Sukses

Lifestyle

4 Tempat Indah Turkiye Seru Dijelajahi dengan Bersepeda, Salah Satunya Cappadocia

Fimela.com, Jakarta Bersepeda mungkin menjadi hobi atau olahraga yang diminati oleh sekelompok orang tertentu. Setiap bersepeda mungkin kamu juga akan mendapatkan pengalaman tertentu yang tidak dapat dilupakan, salah satunya pengalaman yang ditawarkan oleh Turkiye Tourism Promotion and Development Agency. Mencoba pengalaman bersepeda untuk menjelajahi Turkiye tentu akan menjadi hal baru.

Bersepeda mulai dari Mediterania hingga Aegean dapat dilakukan sebagai langkah mengikuti jejak peradaban kuno sambil mengayuh melalui teluk yang indah di mana warna hijau dan biru saling melengkapi satu sama lain secara alami. Selain melihat keindahan, kamu juga dapat berenang di perairan luas dan jernih berwarna biru. Tak lupa tentunya akan ada beragam cita rasa masakan Turki yang lezat dan mempermanis perjalanan dengan menelusuri rute unik pada musim panas kali ini.

Turkiye sendiri telah menyediakan beberapa area untuk glamping dan berkemah, hotel ramah sepeda untuk penggemar olahraga yang bepergian dengan sepeda, hingga hotel serta hostel dengan skala berbeda dan berlabel lingkungan nasional serta internasional. Dalam mempromosikan wisata bersepeda dan pariwisata yang berkelanjutan, Turkiye akan memberikan sertifikat "Fasilitas Akomodasi Ramah Sepeda" kepada hotel yang telah memenuhi standar seperti menyediakan tempat parkir sepeda yang aman, mempekerjakan staf yang memiliki pengetahuan tentang rute bersepeda lokal, dan menyediakan pembersihan sepeda serta ruang perbaikan.

 

Eurovelo

Turkiye yang dikelilingi dengan rute khusus untuk menjelajahi negaranya dengan bersepeda. Namun, rute negara bersifat lebih luas daripada rute lokal. Turkiye dengan kota Izmir, Edirne, dan Kriklare akhirnya berpartisipasi dalam EuroVelo atau Jaringan Rute Bersepeda Eropa yang menghubungkan seluruh benua Eropa dan menggabungkan 17 rute bersepeda jarak jauh yang berbeda. Perjalanan menjelajahi empat penjuru negara dengan sepeda akan semakin berkesan ketika kamu mencoba untuk melakukan perjalanan yang berkesan dan tak terlupakan dengan melintasi sejarah dan alam melalui EuroVelo 8 - Rute Mediterania atau EuroVelo 13 - Jalur Tirai Besi. Rute EuroVelo 8 ini akan diawali dari pelabuhan Dikili Izmir yang dilanjut dengan perjalanan melewati kota kuno Pergamon yang terdaftar dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO, Suaka Burung İzmir, Karşıyaka, Alsancak, Seferihisar, Sığacık, Urla dan Alaçatı secara berurutan. Kemudian, perjalanan akan diakhiri dengan rute terakhir di Kota Kuno Ephesus yang juga menjadi salah satu dari Warisan Budaya Dunia UNESCO, sedangkan jika kamu mencoba Rute EuroVelo 13, perjalanan akan diawali dari Edirne yang menawarkan pemandangan indah bagi pengendara sepeda di antara ladang bunga matahari.

Laut Aegea di Turkaegean

Turkaegean yang terkenal dengan pantainya yang indah, airnya yang berwarna biru kehijauan, dan desa-desa yang mengingatkan pada kartu pos dapat menjadi salah satu pengalaman luar biasa yang perlu didapatkan di tempat yang indah ini. Efesus dan Pergamus, kota kuno di Turkaegean dapat menjadi tempat yang dikunjungi untuk menghabiskan waktu ketika berkunjung kesana. Kota kuno yang memiliki teluk yang paling indah ini juga termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, berada di rute EuroVelo 8, sama seperti kota Cittaslow di Foça, Seferihisar dan Yenipazar. Tak hanya itu, geografik unik yang dimilikinya membuat tempat ini menjadi surga gastronomi nyata dengan berbagai banyak jenis zaitun, buah ara, herbal dan anggur, minuman anggur Turki yang unik, dan masakan yang luar biasa lezat serta sehat dengan bahan dasar minyak zaitun.

 

Riviera Turki

Tempat yang satu ini akan membuat kamu menemukan Pegunungan Taurus yang megah dan kota-kota kuno tersembunyi di dalam hutan pada pesisir pantai Mediterania. Berbagai warna biru tua, pasir mutiara, kota kuno, tebing, dan jalan indah dengan hijaunya alam akan menemani kamu sepanjang perjalanan ini. Tak perlu khawatir, ketika ingin berhenti dan beristirahat karena kemah tenda, rumah bungalo, atau hotel yang nyaman juga akan ada di sepanjang perjalanan.

Cappadocia

Rute ini mungkin akan menjadi rute yang luar biasa untuk dijelajahi dengan sepeda. Menjelajahi geografik unik ini dengan sepeda akan membuat kamu menemukan gereja kuno, kota bawah tanah, dan formasi alam yang unik. Namun, yang terpenting jangan sampai kamu melewatkan pengalaman menginap tak terlupakan di hotel terbuat dari batu dan mencicipi anggur yang telah diproduksi selama ribuan tahun di kota bawah tanah.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading