Sukses

Lifestyle

5 Perubahan Kecil yang Bisa Membuat Mental Lebih Kuat

Fimela.com, Jakarta Memiliki mental yang kuat menjadi modal penting untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Setidaknya ketika ada masalah atau cobaan hidup yang datang silih berganti, kamu tidak mengalami stres yang berlebihan. Untuk bisa memiliki mental yang lebih kuat pun bisa dimulai dengan menghadirkan perubahan yang lebih baik dalam hidup.

Perubahan-perubahan ini bisa kamu hadirkan dalam hidup untuk membuat mentalmu lebih kuat. Dari perubahan kecil yang positif bisa hadirkan perbedaan yang cukup besar untuk membuatmu lebih tangguh jalani hidup. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berani Menerima Diri Sendiri

Mengutip buku Growing Up Mindful, "Seorang psikolog bernama Carl Rogers mengatakan, 'Paradoks anehnya adalah, ketika aku menerima diriku sebagaimana adanya, aku berubah'." Saat kamu sudah bisa menerima dirimu sepenuhnya dan seutuhnya, kamu akan lebih mudah mengembangkan kasih sayang terhadap diri sendiri. Dirimu yang dipenuhi kasih sayang bisa memiliki hati dan mental yang lebih kuat dalam hidup.

 

 

2. Berani Mengupayakan Kebahagiaan dengan Cara Ternyaman

Makin dewasa kita akan menyadari bahwa kebahagiaan pada dasarnya perlu diupayakan. Kalau sebelumnya kamu hanya bersikap pasif, kini cobalah untuk lebih berani mengupayakan kebahagiaan dengan cara ternyaman. Meskipun caramu sederhana dan berbeda dari orang lain, selama kamu bisa menghadirkan hati yang gembira dalam keseharianmu maka mentalmu bisa makin sehat pula. Senyuman dan tawa yang masih mewarnai wajahmu akan menjadi penguatmu melalui hari-hari berat yang ada.

 

 

3. Membuka Diri Menerima Pengalaman Baru

Penderitaan dan duka masih akan hadir dalam hidup. Menghadapi hal-hal tak menyenangkan memang tak mudah, tetapi saat kamu bisa berubah dengan mau lebih membuka diri terhadap pengalaman baru maka kamu bisa lebih kuat melewati fase sulit yang ada. Cobalah untuk lebih terbuka menerima perubahan baru, agar dengan demikian kamu bisa lebih mudah beradaptasi dengan situasi baru dalam hidup.

 

 

4. Menciptakan Support System

Menciptakan support system juga bisa menghadirkan perubahan yang lebih baik untuk membantumu kuat dan tangguh melewati masa sulit. Kehadiran orang-orang yang suportif dan bisa memberi semangat atau motivasi di kala dirimu terpuruk bisa membantumu lebih tegar hadapi semuanya. Memiliki support system bisa menghadirkan kekuatan baru dalam hidupmu.

 

 

5. Menjalani Masa Kini dengan Berkesadaran

Jalani masa kini dengan kesadaran diri yang baik. Dalam arti lakukan hal-hal yang masih bisa diupayakan sebaik mungkin di masa kini. Tak perlu terus merasa dihantui masa lalu atau berlebihan mencemaskan hal-hal yang belum pasti terjadi di masa depan. Dengan menaruh perhatian penuh pada masa kini, kamu bisa lebih mudah mengalokasikan waktu dan energimu dengan lebih efisien.

Itu tadi lima perubahan kecil yang bisa dicoba untuk menempa mentalmu lebih kuat lagi. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading