Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sederhana agar Punya Kecerdasan di Atas Rata-Rata

Fimela.com, Jakarta Memiliki kecerdasan di atas rata-rata bisa diartikan dengan berbagai definisi. Kali ini kita akan fokus pada aspek kesadaran diri untuk terus belajar sepanjang hayat agar ketajaman pikiran terjaga dengan baik. Sehingga di usia yang makin bertambah kecerdasan kita bisa ikut meningkat dan berada di atas rata-rata.

Sejumlah kebiasaan sederhana bisa kita optimalkan untuk memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Kali ini kita akan membahas lima kebiasaan yang bisa langsung dicoba dan diaplikaskan dalam keseharian untuk mengasah dan mempertajam kemampuan berpikir kita. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Kebiasaan Membaca

Mengutip buku Growing Up Mindful, otak sangat mirip dengan tubuh. Dengan melatih otak, terutama dengan kesadaran berpikir dan latihan-latihan terkait, kita dapat mengubah bentuk dan ukuran otak, mendorong konsentrasi, fleksibilitas, dan kecerdasan, serta membangun jalur-jalur dan jaringan syaraf baru. Kebiasaan membaca secara rutin bisa menjadi aktivitas yang mendukung pengoptimalan fungsi otak. Makin banyak informasi dan hal-hal baru yang kita baca, makin baik ketajaman pikiran kita dan membuat kita makin cerdas.

2. Kebiasaan Berolahraga

Berolahraga rutin juga bisa bantu menjaga kondisi mental kita. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Dalam bukunya, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, ia mengemukakan secara gamblang bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik. Dengan kebiasan berolahrga yang baik, otak pun bisa makin baik dalam menjalankan fungsinya.

3. Kebiasaan Mencoba Hal Baru

Kebiasaan mencoba hal baru akan mendukung perkembangan kecerdasan kita. Makin banyak pengalaman yang kita dapatkan, maki baik kemampuan kita dalam berpikir sekaligus menjaga ketajaman pikiran. Ada yang namanya pola growth mindset. Mengutip buku Almost Adulting, growth mindset adalah pola pikir yang percaya bahwa kecerdasan itu dapat tumbuh. Dengan senantias termotivasi mencoba hal-hal baru secara tidak langsung kita pun telah menerapkan growth mindset dalam keseharian.

4. Kebiasaan Berbagi

Berbagi ilmu, informasi, hingga pengalaman bisa meningkatkan kecerdasan kita. Bahkan dengan mengajari orang lain kita akan belajar lebih banyak hal. Berbagi banyak hal pada orang lain pada dasarnya akan membuat kita bisa menerima lebih banyak hal. Pengalaman berbagi dalam keseharian akan membantu kita untuk mempertajam kecerdasan emosional kita yang membantu kita bisa lebih mudah meredakan dan mengatasi stres dalam hidup.

5. Kebiasaan Merawat Diri

Merawat diri dengan baik juga perlu dijadikan sebuah kebiasaan. Karena dengan merawat diri kita bisa lebih optimal dalam menjalani rutinitas dan aktivitas sehari-hari. Kegiatan merawat diri bisa bermacam-macam, mulai dari meditasi rutin, latihan pernapasan rutin, hingga merawat kesehatan kulit dan tubuh. Kegiatan merawat diri juga bisa meningkatkan kesadaran diri sebagai modal penting untuk bisa menjalani hidup dengan lebih seimbang.

Yuk, tetap semangat menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik agar bisa memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Semoga info ini bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading