Sukses

Lifestyle

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Seseorang

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki tingkat kecerdasannya masing-masing dan mungkin beberapa diantaranya dikaruniakan oleh Tuhan kecerdasan yang tinggi. Namun, kecerdasan yang dimiliki setiap orang perlu untuk diasah supaya dapat terus berkembang. Dilansir dari verywellmind.com, kecerdasan merupakan salah satu subjek yang paling banyak dibicarakan dalam psikologi. 

Biasanya kecerdasan melibatkan kemampuan mental seperti logika, penalaran, pemecahan masalah, dan perencanaan. Selain itu, kecerdasan juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk belajar dari pengalaman, pengenalan masalah seperti mengidentifikasi masalah yang mungkin akan diatasi, dan pemecahan masalah seperti langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan solusi atas masalah tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan memainkan peran penting dalam beberapa bidang termasuk pendanaan program pendidikan, penyaringan pelamar kerja, hingga pengujian mengidentifikasi anak-anak yang membutuhkan bantuan akademik. Tes IQ yang hadir dalam berbagai bentuk untuk mengukur potensi intelektual seseorang dapat menjadi salah satu cara untuk mengukur kecerdasan, dilansir dari healthline.com.

Meningkatkan kecerdasan orang dewasa

Kecerdasan yang dimiliki setiap orang perlu untuk terus ditingkatkan supaya dapat berkembang dan tidak mati. Oleh karena itu, bagaimana cara untuk meningkatkan kecerdasan orang dewasa? berikut caranya!

Berolahraga secara teratur

Dilansir dari healthline.com, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak adalah dengan tetap aktif secara fisik. Sebuah studi 2018 menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan aktivitas di hippocampus dan melibatkan memori. Selain itu, juga dapat meningkatkan hubungan antara hippocampus dan daerah otak lainnya yang mengatur memori. Olahraga banyak memberikan manfaat pada peningkatan kognitif sehingga penting untuk dilakukan secara teratur. 

Tidur yang cukup

Tidur juga menjadi hal penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal karena selama tidur, otak akan mengkonsolidasikan ingatan yang dibuat sepanjang hari sehingga meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari informasi saat bangun. Sebuah studi 2019 menemukan bahwa kekurangan waktu tidur dapat memberi pengaruh pada kerja memori secara negatif.

Minum kopi

Kafein dalam kopi dapat memblokir adenosine yang berfungsi untuk menghentikan zat stimulasi di otak. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi juga dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan kinerja mental. Sebuah studi 2014 menetapkan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan perhatian dan membuat kamu tetap fokus serta lebih mampu menerima informasi baru. Namun, pastikan kamu tidak mengonsumsi kopi atau kafein dalam jumlah berlebih karena dapat meningkatkan kecemasan dan kegelisahan.

Meditasi

Melakukan meditasi umumnya melibatkan pemusatan perhatian dengan cara yang tenang dan terkendali sehingga dengan melakukannya dapat memberikan manfaat bagi otak dan tubuh. Menurut National Center for Complementary and Integrative HealthTrusted Source, penelitiannya menunjukkan bahwa meditasi dapat bermanfaat bagi otak melalui perlambatan penuaan otak dan peningkatan kemampuan otak untuk memproses informasi, dilansir dari medicalnewstoday.com.

Mempelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan atau hal baru dapat melibatkan otak dengan berbagai cara sehingga secara tidak langsung meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut didukung oleh sebuah studi 2014 yang menemukan bahwa mempelajari keterampilan baru dan menuntut secara kognitif seperti quilting atau fotografi dapat meningkatkan fungsi memori. 

Mendengarkan musik

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan pada Brain Sciences menemukan bahwa mendengarkan musik yang disukai dapat melibatkan dan menghubungkan berbagai bagian otak. Oleh karena itu, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesejahteraan secara keseluruhan. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading