Sukses

Lifestyle

Mengenal Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah Menjelang Idul Adha

Fimela.com, Jakarta Bulan Dzulhijjah merupakan satu dari empat bulan yang paling istimewa dalam agama Islam. Bulan ini merupakan salah satu bulan empat (arba’atun hurum) yang begitu dimuliakan dan memiliki banyak keutamaan. 

Mengingat bulan ini begitu istimewa dan mulia, dalam sebuah hadis dijelaskan jika malam ini memiliki keutamaan yang mengesankan. Umat muslim disarankan untuk berlomba-lomba dalam beramal dan meningkatkan ibadah, terutama di 10 hari pertama Dzulhijjah.

Lebih Baik dari Jihad di Jalan Allah

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda: 

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.”

Amalan Terbaik di 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Sebagai hari yang sangat istimewa, ada amalan-amalan terbaik yang penting ditingkatkan di 10 hari pertama Dzulhijjah. Adapun amalan tersebut antara lain sebagai berikut: 

Berpuasa Sunah

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan puasa sunah di 9 hari pertama bulan Dzulhijjah. Khusus di tanggal 8 dinamakan puasa Tarwiyah. Sedangkan untuk tanggal 9 dinamakan puas Arafah. Barang siapa yang tulus ikhlas dan bersungguh-sungguh melakukan ibadah puasa karena Allah SWT, maka akan dihapuskan dosa-dosanya, dilipat gandakan pahalanya dan dibebaskannya dari siksa api neraka. 

Takbir dan Berdzikir

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak istighfar, takbir, tahmid, tahlil dan berdzikir. Disunahkan untuk mengeraskan suara saat takbir terutama di malam hari Raya Idul Adha.

Menunaikan Ibadah Haji dan Umroh

Bagi mereka yang mampu, amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di 10 hari pertama Dzulhijjah adalah menunaikan ibadah haji atau umroh. Jika kamu memiliki kesempatan untuk menunaikannya, jangan pernah melewatkannya. 

Berqurban

Di Hari Raya Idul Adha tepatnya di tanggal 10 Dzulhijjah dan tiga hari tasryid, umat muslim dianjurkan untuk berqurban. Baik itu kambing, domba, sapi atau sejenisnya. 

Memperbanyak Amal Saleh

Ada banyak amal saleh yang bisa diperbanyak di hari ini. Amal tersebut mulai dari bersedekah, menyantuni anak yatim, senantiasa berbuat dan bersikap baik kepada manusia dan mahkluk Allah lainnya. Serta meningkatkan amal ibadah yang disukai Allah termasuk membaca Al-Quran, memaknainya dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya. 

Itulah sekilas mengenai keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dan amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading