Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Rendah Hati dan Bijaksana dari Tingkat Kesombongannya

Fimela.com, Jakarta Tidak mudah menilai seseorang sebagai pemilik sifat rendah hati dan bijaksana, karena kita cenderung lebih sering bertemu dengan orang-orang yang sebaliknya. Tapi ketika kamu bertemu dengan seperti ini, atau orang menganggapmu sebagai orang yang rendah hati dan bijaksana, pasti ada ciri-ciri yang membuatmu dianggap seperti itu. Ini sekian tanda jika seseorang bersifat rendah hati dan bijaksana dilihat dari seberapa sombong dirinya.

1. Tidak merasa dirinya lebih baik dari orang lain

Seseorang yang rendah hati tidak akan terlihat sombong, angkuh apalagi arogan, baik dari caranya membawa diri maupun bersikap dan bicara. Ia tidak merasa lebih tinggi daripada orang lain hanya karena kedudukan, jabatan, status sosial, pendapatan atau pekerjaannya. Ia tidak suka membual tentang betapa baiknya dirinya, apa saja yang ia ketahui, atau apa yang ia miliki. Orang bijaksana tahu tahwa tak ada yang perlu disombongkan karena akan selalu ada orang yang lebih baik darinya.

2. Tidak suka pamer

Orang dengan kerendahanhati dan kebijaksanaan akan secara alami merasa dirinya tidak ada apa-apanya dibanding orang-orang sukses di luar sana, apalagi jika dibandingkan Kekuasaan yang Lebih Besar. Bukan berarti ia merasa minder, tapi ia punya kesadaran diri yang sangat baik sehingga tak merasa perlu merendahkan orang lain. Maka dari itu, ia tidak suka pamer harta, pamer prestasi dan pamer hal lainnya. Terkadang ia tidak enak ketika orang terlalu memuja dan memuji pencapaiannya.

3. Tidak terikat dengan media sosial

Orang-orang rendah hati dan bijaksana menggunakan media sosial dalam kadar sewajarnya. Ia tidak kecanduan memamerkan sesuatu di media sosial, apalagi tidak bisa hidup tanpa media sosial. Ia bisa beraktivitas normal seharian tanpa memegang ponsel karena ia menikmati hidupnya dengan melakukan banyak hal yang real. Ia jarang mengunggah kehidupan pribadinya di media sosial secara detail karena hal terpenting dalam hidup justru lebih baik dinikmati dalam privasi.

4. Tidak sok tahu

Orang-orang bijaksana akan sadar diri bahwa dirinya tidak tahu banyak hal tentang dunia ini, maka dari itu ia tidak berlagak seperti orang yang tahu segalanya. Orang seperti ini, semakin banyak tahu justru semakin merasa dirinya tidak ada apa-apanya dibanding segala rahasia dunia ini. Seperti kalimat filosofis ilmu padi, 'semakin berisi maka semakin merunduk' yang berarti semakin banyak ia belajar dan tahu banyak hal, justru semakin rendah hati dirinya.

5. Terbuka terhadap ide dan pikiran lain

Kamu adalah orang yang rendah hati dan bijaksana jika mau belajar hal-hal baru, tidak merasa cukup dengan kemampuan dan ilmu yang dimiliki saat ini. Karena dunia ini berkembang, maka kamu sadar harus bisa menyesuaikan diri dalam perkembangan itu. Kamu tidak malu jika tidak mengetahui sesuatu dan kalah dengan orang yang lebih muda, kamu mau belajar dari mereka. Bahkan jika kamu lebih berpengetahuan daripada orang lain di sekitarnya, kamu tidak bersikap sok pintar dan menggurui, justru akan mendorong atau meningkatkan kepercayaan diri orang-orang tersebut agar mau tetap belajar hal baru.

Itu dia sekian tanda seseorang rendah hati dan bijaksana dilihat dari tingkat kesombongannya.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading