Sukses

Lifestyle

5 Alasan Seseorang Enggan Mengakui Kesalahannya

Fimela.com, Jakarta Saat berbuat salah, setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menghadapinya. Beberapa orang berlapang dada mengakui kesalahannya dan meminta maaf atas apa yang dibuatnya. Tapi beberapa orang lainnya, sangat sulit mengakui bahwa ia telah berbuat salah. Bagi beberapa orang, mengakui kesalahan sama saja dengan menelan pil pahit. Itu terasa begitu menyakitkan dan menyebalkan. 

Ada beberapa alasan kenapa seseorang sulit bahkan enggan mengakui kesalahannya sendiri. Adapun alasan tersebut antaranya sebagai berikut.

Takut Akan Hukuman

Alasan pertama kenapa seseorang enggan mengakui kesalahannya adalah, ia takut mendapat hukuman karena kesalahannya. Beberapa orang terlahir sangat takut pada yang namanya hukuman. Baik itu berupa hukuman fisik atau hukuman psikis ke depannya. Orang yang enggan mengakui kesalahannya, biasanya tidak siap menanggung konsekuensi atas apa yang dilakukannya. 

Egois

Orang yang memiliki sikap egois, akan selalu enggan mengakui kesalahannya. Orang ini terus menerus merasa paling benar. Ia sulit menerima kenyataan jika ia telah berbuat kesalahan. Ia tak mau mengalah dengan orang lain. Bahkan ketika ia sudah jelas-jelas kalah karena salah.

Keras Hati, Anti Dinasehati

Orang yang enggan mengakui kesalahannya umumnya juga sangat keras hati. Mereka adalah tipe orang yang anti dinasehati, berpikiran tertutup dan benci diingatkan. Ia merasa paling benar dan paling baik. Bahkan ketika ia jelas-jelas berbuat salah dan berbuat sesuatu yang tak bisa dibenarkan.

Takut Dihakimi

Saat melakukan kesalahan, seseorang tentu akan dihakimi oleh orang lain. Ia akan dinasehati dan diingatkan mengenai kesalahannya. Ia juga akan dihakimi agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Namun, orang yang enggan mengakui kesalahannya, biasanya sangat takut untuk dihakimi. Ia tak kuasa untuk menerima kenyataan bahwa ia sedang berada di pihak yang salah atau sedang melakukan kesalahan. Baginya, penghakiman akan membuatnya merugi.

Takut Gagal

Orang-orang yang enggan mengakui kesalahannya, umumnya adalah orang-orang yang takut pada kegagalan. Padahal, kegagalan menjadi salah satu proses menuju keberhasilan. Orang ini menganggap kesalahannya sebagai kegagalan besar dalam hidupnya. Ini sebagai suatu hal yang begitu mengerikan dan memalukan baginya. 

Itulah sekian alasan kenapa seseorang enggan mengakui kesalahannya. Umumnya, orang ini tak takut akan orang lain. Tapi ia takut pada dirinya sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading