Sukses

Lifestyle

Lakukan 4 Hal Ini Jika Sedang Menstruasi, Biar Tetap Merasa Nyaman dan Happy

Fimela.com, Jakarta Setiap bulannya, para perempuan yang belum mengalami menopause harus menghadapi periode menstruasi atau disebut juga sebagai haid. Di masa seperti ini, biasanya ada banyak perubahan yang terjadi, seperti mood yang berantakan, nafsu makan terganggu, hingga merasa malas bergerak alias mager. Nggak jarang pula, perempuan yang sedang menstruasi ini mengalami nyeri perut dengan intensitas rendah hingga kuat.

Lamanya siklus menstruasi setiap orang juga biasanya berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung 5 hari, 6 hari, atau 7 hari. Tentu, ketika periode ini terjadi, rasanya pasti nggak nyaman banget dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, nyatanya kamu tetap bisa merasa nyaman dan happy meski sedang menstruasi, lho. Mau tahu caranya?

1. Konsumsi Makanan yang Enak Tapi Sehat

Menghadapi siklus menstruasi dengan nyaman dan senang bisa banget kok dilakukan lewat mengonsumsi aneka ragam makanan enak. Yup, makanan ‘penghibur menstruasi’ yang dimaksud ini memang bertujuan untuk menstabilkan mood swing di saat sedang mengalami periode bulanan. 

Meski begitu, sebaiknya pilihlah makanan yang tetap bernutrisi dan sehat, ya. Di antaranya seperti yogurt, cokelat hitam, sayuran hijau, buah-buahan, hingga aneka ikan. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan enak yang justru dapat memperparah gejala PMS, misalnya saja seperti makanan manis. Jadi, tetap perhatikan apa yang kamu makan ya saat menstruasi.

2. Kenakan Celana Berwarna Gelap

Di saat sedang menstruasi, sebaiknya hindari penggunaan celana berwarna cerah, terutama putih. Pasalnya, sewaktu-waktu darah menstruasi bisa saja bocor dan rembes di kain pakaian yang dipakai dengan tanpa disadari. Sebagai solusinya, sebaiknya pilih celana berwarna gelap, khususnya hitam. 

Warna seperti ini akan mampu menutupi noda darah yang mengenai celana kamu dengan sempurna. Sehingga, mau sadar ataupun nggak, noda darah yang bocor ke celana pun jadi nggak bisa terlihat dan kamu pun nggak akan malu ketika sedang bersama orang lain.

3. Jika Perut Nyeri, Kompres dengan Air Hangat

Sering mengalami nyeri di area perut bawah ketika sedang menstruasi? Tenang, hal ini masih bisa diatasi dengan mudah dan tanpa perlu ribet dulu. Coba kompres perut menggunakan air hangat jika hal seperti ini terjadi pada kamu. Caranya, masukkan air panas ke dalam sebuah botol tahan panas. Kemudian, balut botol menggunakan handuk kering atau kain lap bersih dan tempelkan di sekitar area perut yang dirasa nyeri.

Melakukan trik seperti ini diyakini akan membuat rasa nyeri yang dirasakan menjadi lebih mendingan. Selain itu, kompres air hangat pun juga akan membuat tubuh lebih rileks dan nyaman. 

4. Pakai Pembalut yang Nggak Bikin Bocor

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk menghadapi menstruasi adalah memakai pembalut yang tepat. Pasalnya, perempuan yang sedang di dalam siklus bulanannya ini biasanya sering mengalami kebocoran karena salah memilih produk pembalut. Alhasil, noda darah bisa tembus ke mana-mana, termasuk tempat tidur, pakaian, hingga tempat duduk sekalipun.

Untuk itu, kamu harus bisa mencari pembalut yang tepat, dengan daya tampung besar dan anti tembus. Cari juga pembalut yang memiliki ukuran pas sesuai tubuh dan kebutuhanmu. Selain itu, pilih pembalut yang dibuat dengan bahan halus, sehingga nggak bikin kulit gatal dan iritasi. Dengan begitu, masa menstruasi bisa dihadapi dengan yakin dan nggak gelisah lagi, deh.

So, bagaimana dengan beberapa tips di atas? Bila kamu merasa hari-hari menjalani menstruasi kurang nyaman, bisa banget untuk menerapkan langkah-langkah tersebut. Selamat mencoba. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading