Sukses

Lifestyle

6 Tanda Kamu Menjalani Hidup Sederhana dan Bijaksana

Fimela.com, Jakarta Kesederhanaan adalah kunci hidup bahagia, setuju tidak Sahabat Fimela? Terkadang kita tidak sadar sedang mengejar banyak hal secara duniawi, padahal hal-hal yang bisa membuat kita bahagia sebenarnya sudah kita miliki dan ada di sekitar kita. Karena hidup sederhana itu juga yang seringkali membuat pemikiran berubah dan berkembang menjadi lebih bijaksana. Sebuah penelitian Positive Psychology menemukan bahwa menjalani hidup sederhana mampu mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.

Tapi bagaimana cara mengetahui bahwa kamu sudah menjalani hidup yang sederhana dan bijaksana? Ini sekian tanda jika kamu tengah menjalaninya.

1. Tidak materialistis

Kamu tidak terobsesi mengejar materi duniawi. Kamu bekerja secukupnya, meluangkan waktu untuk menikmati hasil kerja keras dan mengatur kebutuhanmu dengan baik sehingga tak merasa kekurangan. Kamu tak punya ambisi menginginkan segala hal, terutama uang melimpah atau suami kaya raya. Kamu sudah bahagia dengan kondisimu yang cukup saat ini.

2. Tidak kecanduan gawai

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, sulit rasanya menjauh dari gadget, apalagi teknologi membuat hidup kita lebih mudah dan lebih baik. Tapi ketika kamu memutuskan menjalani hidup sederhana, akan secara alami kamu memangkas waktu memegang ponsel dan terkoneksi internet. Kamu ingin menghargai kehidupan nyata, berkomunikasi dengan keluarga, pasangan atau sahabat secara langsung, mengurus rumah dan fokus pada hal-hal penting lainnya di dunia nyata.

3. Suka jalan-jalan ke alam

Kamu sangat menikmati waktumu ketika bepergian ke gunung atau pantai. Kamu menyisihkan sejenang waktu tenang untuk mengagumi keindahan ciptaan Yang Maha Agung di depan matamu. Kamu lebih suka meluangkan dan menghabiskan waktu menghirup udara segar, menghangatkan tubuh di bawah sinar matahari, dan mencium aroma rumput basah karena itu mampu menciptakan kedamaian di dalam hati. Menghargai lingkungan tempat hidupmu merupakan salah satu tanda menjalani hidup sederhana.

4. Tidak suka hidup penuh drama

Kamu jujur, apa adanya dan komunikatif. Apa yang kamu pikirkan menjadi sikapmu selama ini. Kamu tak suka terlibat dalam perdebatan, kamu membuka diskusi sehat dan bertanya langsung kepada seseorang yang punya masalah denganmu, bukannya melancarkan silent treatment dan bersikap seakan tak ada apa-apa. Kamu tak suka hidupmu berjalan ribet ketika banyak hal sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara saling terbuka.

5. Penuh rasa syukur

Kamu berterima kasih memiliki hidup yang kamu jalani saat ini, apalagi jika hidupmu tergolong nyaman dan enak di mata orang lain. Kamu bersyukur hidupmu tidak penuh drama, tidak banyak ujian berat dan permasalahan sehingga bisa tidur nyenyak setiap malam. Kamu bersyukur bisa makan setiap hari, bangun pagi dengan tubuh sehat dan bertemu orang-orang baik di hidupmu. Meski tidak terlahir dari keluarga kaya raya, tapi kamu bersyukur memiliki kehidupan yang cukup dan mendapatkan cinta kasih yang tulus dari banyak orang.

6. Toleran dan mudah memaafkan orang lain

Orang-orang sederhana dan bijaksana biasanya memiliki rasa toleransi yang besar dan mudah memaafkan orang lain. Ia tidak mudah tersulut emosi dan berpikiran terbuka sehingga tidak mudah menghakimi atau menarik kesimpulan secara serampangan. Sebelum melakukan sesuatu, kamu selalu memikirkan dengan baik, apa yang baik dilakukan dan dikatakan. Ketika orang lain mencoba mengusikmu, kamu tak membiarkan sikap buruk mereka mengacaukan kedamaian hidupmu.

Itu sekian tanda kamu hidup sederhana dan bijaksana. Sudahkah kamu menemukan semua tanda itu dalam hidupmu, Sahabat Fimela?

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading