Sukses

Lifestyle

5 Tips Bicara agar Terlihat Lebih Sopan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu ingin berbicara dengan orang lain tetapi pada akhirnya mengurungkan niatmu karena takut salah bicara? Atau pernahkah kamu berpikir bahwa kamu adalah seseorang yang buruk dalam memulai komunikasi? Orang yang memiliki kepribadian introvert, ekstrovert bahkan ambivert pasti pernah mengalaminya. 

Ketika merasa tekanan terlalu besar, kamu akan merasa kesulitan untuk mengatakan sesuatu. Seringkali situasi ini menimbulkan rasa canggung, memalukan atau menegangkan. Situasi itu sangat normal apabila kamu merasa seperti itu. Dilansir dari hackspirit (11/7) berikut ini adalah 5 tips agar bicaramu terlihat lebih sopan. 

Perhatikan bahasa tubuh

Selain berbicara, komunikasi juga mencakup bahasa tubuh. Sebaiknya kamu perhatikan isyarat nonverbal lawan bicaramu. Apapun yang ingin kamu bicarakan, penting untuk memperhatikan bagaimana perasaan orang lain berdasarkan bahasa tubuhnya. Misalnya ketika orang itu menunjukan gestur seperti gelisah bisa jadi ia merasa tidak nyaman dengan arah pembicaraan. Kamu dapat mengubah topik pembicaraan yang lebih ringan. 

Jangan berasumsi bahwa orang lain akan selalu setuju

Ketika kamu memulai percakapan, jangan pernah kamu menyimpulkan bahwa hanya karena merasa cocok maka orang yang kamu ajak bicara akan memiliki pandangan yang sama denganmu. Setiap orang lain memiliki hak atas pendapat sendiri dan kamu tidak bisa memaksa seseorang untuk setuju denganmu. Dengan menghormati hal ini akan membuat kamu terlihat sopan di mata orang lain karena menghargai perbedaan.

Bersikap empati

Luangkan waktu ketika berbicara dengan orang lain, kamu harus sabar dan biarkan lawan bicaramu untuk menyampaikan pesan mereka, jangan menyela. Kamu juga bisa menanggapi dengan pertanyaan terbuka, menggantung atau empatik. Gunakan pertanyaan yang lebih dari jawaban “iya” atau “tidak”. misalnya “apa langkah selanjutnya”, hal ini akan membuat lawan bicaramu mendalami apa yang mereka bicarakan.

Jangan menghakimi

Banyak orang yang membuat penilaian secara cepat ketika berbicara dengan orang lain. ini adalah bentuk pemikiran yang posisional. Ketika kamu menilai seseorang dengan cepat maka kamu menghalangi proses komunikasi alami. Jadi, pastikan kamu untuk selalu mendengarkan lawan bicaramu sampai ia selesai bicara. 

Jangan membuat orang terkesan

Penting untuk menjadi dirimu sendiri. Karena cara termudah untuk menjadi penarik adalah dengan menjadi tertarik. Kamu tidak perlu menjadi bermakna agar orang lain tertarik denganmu. Cukup katakan saja apa yang ingin kamu katakan. Jika kamu melakukan hal tersebut maka orang lain akan memberikan kesan baik untuk kamu seperti kamu orang yang sopan karena kamu memilih untuk fokus mendengarkan daripada berbicara kehebatan.

Sahabat Fimela, demikian 5 tips bicara agar kamu terlihat lebih sopan dengan orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading