi yang telah dipelajari dan memindahkannya dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.

Proses ini penting dalam membentuk dan memperkuat memori baru. Apabila kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, kemampuan otak untuk melakukan konsolidasi memori akan terganggu, sehingga mempengaruhi daya ingat. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malam untuk mendukung fungsi otak yang optimal.

5. Aktif dalam kegiatan sosial

Aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial dapat memberikan dampak positif pada fungsi otak dan daya ingat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu terlibatlah dalam kegiatan sosial, seperti mengikuti klub buku, bergabung dengan kelompok seni, atau menjalin hubungan dengan teman dan keluarga. Dengan aktif dalam kegiatan sosial, kamu tidak hanya menjaga otak tetap berlatih tetapi juga memperkuatan ikatan sosial.

6. Kelola stres dengan baik

Dilansir dari Alzheimer's Association, stres yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan otak dan daya ingat. Untuk mengurangi stres, kamu dapat melakukan meditasi, yoga, atau kegiatan relaksasi lainnya. Apabila kamu mengalami stres yang sulit diatasi, sebaiknya cari dukungan dari ahli psikolog untuk membantu kamu mengatasi stres yang mengganggu. 

Demikian beberapa tips efektif untuk mengasah daya ingat otak di usia dewasa. Mengasah daya ingat otak di usia dewasa adalah investasi yang berharga untuk kesehatan dan kualitas hidup dalam jangka panjang. Dengan menerapkan tips ini, kamu dapat merawat dan memperkuat kemampuan otak kamu secara alami. 

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading