Sukses

Lifestyle

WFF Jakarta Gelar Liga Flag Football Pertama, Dukung Perempuan Berekspresi Lewat Olahraga

Fimela.com, Jakarta Women Flag Football Jakarta (“WFF Jakarta”), sebuah komunitas olahraga flag football terbesar di Jakarta, mengadakan liga flag football untuk perempuan yang pertama di Jakarta bernama WFF Jakarta League 2023 by Girik. Liga tersebut akan berlangsung tiap akhir pekan mulai tanggal 9 Juli hingga 2 September 2023 di Lapangan Bola Pejaten, Jakarta Selatan. Terdapat ratusan pemain flag football perempuan dari level pemula hingga intermediate yang terbagi dalam enam tim akan turut meramaikan kompetisi.

Olahraga flag football adalah versi lebih aman dari American football di mana kontak fisik antar pemain sangat diminimalisasi. Tiap game akan mempertemukan dua tim yang akan bergantian memainkan offense dan defense. Seperti namanya, setiap pemain menggunakan “flag” atau bendera di pinggang mereka saat sedang game. Tim defense harus mencabut bendera tersebut dari tim offense yang memegang bola untuk menghentikannya mencetak skor/touchdown.

Head of WFF Jakarta, Tamiang Tobing, mengatakan, “Belakangan, olahraga flag football banyak menarik perhatian masyarakat terlihat dengan puluhan anggota baru bergabung ke komunitas WFF Jakarta tiap bulannya. Tak jarang, individu yang baru bergabung bahkan tidak memiliki kemampuan dasar flag football sama sekali. Namun, berlatih bersama dengan fun dan penuh semangat menjadikan sebagian besar anggota komunitas kami sudah dapat bermain secara kompetitif.”

 

Mengembangkan semangat dan bakat di bidang olahraga flag football

Menurut Laporan Nasional Sport Development Index 2022 yang diluncurkan oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia 1 , tingkat partisipasi individu dalam olahraga/aktivitas fisik (minimal tiga kali seminggu) sebesar 30,93% pada tingkat nasional. Sementara, tingkat partisipasi olahraga di DKI Jakarta lebih rendah jika dibandingkan, yaitu hanya 22,12%. Melihat temuan tersebut, Tamiang menambahkan bahwa WFF Jakarta hadir dengan latihan rutin dan WFF Jakarta League 2023 by Girik untuk mengembangkan semangat dan bakat di bidang olahraga flag football dan sarana perempuan di Jakarta mengekspresikan diri dan menyalurkan jiwa kompetitif di bidang yang positif.

Adapun, tim yang akan berkompetisi dalam WFF Jakarta League 2023 by Girik, yaitu Warwolves, Dracarys, Red Pandas, Orcas, Phoenix dan Gazelles. Keenam tim ini terdiri dari 18-20 pemain perempuan dengan rentang umur bervariasi antara 18 hingga 37 tahun. Kompetisi digelar dengan sistem liga di mana tiap tim akan bertemu satu sama lain untuk memperebutkan puncak klasemen. Nantinya, hanya tim yang berada di peringkat klasemen satu sampai empat yang akan lolos ke babak semifinal dan dilanjutkan ke babak final untuk memperebutkan juara. 

Wadah positif untuk kembangkan percaya diri

“Menang atau kalah merupakan hal yang biasa pada tiap kompetisi. Kami harap liga ini dapat menjadi wadah positif untuk mengembangkan kepercayaan diri, kemauan untuk rutin berolahraga, dan sportivitas pada tiap pemain. Lebih dari itu, semoga WFF Jakarta League 2023 by Girik dapat menjadi landasan untuk memberdayakan perempuan Indonesia dan terus berkontribusi memajukan flag football di Tanah Air,” tutup Tamiang. Untuk informasi lebih lanjut, jadwal lengkap, dan hasil pertandingan WFF Jakarta League 2023 by Girik, silakan kunjungi Instagram @wffjakarta

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading