Sukses

Lifestyle

Fitur Pesan Video Instan di WhatsApp Bikin Lancar Komunikasi Tanpa Teks

Fimela.com, Jakarta Teknologi terus berkembang dan mendorong berbagai kemajuan di berbagai sektor, salah satunya dalam sektor komunikasi. Komunikasi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara dan menggunakan berbagai saluran, bisa melalui tulisan, bicara, dan berbagai cara lainnya, kini dipermudah oleh teknologi dengan tergabung dalam satu platform. Hal tersebut berdampak terhadap kebiasaan komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat menjadi bergeser ke arah yang lebih instan.

Seiring berjalannya waktu, bermunculan berbagai aplikasi pesan singkat yang memudahkan masyarakat untuk memberikan pesan kepada pihak lain. Tidak hanya berupa teks, pengguna juga bisa mengirim pesan berupa audio, gambar, hingga video. Semua itu bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet, karena layanan ini tidak banyak memungut biaya seperti layanan pesan singkat sebelumnya seperti SMS. Tentu hal tersebut mambuat layanan SMS menjadi ditinggalkan. 

Banyak aplikasi pesan singkat yang sempat menemani masyarakat dalam berkomunikasi dengan pengguna lainnya, seperti Yahoo! Messanger, Blackberry Messanger (BBM), mIRC, hingga Windows Live Messanger. Namun, keempat aplikasi pesan singkat tersebut kini sudah lama ditinggal oleh penggunanya karena dinilai tidak bersaing dengan aplikasi pesan singkat lain, salah satunya ialah WhatsApp. WhatsApp mampu bertahan karena dinilai mampu menghadirkan inovasi yang mampu mempermudah pengguna, salah satunya fitur yang sedang dikembangkan yaitu fitur pesan video instan. Fitur tersebut berkaca pada kebiasaan pengguna yang kurang nyaman jika mengirim pesan tertentu berupa teks.        

 

 

Fitur Pesan Video

Cara berkomunikasi yang dilakukan oleh publik secara luas mengalami perubahan setelah aplikasi pesan singkat WhatsApp menyediakan fitur pesan suara. Tidak sampai di situ, WhatsApp juga menambah fitur baru yaitu fitur pesan video instan. Fitur tersebut dinilai dapat merubah kebiasaan pengguna WhatsApp yang kini dapat merekam serta membagikan video pendek aktivitas pribadi mereka melalui chat. Fitur ini sudah bisa dimanfaatkan oleh para pengguna WhatsApp dalam periode waktu beberapa minggu kedepan.

Fitur pesan video bisa dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp untuk membalas pesan dalam bentuk sebuah video berdurasi satu menit secara realtime. Pihak WhatsApp mengaku bahwa fitur ini dinilai dapat memberikan kepuasan bagi pengguna dalam membagikan aktivitas atau momen sesuai dengan ekspresi mereka pada saat itu. Hal tersebut membuat penerima pesan dapat melihat gambaran sesungguhnya dari momen yang sedang terjadi oleh penerima pesan video, seperti momen memberikan ucapan ulang tahun, menertawakan lelucon, atau pada saat memberikan kabar kepada pengguna lainnya.

Manfaat Fitur Terbaru WhatsApp

Fitur ini dinilai mudah digunakan dan dikirim kepada pengguna lainnya setara dengan fitur sebelumnya yaitu fitur pesan suara. Penggunaan fitur pesan video relatif cukup mudah. Caranya hanya dengan beralih ke mode video, lalu rekam video yang ingin diabadikan oleh pengguna. Pengguna juga bisa melakukan usapan ke arah atas layar gawai pengguna agar mengunci layar pada saat merekam video, dan terhindar dari gangguan pada saat mengabadikan momen dalam bentuk video. 

Pada saat pengguna menerima pesan video, pengguna hanya melihat video tanpa suara jika tidak mengetuk video yang dikirim. Namun jika pengguna mengetuk pesan video yang diterima, pengguna baru bisa mendengar suara yang ada dalam video tersebut. Fitur ini dipastikan keamanannya oleh pihak WhatsApp dengan mengaktifkan fitur keamanan enkripsi end-to-end, dan pengguna tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.   

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading