Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Cerdas yang Bisa Bangkit dari Titik Terendah Hidup

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan tak melulu soal selalu mendapat nilai terbaik dalam ujian atau menjadi juara di setiap bidang yang digeluti. Kecerdasan bisa mencakup banyak hal. Salah satunya adalah kecerdasan emosional yang menjadi modal besar agar kita bisa menjadi pribadi yang kuat dan tangguh dalam hidup.

Kamu pun bisa jadi termasuk orang cerdas yang dimaksud. Dengan kecerdasan emosional yang baik kamu bisa selalu punya kemampuan untuk bangkit dari titik terendah hidup. Serta, kamu punya daya juang tinggi untuk membuat banyak pencapaian hidupmu sendiri. Orang dengan kelebihan ini umumnya menampakkan tanda-tanda ini.

 

 

1. Adaptif

Adaptif berarti memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang baik. Melansir laman Insider, penelitian psikologis terbaru mendukung gagasan bahwa kecerdasan tergantung pada kemampuan mengubah perilaku kita sendiri untuk mengatasi lingkungan kita dengan cara yang lebih efektif atau membuat perubahan pada lingkungan tempat kita berada. Dengan kemampuan beradaptasi yang baik kamu tak akan gampang stres ketika mengalami masalah. Sebab masalah yang hadir senantiasa kamu sikapi sebagai awal untuk membuat atau melakukan perubahan yang lebih baik.

 

 

2. Berpikiran Terbuka

Orang yang cerdas umumnya berpikiran terbuka. Dalam arti mau menerima perbedaan yang ada dan mau mencoba hal-hal baru dan berbeda. Dengan kemampuan berpikir terbuka, kamu pun bisa lebih kreatif dalam menemukan berbagai jalan keluar terbaik atas masalah yang kamu hadapi. Kamu pun bisa lebih tenang dalam menyikapi tantangan baru sebab bagimu itu adalah pintu baru yang akan membantumu untuk memperluas wawasan dan melatih pola pikir.

 

 

3. Sabar

Biasanya yang membuat kita sulit bangkit dari titik terendah hidup adalah karena sikap kita yang terlalu impulsif. Ingin segalanya teratasi dengan cepat sesuai keinginan. Namun, kenyataannya seringkali kita berada di titik terendah hidup karena memang ada hal yang terjadi di luar rencana atau dugaan. Untuk bisa bertahan dan lebih kuat menghadapinya, salah satunya adalah dengan bersikap lebih sabar. Orang yang sabar bisa lebih mudah berpikir jernih saat menghadapi masalah, sehingga dapat menemukan solusi yang paling tepat atas persoalan yang dihadapi tanpa harus memperburuk keadaan.

 

4. Tangguh

 

Kapasitas resiliensi yang kuat bisa membuatmu bisa bangkit dari titik terendah hidup. Mengutip buku Healing the Emptiness, "Definisi resilensi menurut American Psychological Association adalah: 'Proses adaptasi yang baik dalam menghadapi kesusahan, trauma, tragedi, ancaman, atau sumber stres yang signifikan'." Pribadi yang tangguh punya resiliensi yang baik. Dengan kemampuan ini, kamu tak akan gampang putus asa atau menyerah ketika sedang terpuruk. Alih-alih, kamu akan tetap berusaha mengumpulkan energi dan kekuatan baru untuk bisa bangkit lagi.

 

 

5. Punya Selera Humor yang Bagus

Orang cerdas tak selalu tampak kaku dan serius. Ada juga orang yang punya selera humor yang bagus yang mencerminkan kecerdasan emosional yang ia miliki. Dengan selera humor yang bagus ini, kamu bisa mengelola dan meredakan stres dengan lebih mudah. Kamu pun tak gampang merasa tertekan atau kewalahan dalam menghadapi situasi yang terjadi di luar dugaan.

Semoga kamu bisa tetap bahagia menjalani kehidupanmu, ya. Apa pun masalah yang kamu hadapi semoga itu bisa jadi bagian dari proses untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijak lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading