Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Cerdas di Balik Sikap yang Kalem

Fimela.com, Jakarta Orang mengenalmu sebagai pribadi yang senantiasa tampak tenang. Kamu punya sikap yang kalem, dan pembawaanmu ini kerap membuat orang-orang di sekitarmu ikut merasa nyaman dan tenang di dekatmu. Di balik sikapmu yang kalem ini bisa jadi ada kecerdasan istimewa tersendiri yang kamu miliki.

Kali ini kita akan membahas lima tanda umum orang cerdas di balik kesehariannya yang tampak kalem. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Tahu Cara Mengisi Ulang Energi

 

Bagi kamu yang bertemperamen introver, kamu akan senantiasa butuh waktu tenang untuk mengisi ulang energimu. Mengutip buku The Introvert Advantage, introversi adalah sifat membangun dan kreatif yang ditemukan di banyak tokoh pemikir yang telah banyak berkontribusi untuk memperkaya dunia. Dijelaskan lebih lanjut bahwa kaum introver punya keahlian sosial, mereka menyukai orang-orang, dan mereka menikmati beberapa tipe kegiatan sosial. Bedanya adalah obrolan dalam sebuah pesta bisa menghabiskan energi kaum introver. Saat kamu punya kesadaran diri akan kebutuhan untuk mengisi ulang energi sesuai dengan kenyamanan dan temperamen yang kamu miliki, kamu bisa lebih mudah menjaga daya konsentrasimu dalam melakukan rutinitas dan aktivitasmu.

 

 

2. Selalu Ingin Tahu Banyak Hal

Melansir laman Healthline, rasa ingin tahu berkaitan erat dengan kecerdasan. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti mengeksplorasi faktor-faktor potensial yang mungkin memengaruhi keterbukaan yang dilihat dari data yang mengikuti 5.672 orang dari lahir hingga usia 50 tahun. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang memiliki skor IQ lebih tinggi pada usia 11 tahun cenderung menunjukkan keterbukaan yang lebih besar terhadap pengalaman pada usia 50 tahun. Ketika kamu masih punya rasa ingin tahu yang tinggi, maka selalu ada peluang bagimu untuk meningkatkan kecerdasan yang kamu miliki.

3. Bisa Berpikir Jernih dalam Menghadapi Tantangan Hidup

Hidup bisa diwarnai berbagai macam tantangan baru. Saat kamu punya kemauan dan kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi setiap tantangan yang ada dengan usaha terbaikmu, maka mentalmu bisa makin kuat juga. Dapat menyikapi masalah hidup sebagai bagian dari proses pendewasaan diri membuktikan kamu juga memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik.

 

 

4. Punya Kontrol Emosi yang Baik

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi bisa mengenali emosi yagn kompleks. Dapat memahami bahwa setiap emosi bisa mempengaruhi berbagai pilihan dan tindakan. Saat kamu juga bisa punya kontrol emosi yang baik serta dapat mengekspresikan perasaan dengan cara yang aman dan sehat, maka kamu juga memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik. Kemampuan ini pun bisa memudahkanmu untuk bisa bangkit dari keterpurukan atau kegagalan.

5. Jeli dalam Mengamati Hal-Hal Sekitar

Kemampuanmu yang bisa jeli, teliti, dan peka dengan hal-hal yang ada di sekitarmu bisa menunjukkan ada kecerdasan di atas rata-rata yang kamu miliki. Kepekaanmu ini pun bisa mendorongmu untuk mau belajar hal-hal baru secara lebih mendalam. Daya ingatmu yang tajam juga menjadi modal penting untuk bisa menjadi pribadi yang lebih kreatif dan pintar.

Itu tadi lima tanda umum yang biasanya dimiliki orang cerdas di balik sikapnya yang tenang. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading