Sukses

Lifestyle

7 Tanda Orang Cerdas dari Caranya Mengatasi Masalah

Fimela.com, Jakarta Seseorang bisa dikatakan sebagai orang yang cerdas dari berbagai alasan, bisa jadi karena kemampuan akademiknya yang hebat, dari caranya membawa diri di lingkungan sosial atau bahkan dari caranya mengatasi masalah dalam kehidupan. Orang-orang yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi memiliki cara berbeda dalam menyelesaikan masalah. Ini sekian tanda orang cerdas dari caranya mengatasi masalah hidup.

1. Tidak suka marah-marah

Orang cerdas menggunakan otaknya untuk merespon masalah, bukan emosinya. Ia mengesampingkan rasa kesal dan kecewa. Ia berpikir tenang dan rasional mencari solusi agar bisa segera diselesaikan. Orang cerdas juga tidak mendramatisir masalah hidup, tidak menyalahkan atau mengambinghitamkan orang lain, dan tidak kehilangan kendali diri. Itu menunjukkan kecerdasan emosional yang kuat atau mental baja, sekaligus kedewasaan dalam berpikir.

2. Mengambil keputusan dengan bijak

Tanda kecerdasan seseorang bisa dilihat dari caranya menangani masalah. Orang cerdas akan berhati-hati dalam mengambil keputusan. Ia mempertimbangkan semua pilihan sebelum bergerak, dan terkadang harus siap menghadapi risiko. Ia bertanggung jawab dan tidak terburu-buru membuat keputusan. Ia harus memastikan keputusan tersebut baik untuk dirinya dan tidak merugikan atau membahayakan orang lain.

3. Solusi masalah seringkali kreatif

Orang-orang cerdas selalu memiliki car berpikir yang progresif dan unik. Menemukan solusi kreatif adalah salah satu keterampilan yang paling dicari di tempat kerja. Para pengusaha tahu bahwa orang yang mampu muncul dengan solusi kreatif adalah pemikir inovatif dan unggul dalam berpikir lateral, kemampuan untuk menemukan solusi alternatif untuk masalah. Kemampuan ini tak dimiliki orang-orang pada umumnya, hanya orang cerdas yang memilikinya.

4. Sadar ada banyak hal yang membuatnya belajar

Salah satu ciri orang yang cerdas adalah mereka terus belajar. Tidak peduli seberapa banyak yang ia ketahui, ia tak pernah berhenti belajar hal baru. Ia sadar masalah atau cobaan hidup juga membuatnya belajar, untuk memperbaiki dan menghindari kesalahan, sekaligus membuatnya lebih sadar diri. Orang cerdas tahu bahwa belajar memiliki manfaat yang tak ada habisnya, dan belajar tidak terbatasi oleh usia. Masalah dalam hidup adalah cara semesta untuk membuatnya belajar.

5. Memiliki konsentrasi tinggi

Ketika dihantam masalah, salah satu hal yang dilakukan orang cerdas adalah memusatkan perhatian pada masalah tersebut. Ia fokus mencari cara agar bisa diselesaikan sebaik mungkin. Kecerdasan itu terwujud dari konsentrasinya dalam menangani masalah. Ia menggunakan waktunya untuk berpikir, menganalisis dan mempertimbangkan baik buruknya solusi. Sebisa mungkin ia tidak sembrono dalam bertindak sehingga meminimalkan risiko dan tanggung jawab.

6. Berpikiran terbuka terhadap segala kemungkinan

Orang yang memiliki kecerdasan sejati akan belajar dari pengalaman dan berpikiran terbuka terhadap segala kemungkinan. Ia belajar dari kesalahan dan pengalaman, kemudian menyesuaikan perilaku dengan apa yang telah dipelajari. Kesediaan untuk mengubah pikiran secara situasional ini tak mudah dilakukan semua orang. Orang cerdas tidak akan sekeras kepala itu untuk meyakini satu hal yang ia anggap benar.

7. Mudah beradaptasi dengan perubahan

Salah satu karakteristik terpenting dari orang cerdas adalah bersikap fleksibel, terutam adalam menyikapi perubahan. Ia sadar dunia ini dinamis, dan perubahan itu hal yang pasti. Ia mampu mengubah pikiran berdasarkan informasi terbaru. Ia juga tidak menutup mata terhadap pengetahuan masa kini. Ia tahu dirinya tidak tahu segalanya, tapi ia menyesuaikan diri sesuai kebutuhan.

Itu dia sekian tanda jika kamu adalah orang cerdas dari cara mengatasi masalah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading