Sukses

Lifestyle

4 Sikap agar Tidak Gampang Berpikiran Negatif dalam Hidup

Fimela.com, Jakarta Apa yang kita fokuskan, itu yang biasanya akan terjadi dalam keseharian. Misalnya, saat kita hanya fokus melihat hal-hal baik maka hidup kita akan terasa dipenuhi lebih banyak kebaikan. Namun, ketika yang kita lihat hanya sisi buruknya dan terus menerus berpikiran negatif, maka kita akan makin rentan mengalami banyak hal tak menyenangkan dalam keseharian.

Agar tidak gampang berpikiran negatif dalam hidup ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan. Bisa dimulai dengan menerapkan sikap-sikap ini dalam keseharian.

 

 

 

1. Sikap Terbuka

Pikiran negatif yang hadir tak perlu langsung dibenci. Cobalah untuk menerima kehadirannya. Sebab bisa jadi hadirnya pikiran itu karena ada hal yang perlu kita waspadai. Sehingga kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam melakukan sesuatu. Kita bisa bersikap lebih terbuka dalam menerima kehadiran pikiran negatif tersebut. Dengan harapan kita pun bisa makin terbuka juga menyambut pikiran-pikiran yang lebih positif.

 

 

2. Sikap Menerima Diri

Cobalah untuk lebih menerima dirimu sendiri. Terima kehadiran pikiran dan perasaan yang hadir, termasuk yang membuatmu tak nyaman. Saatnya untuk bisa menerima diri sendiri dengan lebih baik lagi. Mengutip buku The Child in You, "Self-acceptance means accepting that my feelings—the good and the bad—are part of me." Penerimaan diri berarti menerima semua perasaan yang kita miliki, yang baik dan buruk, sebagai bagian dari diri kita. Dengan begini, hati bisa terasa lebih tenang dan nyaman lagi.

 

 

3. Sikap Tegas

Ketegasan juga diperlukan agar kita tak terus dihantui pikiran negatif. Kalau kita mulai merasa kewalahan dalam menghadapi hal-hal negatif yang kita rasakan, ada baiknya untuk berani mencari bantuan profesional. Kalau kita sudah tahu hal-hal yang perlu diperbaiki atau diupayakan untuk menetralisir pikiran negatif, maka lakukan hal tersebut dengan kesadaran diri yang baik. Sikap tegas juga bisa membantu kita menemukan keseimbangan dalam hidup.

 

 

4. Sikap Berani Jujur

Sikap jujur juga bisa membantu kita agar tidak gampang berpikiran negatif dalam hidup. Dengan kejujuran yang bisa kita upayakan sebaik mungkin, kita bisa lebih realistis dalam menghadapi sebuah situasi atau keadaan. Tidak mendramatisasi keadaan dan bisa berpikir lebih jernih untuk mencari jalan keluar terbaik dari persoalan yang dihadapi.

Semoga kita bisa menjalani hidup dengan hati yang lebih damai lagi, ya tanpa dibayangi pikiran negatif yang berlebihan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading