Sukses

Lifestyle

9 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Mudah, Sehat, dan Efektif

Fimela.com, Jakarta Perut buncit seringkali menjadi sebuah permasalahan yang mengganggu bagi beberapa orang. Pasalnya, kondisi tubuh seperti ini akan bisa membuat penampilan jadi kurang bagus, mengurangi rasa kepercayaan diri, serta berisiko menimbulkan berbagai penyakit yang patut diwaspadai. Jadi nggak heran saja jika ada banyak orang yang mencari cara mengecilkan perut buncit dengan mudah, sehat, dan efektif.

Perut buncit pada dasarnya bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada mereka yang memiliki tubuh kurus. Oleh karena itulah, penting untuk menjaga pola hidup sehat agar perut bisa tetap langsing dan tubuh selalu fit. Terlebih lagi karena perut yang lebih ramping dapat membuat tubuh jadi lebih ringan serta bugar. Lalu, memilih outfit yang akan digunakan sehari-hari pun juga jadi lebih mudah. Yuk, cari tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut yang efektif dan nggak bikin sengsara.

Penyebab Perut Buncit yang Wajib Diketahui

Perut buncit setelah menghabiskan makanan dalam porsi besar sesungguhnya merupakan hal yang normal. Pasalnya, pada saat itu, kondisi lambung akan menjadi penuh karena harus menampung makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, setelah makanan tersebut selesai diproses, maka perut akan kembali ke bentuk normalnya tanpa harus melakukan olahraga untuk perut buncit. 

Meski begitu, perut buncit yang berlangsung terus-menerus sudah pasti harus kamu waspadai. Sebab, itu bisa saja merupakan tanda-tanda adanya masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh. Lebih-lebih jika kamu menjalani pola hidup yang kurang baik, di mana jarang menjaga menu santapan harian hingga jarang berolahraga.

Jika memiliki pola hidup nggak sehat, maka lemak di perut bisa menumpuk dan kemudian sebabkan perut tampak lebih buncit. Selain itu, orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga diyakini menjadi penyebab perut buncit selanjutnya. Mereka yang mengalami obesitas biasanya mengonsumsi kalori dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan kalori yang dibakar. Alhasil, lemak di perut bisa semakin banyak dan lama-kelamaan menyebabkannya jadi buncit.

Selain dari pola hidup kurang sehat dan obesitas, penyebab perut buncit bisa terjadi juga bisa karena faktor sedang hamil, sembelit, terjadinya penumpukan cairan (asites), intoleransi makanan tertentu, dan sebagainya. Jadi, jangan sekali-kali sepelekan permasalahan perut buncit yang dimiliki.

Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Bisa Dicoba

Cara mengecilkan perut buncit untuk masa sekarang terbilang lebih praktis dan mudah. Bahkan kamu nggak harus melakukan diet esktrem terlebih dahulu untuk mendapatkan penampilan perut yang rata. Selain itu, step by step nya juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah sendiri. Jadi penasaran bukan tips mengecilkan perut yang dimaksud? Tanpa basi-basi lagi, berikut rekomendasinya.

1. Rajin Berolahraga

Nggak perlu diragukan lagi bahwa rajin melakukan olahraga merupakan salah satu cara alami mengecilkan perut yang patut dicoba. Metode ini nggak hanya bagus buat kesehatan saja, melainkan juga buat kamu yang ingin menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan lingkar pinggang. Semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, maka harus semakin banyak pula melakukan pergerakan fisik atau olahraga. Ini agar proses membakar lemak tubuh dapat terlaksana dengan efektif.

Cara ini juga terbilang efisien karena mampu mencegah tubuh untuk menyimpan kalori sebagai lemak. Tapi ingat, cara mengecilkan perut seperti ini hanya akan berhasil jika kamu melakukannya secara rutin setiap hari. Jadi, harus persiapkan komitmen yang besar terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga demi bisa dapatkan kembali bentuk perut yang ideal.

Olahraga untuk perut buncit sebenarnya bisa dilakukan selama 30 menit saja dalam sehari. Ini bisa diterapkan dengan memilih jenis olahraga dengan intensitas sedang, seperti berlari, bersepeda, jogging, berenang, serta senam. 

2. Perbanyak Asupan Serat dan Protein

Selain olahraga, kamu juga disarankan untuk memperbanyak asupan serat dan protein. Cara mengecilkan perut ini dinilai sangat ampuh dan efektif bila dilakukan dengan benar. 

Makanan berserat biasanya akan lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan perut bisa lebih lama kenyang setelah mengonsumi serat yang cukup. Alhasil, jumlah kalori yang masuk ke tubuh juga bisa berkurang. Di sisi lain, serat pun berguna untuk menjaga fungsi sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut kembung. Jadi, perut bisa terlihat lebih kecil dan nggak buncit. Adapun makanan berserat yang baik adalah alpukat, oat, kacang almond, dan masih banyak lagi lainnya.

Sama seperti serat, makanan dengan protein juga bisa membantu tubuh untuk lebih lama kenyang. Terlebih lagi, asupan protein nyatanya memiliki peran penting dalam membantu memperbaiki jaringan otot pada tubuh. Jika ingin memilih asupan protein untuk bahan konsumsi sehari-hari, maka menu susu, telur, dan daging bisa menjadi pilihannya. Sebab, selain tinggi protein, beragam jenis makanan ini ternyata juga memiliki kadar lemak yang relatif rendah.

3. Batasi Mengonsumsi Karbohidrat Olahan

Menjaga gizi seimbang harian jadi cara mengecilkan perut buncit selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan, salah satunya dengan membatasi konsumsi karbohidrat olahan. Karbohidrat memang sumber energi penting untuk tubuh. Namun, nggak semua sumber karbohidrat nyatanya bagus untuk dikonsumsi. Sebagai contoh, mengonsumsi karbohidrat olahan seperti gula terlalu banyak bisa menyebabkan peningkatan kadar lemak dalam darah dan risiko terkena diabetes.

Sebagai ganti karbohidrat olahan, kamu bisa memilih makan sumber karbohidrat kompleks yang sehat bagi tubuh, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, perhatikan pula pemenuhan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian agar perut ramping bisa tercipta dan tubuh pun tetap sehat.

4. Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh

Jika perut menjadi buncit saat bangun tidur, ada kemungkinan jika kamu terlalu banyak makan di malam hari. Tapi, nggak perlu khawatir dulu. Sebab, hal ini bisa diatasi dengan cara memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Mencukupi asupan tubuh harian pun nggak melulu lewat air minum saja, lho. 

Nyatanya, kamu juga bisa memenuhi asupan cairan dalam tubuh dengan makanan yang tinggi akan cairan. Misalnya saja, buah-buahan, sup sayur, dan sebagainya. Selain itu, mengonsumsi jenis makanan seperti ini dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan berlebih. Jadi, bisa dibilang bahwa cara mengecilkan perut ini nggak cuma bagus buat perut buncit, tetapi juga untuk menguruskan badan. 

5. Istirahat yang Cukup

Mengecilkan perut yang efektif juga dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup. Aktivitas ini tentu saja baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, orang-orang yang memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik juga akan memiliki metabolisme yang baik, sehingga bisa terhindar dari kondisi perut buncit ataupun obesitas. 

Di sisi lain, jurnal Metabolism menyebutkan bahwa kurang tidur bisa memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Inilah sebabnya, orang yang nggak punya cukup waktu tidur akan mudah merasa lapar, terutama pada saat malam hari. Di dalam jurnal ini juga menjelaskan bahwa durasi dan kualitas tidur yang baik ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Sehingga, nggak ada salahnya untuk menerapkan tips mengecilkan perut buncit yang satu ini.

6. Tingkatkan Asupan Lemak Sehat

Meningkatkan asupan lemak sehat menjadi cara alami mengecilkan perut buncit selanjutnya yang bisa langsung dipraktekkan sendiri. Lemak pada dasarnya terdiri dari dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh. Berbanding terbalik dengan lemak jenuh, lemak tak jenuh dinilai baik untuk tubuh sehingga jenis ini sering juga disebut sebagai lemak sehat. 

Terapkan pola hidup sehat satu ini agar perut buncit hilang dan kamu pun jadi semakin percaya diri soal penampilan. Apalagi langkah ini merupakan cara mengecilkan perut buncit yang mudah dilakukan, dan tanpa usaha yang berlebihan. Untuk pilihan menu asupan lemak sehat, kamu dapat memilih minyak zaitun, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak wijen, dan selai kacang tanpa gula tambahan. 

7. Kunyah Makanan Perlahan-Lahan

Punya kebiasaan makan yang buru-buru? Sebaiknya hentikan mulai sekarang juga. Selain karena bisa mengganggu proses pencernaan, kebiasaan ini pun juga bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit. Pasalnya, makan terlalu cepat bisa membuat otak kesulitan mengirimkan sinyal rasa kenyang ke tubuh.  

Oleh karena itu, usahakan untuk mengunyah setiap makanan yang masuk ke dalam mulut. Menurut para ahli, makanan harus dikunyah sebanyak 32 kali sebelum akhirnya ditelan. Jika nggak mengunyah makanan dengan benar, tubuh justru akan kesulitan mencernanya dan kamu bahkan bisa berisiko terkena masalah kesehatan seperti sembelit. Jadi, kunyahlah makanan secara perlahan sebagai cara mengecilkan perut yang mudah.

8. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Ingin menghilangkan lemak di perut yang bikin buncit dan nggak nyaman? Cobalah untuk menghindari atau membatasi konsumsi makanan dan minuman manis. Tips mengecilkan perut buncit ini akan mampu memberikan hasil yang signifikan bila dilakukan secara rutin dan tepat. 

Makanan dan minuman manis biasanya akan membuat perut mudah lapar. Itulah mengapa kamu akan merasa lapar meski baru makan beberapa waktu sebelumnya. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis juga memiliki pengaruh terhadap penambahan berat badan, obesitas, hingga diabetes tipe 2. Alih-alih begitu, lebih baik konsumsi gula yang alami, seperti buah-buahan yang dimakan langsung tanpa perlu diolah lagi.

9. Kelola Stress dengan Benar

Cara mengecilkan perut yang terakhir adalah dengan mengelola stress. Saat sedang stress, tubuh biasanya akan memproduksi hormon kortisol di dalam darah. Saat itu terjadi, nafsu makan akan lebih sulit dikendalikan dan bahkan menyebabkan aktivitas sehari-hari ikut terdampak. 

Nggak jarang pula, rasa stress yang dimiliki malah berakhir menjadi emotional eating, di mana penderitanya makan secara berlebihan untuk melampiaskan emosi sendiri, tanpa disertai dengan olahraga teratur. Sementara itu, stress pun bisa membuat masalah tidur seperti insomnia, yang mana ini turut berperan sebagai penyebab perut buncit. 

Nah, jika stress yang dipunya dirasa semakin berlarut-larut dan nggak kunjung membaik, maka hal yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi kepada dokter maupun psikolog. Selain itu, lakukan aktivitas-aktivitas positif yang bisa bantu alihkan pikiran, seperti memasak, olahraga, atau melakukan kegiatan seni.

Itulah pembahasan mengenai cara mengecilkan perut buncit yang bisa dicoba dengan mudah, sehat, dan efektif. Yuk, terapkan sekarang juga agar perut nggak buncit lagi, penampilan semakin baik, dan penuh percaya diri.   

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading