Sukses

Lifestyle

Dukungan untuk Womenpreneur agar Semakin Berdaya

Fimela.com, Jakarta DBS Treasures - Indonesia Women Conference (IWC) 2023 dibuka di Jakarta telah selesai digelar, dibuka dengan pidato dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang diwakili oleh Christina Agustin, A.Pi., M.M., Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM. Dalam pidatonya, mengutip pernyataan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, menyadari pentingnya pemberdayaan ekonomi perempuan terhadap masyarakat, keluarga, dan perekonomian secara luas, Kementerian Koperasi dan UKM berusaha meningkatkan kesetaraan dan kesejahteraan perempuan melalui kebijakan yang ramah gender, untuk membangun ekosistem yang mendukung kewirausahaan perempuan.

IWC 2023 merupakan program tahunan dari Femina Media dan menjadi bagian dari pengembangan Komunitas Wanita Wirausaha atau pemilik usaha kecil dan menengah yang dijangkau secara mutiplatform oleh media perempuan ini sejak 2007.

Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar 135 miliar dollar AS. Ini artinya perempuan di Indonesia khususnya womenpreneur atau para pemilik usaha memiliki peran yang strategis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga para pelaku UMKM perempuan juga diharapkan dapat terus mengembangkan bisnisnya ke tingkat yang lebih tinggi agar membuka peluang yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Di sisi lain besarnya potensi UKM ini masih belum diikuti oleh kinerjanya yang maksimal dengan berbagai alasannya, sehingga usaha UKM perempuan sulit naik kelas. IWC 2023 mengangkat isu ini dengan diskusi bersama para ahli dan pemilik usaha yang sudah bisa keluar dari kemandekan ini. Saatnya UKM perempuan Indonesia bangkit dengan bekal ilmu, jejaring, dan keterampilan berbisnis yang cukup dan terus relevan dengan pasar.

Perempuan Berdaya dengin Kebangkitan UKM

Tema IWC 2023 adalah Kebangkitan UKM Perempuan Indonesia: Menguatkan Kinerja Bisnis UKM Dengan Belajar Trend & Ilmu Baru setelah pandemi berlalu. Ini adalah waktu untuk kembali pulih dalam membangun bisnis. Highlight dari IWC 2023 meliputi 4 topik besar yaitu: Konsumen Gen Z Punya Cerita, Pasar Muslim Kelas Menengah, Booming Bisnis Reseller dan Masa Depan Bisnis Artisan.

Di panel pertama, yang mengangkat tema Perempuan Tangguh Pemimpin Usaha, hadir empat perempuan hebat, antara lain, Arini Subianto (Presiden Direktur PT Persada Capital investama), Suci Arumsari (Co-Founder dan President Director Alodokter), Melia Winata (Co-Founder dan

CMO Du Anyam), Melfrida Gultom (Deputy Head of Consumer Banking Group Indonesia, PT Bank DBS Indonesia). Mereka memaparkan tentang kualitas yang harus dimiliki seorang perempuan pemimpin. Arini, yang memimpin bisnis di bidang energi, agrobisnis, dan kesehatan, mengatakan, karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah motivasi. Dengan motivasi itu dengan sendirinya rasa ingin tahu lebih banyak, keinginan belajar, ingin mengeksplorasi area yang belum pernah disentuh. Hal ini akan terakumulasi menjadi satu drive yang bisa bergulir dan menular ke yang lain.

Suci Arumsari, Co-Founder & President Director AloDokter, bisa memimpin perusahaan teknologi di bidang medis meski dirinya tak punya latar belakang medis. “Kuncinya, membangun komunikasi dengan tim. Berendah hati untuk mengatakan tidak tahu untuk hal yang memang kita tidak tahu. Kolaborasi itu penting,” ujar Suci.

Sedangkan, menurut Melia Winata, Co-Founder & CMO Du Anyam, perusahaan berbasis kewirausahaan sosial, seorang pemimpin harus mampu melihat potensi diri dan timnya. Itulah kenapa, saat pandemi datang, meski Du Anyam termasuk perusahaan yang sangat terdampak, tapi bisa bertahan melewati pandemi. “Kami memaksimalkan apa yang kami punya. Kami punya tim, pengalaman. Kami membuat kelas-kelas edukasi online dan video edukasi, bagaimana memulai usaha, bagaimana memasarkan produk, dan sebagainya. Dan itu ternyata dibutuhkan banyak orang.”

Melfrida menambahkan, “Seorang pemimpin harus punya tiga hal, antara lain insight, yakni informasi. Sebelum membuat keputusan, lengkapi dengan informasi. Kedua, influence. Ketiga, integritas.”

Di panel kedua, mengangkat tema “Konsumen Gen Z Punya Cerita”. Pentingnya bisnis memahami karakter Gen Z, yang akan mendominasi pasar. Hadir tiga pembicara, antara lain, Dian Fiona (Co-Founder Jiniso), Lizzie Parra (Founder & CMO BLP Beauty), Sylvia Surya, Co- Founder Kopi Soe. Dian menyampaikan, di Jiniso, ia ditantang terus kreatif dalam berkomunikasi dengan gen z, karena karakter gen z yang cepat bosan. “Bisnis harus konsisten dalam inovasi dan kreasi,” ujarnya. Lizzie mengungkap hal menarik bahwa gen z adalah generasi yang tidak percaya pada KOL (key opinion leader) atau selebriti. Mereka lebih percaya pada opini teman-temannya. “Mereka tertarik memakai suatu produk karena banyak temannya yang pakai, bukan artis. Banyak beauty brand sekarang punya komunitas. Sesama komunitas biasanya saling meracuni,” kata Lizzie. Sylvia menambahkan perspektif yang berbeda. Menurutnya, gen z sangat suka diajak terlibat. “Dengan sering-sering minta pendapat dari audiens atau follower itu akan membangun sense of belonging mereka. Mereka akan merasa bagian dari brand tersebut.”

Acara akan berlangsung hibrid selama 2 hari, Senin- Selasa/11-12 Juli 2023 pukul 09.30- 17.00. Dengan 4 panel konferensi, 6 Kelas Inspirasi dan 1 Kelas Mentoring Keuangan bisnis. akan tampil sekitar 30 pembicara yang terdiri dari para wanita wirausaha sukses dan para pembicara ahli dalam bidang management, komunikasi dan pemasaran. Berikut beberapa highlight nama pembicara dari dua hari kegiatan, antara lain, Arini Subianto (Presiden Direktur PT Persada Capital investama), Suci Arumsari (Co-Founder dan President Director Alodokter), Melia Winata(Co-Founder dan CMO Du Anyam), Melfrida Gultom (Deputy Head of Consumer Banking Group Indonesia, DBS), Dian Fiona (Co-Founder Jiniso), Lizzie Parra (Founder & CMO BLP Beauty), Sylvia Surya (Co-Founder Kopi Soe), Richa Simon (Treasures and Treasure Private Client Customer Segmentation Head, PT Bank DBS Indonesia), Yanti Kamayanti Latifa, SP., M.Epid( Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BPOM), Christine Tanuwijaya (CEO Brothnco), R. R Ina Wiyandini (Founder Ina cookies), Yuswohady (Managing Partner Inventure), Allyssa Hawadi (CoFounder & VP of Buttonscarves Beauty), Istafiana Candarini (Founder & CEO Kami), Masrura Ram Idjal (Founder Rabbani Tour & Travel), Leonard Theosabrata (Direktur Utama Smesco Indonesia), Tama Florentina (Founder Moire Rugs), Nieta Pricilla Puspitasari (Co-Founder Mazaraat Cheese) Anne Natali (Founder Jettala’Aneiu).

Acara luring berlangsung di Multifuction hall 2nd floor Plaza Indonesia Jakarta, sedangkan acara daring via zoom webinar bisa diakses oleh wanita wirausaha di seluruh Indonesia. Pendaftaran dengan mengisi data usaha yang termudah bisa dilakukan melalui LINK di BIO Instagram resmi Femina media @feminamagazine. Untuk luring akan diarahkan ke Loket.com dan untuk daring akan diarahkan ke indonesianwomensforum.com.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading