Sukses

Lifestyle

6 Tanda Orang yang Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-Rata

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang cerdas bukan hanya akan terlihat dari prestasi akademik yang menonjol dan caranya membawa diri, tapi juga caranya bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak tanda-tanda kecerdasan otak yang bisa kita lihat, apalagi jika kamu memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Terkadang itu terpancar dari hal-hal sepele yang selama ini dimiliki. Ini dia beberapa tanda memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

1. Belajar membaca lebih awal

Anak dengan kecerdasan di atas rata-rata seringkali belajar membaca lebih cepat dari seharusnya. Studi tahun 2014 menemukan bahwa anak yang belajar membaca lebih awal cenderung punya kemampuan kognitif atau kecerdasan otak lebih baik. Di usia dini, otaknya sudah berkembang lebih cepat dari anak seusianya.

2. Mempertanyakan banyak hal

Orang cerdas memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ia penasaran terhadap banyak hal. Karena otaknya bekerja lebih aktif dan menalar banyak hal, secara alami ada banyak permasalahan dan kejadian dalam hidup yang ingin ia ketahui jawabannya, bahkan hal-hal simpel dalam kehidupan sehari-hari. Selama ia tidak tahu tentang suatu hal, akan timbul pertanyaan di kepalanya.

3. Punya jawaban atas segala pertanyaan

Orang yang cerdasnya di atas rata-rata biasanya akan menunjukkan kemampuan luar biasa dalam belajar, memiliki wawasan dan pengetahuan luas serta mengingat segala hal. Ia mungkin banyak membaca, mempelajari banyak hal, dan mengingat apa yang sudah ia pelajari. Itu tidak terbatas pada satu bidang saja, seringkali ia belajar apa pun dari hal yang membuatnya penasaran. Kemampuan otak seperti ini yang tak dimiliki orang biasa.

4. Bicara lebih dari dua bahasa

Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata seringkali mudah mempelajari bahasa asing. Kemungkinan ia mampu menguasai banyak bahasa. Ia berpikiran terbuka terhadap bahasa-bahasa yang dimiliki setiap negara dan tertarik untuk belajar. Tidak banyak orang mudah mengingat dan mempelajari bahasa, jadi jika kamu termasuk lihai bicara berbagai bahasa, atau paling tidak mampu memahami beberapa bahasa lain yang bukan bahasa keseharianmu, otakmu cerdas di atas rata-rata.

5. Tidak merasa kesulitan belajar

Orang cerdas di atas rata-rata seringkali tidak merasa kesulitan belajar mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian besar orang, sekana ia tidak harus berusaha keras seperti yang lainnya. Hebatnya, ia tetap unggul di kelas yang mayoritas anak cerdas semua, baik di bidang tertentu atau segala bidang. Tidak cukup sampai di situ, seringkali anak cerdas di atas rata-rata punya penalaran baik dan terdorong untuk terus belajar, tidak bermalas-malasan.

6. Mudah mempelajari alat musik

Dalam sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers di Neuroscience, anak-anak yang belajar musik memiliki skor tes kecerdasan yang tinggi. Tapi anak yang cerdas di atas rata-rata tidak perlu ikut les musik pun sudah bisa unggul dalam pelajaran. Ketika ia ingin belajar alat musik, ia menguasainya secara otodidak. Itulah tanda kecerdasan yang tak biasa. Uniknya, ia tak merasa dirinya lebih cerdas dibandingkan orang lain.

Itu dia sekian tanda kecerdasan di atas rata-rata. Kamu memiliki sekian tanda di atas juga, Sahabat Fimela?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading