Sukses

Lifestyle

5 Cara Memelihara Kucing Jalanan yang Benar, Tidak Bisa Sembarangan

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah salah satu jenis hewan yang bisa dipelihara. Salah satu alasan kucing dijadikan hewan peliharaan adalah karena perilakunya yang menggemaskan. Selain itu, kucing juga termasuk hewan yang setia pada majikannya.

Ada berbagai ras kucing yang bisa dipelihara, seperti persia, anggora, bengal, scottish fold dan lain-lain. Namun kamu juga bisa kok memelihara kucing luar yang biasa ada di jalanan. Perawatan kucing jalanan biasanya lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Namun kamu harus tahu kalau memelihara kucing jalanan tidak bisa sembarangan. Berikut beberapa cara untuk memelihara kucing jalanan yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

1. Periksakan Kesehatannya

Sebelum membawa kucing jalanan pulang ke rumah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah periksakan kesehatannya. Bawa kucing tersebut ke dokter hewan terlebih dahulu sebelum dibawa pulang ke rumah.

Hal ini dilakukan karena mungkin saja kucing jalanan tersebut terlihat sehat dari luar, namun ternyata ia memiliki penyakit tertentu karena tertular kucing lainnya yang ia temui di jalan. Memeriksakan kucing tersebut ke dokter bisa menge

2. Pisahkan dengan Kucing di Rumah

Jika kamu belum bisa membawa ke dokter hewan, kamu boleh membawanya pulang ke rumah. Namun kamu tidak boleh langsung mempertemukan kucing jalanan yang baru saja kamu bawa pulang dengan kucing di rumahmu.

Selain untuk menghindari pertengkaran di antara kedua kucing tersebut, juga untuk menjaga kesehatan kucing di rumahmu. Untuk sementara kamu belum tahu apakah kucing yang kamu bawa pulang tersebut benar-benar sehat atau tidak. Kamu tidak mau kan, kucing yang kamu pelihara duluan jadi tertular penyakit kucing yang kamu bawa pulang?

3. Jangan Lupa Dimandikan

Kucing jalanan lebih sering bertemu dengan berbagai jenis kucing di luar sana. Maka sangat besar kemungkinannya kalau kucing jalanan tertular kutu dari kucing lainnya. Tak hanya kutu, namun bisa juga tertular penyakit kulit lainnya seperti jamur atau scabies.

Oleh karena itu, ketika memutuskan untuk memelihara kucing jalanan, langkah selanjutnya setelah memeriksakan ke dokter adalah memandikannya. Kamu harus memandikannya secara rutin agar kutu tersebut benar-benar hilang. Namun jangan mandikan setiap hari ya, cukup dua minggu atau sebulan sekali. Konsultasikan juga pada dokter hewan agar mandi tersebut tidak mengganggu kondisi kesehatannya.

4. Kenalkan Perlahan-lahan

Dua kucing biasanya tak bisa langsung akur begitu saja. Perlu waktu yang cukup lama untuk bisa mengakrabkan keduanya. Jadi kamu harus bersabar jika ingin mengenalkan kucingmu yang baru dengan kucing lamamu.

5. Jangan Langsung Berikan Dryfood

Kalau kucing barumu tidak mau makan dryfood atau makanan yang biasanya kamu berikan pada kucing lamamu, jangan buru-buru panik. Mungkin saja dia belum terbiasa makan makanan seperti itu. Bisa jadi di luar sana ia terbiasa makan daging-dagingan seperti daging ayam atau ikan yang diberikan oleh orang lain atau ia temukan di jalan.

Jika memang demikian, kamu bisa coba berikan wetfood terlebih dahulu. Lalu tambahkan dryfood sedikit demi sedikit hingga lama kelamaan ia bisa makan dryfood saja. Memang prosesnya cukup lama, namun lebih baik begitu daripada terus-terusan memberikan daging ayam atau ikan.

Memelihara kucing jalanan tak bisa sembarangan. Kamu harus memperhatikan kesehatannya dan juga kesehatan kucing di rumahmu. Jangan sampai kucingmu ikut tertular penyakit hanya karena kamu memutuskan untuk memelihara kucing jalanan yang kamu temui.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading