Sukses

Lifestyle

5 Cara Sederhana Hidup Bahagia Tanpa Merugikan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Percaya atau tidak, tidak semua orang bisa menciptakan kebahagiaan ketika sendirian. Banyak orang selalu butuh orang lain untuk bisa merasa bahagia. Bahkan beberapa orang lainnya merasa bahagia dengan mencelakai orang lain atau senang di atas penderitaan orang lain. Padahal jika bisa berpuas diri, sebenarnya menghabiskan waktu sendirian tidak harus berarti kamu kesepian. Ini beberapa cara agar bisa hidup bahagia sendirian tanpa merugikan orang lain.

1. Kenali diri sendiri dengan baik

Satu alasan mengapa orang bisa bahagia dengan dirinya sendiri adalah karena bisa mengenali dirinya sendiri dengan baik. Sendirian memberinya kesempatan untuk melihat ke dalam diri, apa yang paling diinginkan dan dibutuhkan dalam hidup. Apa yang paling membuatnya gembira dan sedih, apa yang harus diubah, apa yang bisa ia toleransi dan tidak, dan lain sebagainya. Ia belajar tentang diri sendiri sehingga bisa menemukan cara membahagiakan diri sendiri.

2. Belajar sesuatu yang baru

Orang bahagia memiliki pikiran terbuka tentang segala hal, salah satunya menerima perubahan dan mau belajar hal baru. Jika saklek dengan pemikiran dan sudut pandang, tentu akan sulit menyesuaikan diri dengan perkembangan saat ini. Orang-orang merasa kesal dan marah karena tak sesuai dengan cara hidupnya dahulu dan tak mau mempelajari hal baru. Tapi jika diri sendiri mengizinkan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya, atau paling tidak memaklumi perubahan dan bersikap menerima, kehidupan akan terasa jauh lebih mudah untuk dijalani.

3. Olahraga

Olahraga mendorong pelepasan hormon kebahagiaan berupa endorfin, dan menggerakkan tubuh akan menjadi obat pelepas stres secara alami. Orang-orang bahagia dengan dirinya sendiri tanpa merugikan orang lain cenderung mengandalkan dirinya sendiri untuk menemukan kebahagiaan, salah satunya dengan merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Tidak banyak yang tahu bahwa ktivitas fisik dapat meredakan kecemasan dan pikiran negatif. Dalam sebuah studi tahun 2018, peneliti menemukan bahwa orang yang rajin olahraga cenderung jarang mengalami masalah kesehatan mental.

4. Menghabiskan waktu di alam

Manusia butuh 'healing', dari penatnya kesibukan, rutinitas kerja dan rehat dari social media. Salah satu cara terbaiknya adalah pergi ke alam, menikmati pemandangan, pegunungan atau pantai. Hal-hal yang menjauhkanmu dari kehidupan perkotaan, desa yang tenang, kalem dan damai, dengan udara segar sepanjang hari dan kicauan burung atau suara air, secara alami akan menurunkan tingkat stres dan membuat tubuh mengalami peningkatan kualitas tidur, yang berarti bagus untuk kesehatan mental.

5. Belajar bersyukur

Bahagia sebenarnya mudah, kuncinya adalah pandai bersyukur. Menikmati apa yang dimiliki dan didapat, berterima kasih atas segala rezeki baik secara materi maupun non-materi. Sayangnya banyak orang merasa susah bahagia karena susah bersyukur dan cenderung serakah sehingga lupa menikmati hal-hal kecil dan sederhana yang sebenarnya patut disyukuri, diingat dan disadari, seperti bangun tidur dengan sehat, bisa makan enak, semua bagian tubuh bekerja dengan normal dan bernafas dengan lega.

Itu dia beberapa cara hidup bahagia tanpa merugikan orang lain. Mudah diterapkan dan hanya butuh kemauan untuk memulai. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading