Sukses

Lifestyle

5 Ide Lomba Acara 17 Agustus yang Simple Namun Tetap Mengasyikan

Fimela.com, Jakarta Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Diiringi dengan bendera merah putih, sorak-sorai kegembiraan, dan acara upacara yang diselenggarakan di Istana Merdeka sudah menjadi sorotan utama setiap tanggal ini. Untuk ikut meramaikan acara kemerdekan, biasanya masyarakat Indonesia akan mengadakan perlombaan yang kompetitif untuk memupuk rasa persatuan dan menyatukan dengan berbagai permainan menarik. 

Tidak hanya seru, adanya hadiah dari permainan melambangkan perjuangan dan nilai-nilai kemerdekaan Indonesia. Untuk menghidupkan kembali semangat patriotisme, ini ide lomba acara 17 agustus yang simple namun tetap mengasyikan dilansir dari Indonesia travel dan explore air asia (3/8). Simak penjelasannya yuk.

Gebuk Bantal

Pillow fight atau Gebuk bantal mengharuskan dua orang duduk berhadapan di batang bambu atau balok dan cobalah untuk menjatuhkan lawan dari tempatnya dengan bantal sambil menjaga keseimbangan. Batang bambu atau balok biasanya berada diatas air untuk meredam benturan saat peserta jatuh. Lomba ini mengajarkan kamu untuk tetap teguh seperti semangat tak tergoyahkan bagi para pahlawan untuk berjuang kemerdekaan.

Balap Egrang

Permainan ini membutuhkan kemampuan keseimbangan yang baik karena para peserta harus menyelesaikan perlombaan sambil berjalan di atas egrang. Peserta akan berlomba menjadi yang mencapai garis finish pertama sambil berusaha agar tidak jatuh. Lomba ini diadakan dulu sebagai penghinaan atau ejekan tinggi badan dan gaya berjalan orang belanda yang dahulu menjajah karena saat itu belanda merupakan orang tertinggi di dunia.

Lomba bakiak

Kerja sama tim adalah kunci utama untuk memenangkan lomba ini. Para peserta akan berlomba dengan kaki yang diikat ke papan dan tim pertama yang mencapai garis finish adalah pemenangnya. Lomba bakiak mengharuskan anggota untuk berkomunikasi dengan baik dan mengakomodasi satu sama lain. karena untuk mencapai tujuan mereka harus menyelaraskan langkah kaki.

Makan kerupuk

Makan kerupuk merupakan sebuah pengingat bagi Masyarakat Indonesia agar bersyukur atas perjuangan leluhur terdahulu. Permainan ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Saat masa penjajahan, tentara Indonesia dihadapkan dengan kelangkaan makanan. Oleh karena itu, makan nasi dengan kerupuk menjadi alternatif makanan yang sangat dibutuhkan. Permainan ini mengharuskan peserta untuk memakan kerupuk secepat mungkin.

Balap karung

Permainan lain yang bisa kamu lakukan saat hari kemerdekaan adalah balap karung. Peserta terdiri dari anak-anak yang berlomba untuk mencapai garis finish dengan kaki mereka berada di dalam karung. Permainan ini tidak berasal dari Indonesia melainkan dari Belanda. Ketika Belanda mulai menjajah Indonesia, orang Belanda sering memainkan permainan ini dan berkompetisi dengan sesama warna Belanda dan orang Indonesia. 

Ide seru di atas bisa kamu terapkan untuk acara hari kemerdekaan di mana pun. Bila ingin acara hari kemerdekaan sesuai impianmu, Fimela Event adalah solusi cerdas. Segera cek event.fimela.com atau hubungi 0821-2459-2963 untuk informasi selanjutnya. Fimela Event will make your dream moment come true!

 

https://www.newshub.id/interactive2/3708

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading