Sukses

Lifestyle

4 Cara Menjalani Hidup Sederhana yang Membawa Kebahagiaan

Fimela.com, Jakarta Kesederhanaan terkadang membuat seseorang lebih menikmati dan merasa lebih bahagia dalam menjalankan kehidupan. Kesederhanaan dapat diartikan dalam beberapa hal seperti keluarga yang sederhana, pertemanan yang sederhana hingga cara pemakaian pakaian yang sederhana. Kesederhanaan terkadang membuat hidup seseorang menjadi mudah dan tidak ribet. 

Dilansir dari rebisimpleliving.com, kesederhanaan dalam hidup merupakan keadaan pikiran yang di mana menghargai hal-hal kecil dalam hidup menjadi lebih berarti daripada hal-hal materi seperti meluangkan waktu untuk keluarga atau orang yang dicintai, hobi, mengonsumsi makanan kesukaan, memilih gaya pakaian yang nyaman dan murah, serta hal-hal lainnya. 

Hidup sederhana membuat seseorang akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dengan barang yang lebih sedikit. Dengan mencapai kesederhanaan dalam hidup juga akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dalam menghadapi situasi sehari-hari. Maka dari itu, kesederhanaan nantinya menjadi suatu kebiasaan dan dapat bersinar melalui setiap aspek kehidupan kamu.

 

 

Cara Menjalani Hidup Sederhana

Hidup sederhana mungkin keinginan sebagian orang supaya mendapatkan hidup yang lebih tenang dan bahagia, tetapi bagaimana cara untuk menjalani hidup secara sederhana?

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dilansir dari theplainsimplelife.com, di dunia yang serba maju ini, terkadang tak sedikit orang  yang akhirnya jatuh terperangkap dan mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain akibat dari apa yang dilihatnya dari sosial media. Padahal, yang dilihat belum tentu sesuai dengan realitasnya. Namun, yang pasti setiap orang memiliki perjuangan dan masalahnya sendiri sehingga jika ingin hidup sederhana, kamu harus puas dengan yang dimiliki oleh diri sendiri dan berkonsentrasi pada hidup sendiri serta tidak terus menerus berjuang untuk lebih dan menyaingi orang lain. 

Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membuat kamu bahagia

Mengelilingi diri dan menghabiskan waktu bersama orang-orang positif merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat kesehatan mental terjaga. Selain itu, juga akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan puas dengan hidup yang dijalankan. 

Belajar untuk mengatakan tidak

Dalam menjalani kehidupan tentu kamu akan menghadapi banyaknya tuntutan dan hal-hal yang menggoda atau mendorong seseorang mengatakan “ya”. Namun, terkadang dengan mengatakan “ya” justru membuat kamu menjadi ribet, tidak nyaman, bahkan tidak tenang. Maka dari itu, penting untuk sekali-kali mengatakan kata tidak untuk hal-hal yang hanya mengganggu dirimu, dilansir dari balancethroughsimplicity.com

Identifikasi prioritas yang dimiliki 

Penting untuk kamu menentukan prioritas yang penting dan tidak supaya dapat menyingkirkan kekacauan dalam hidup. Dengan adanya prioritas secara tidak langsung dapat mendorong kehidupan seseorang menjadi semakin maju dan jauh lebih sederhana. Kamu dapat memfokuskan diri kepada hal-hal yang tidak mengacaukan otak atau hati.

 

 

Manfaat Hidup Sederhana

Selain memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi seseorang jika menjalani kehidupan yang sederhana, berikut beberapa manfaat lain dari hidup sederhana, dilansir dari simplelionheartlife.com.

  • Lebih banyak waktu untuk hal yang penting.
  • Mengurangi rasa stres.
  • Lebih sedikit mengalami kekacauan mental.
  • Mengetahui hal yang perlu diprioritaskan.
  • Memberikan manfaat untuk kesehatan fisik.
  • Meningkatkan hubungan dengan orang yang dicintai.
  • Lebih fokus dan memiliki banyak kreativitas. 
  • Lebih bahagia.
  • Meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Meningkatkan kemandirian.
  • Dapat menjaga lingkungan.
  • Memiliki manfaat relasi dari hidup yang sederhana.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading