Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang yang Peka dalam Memahami Isi Hati Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Kepekaan hati setiap orang memiliki kadar yang berbeda-beda, dan itu wajar. Setiap orang dibekali dengan perasaan dan logika yang sama, tapi bagaimana setiap orang menggunakannya akan berbeda sesuai kebutuhannya. Akan selalu ada orang-orang yang peka secara emosional atau merespon sesuatu dengan intuisinya, dan ada juga yang tidak peka alias cenderung cuek dan acuh tak acuh. Orang-orang yang peka seringkali menunjukkan tanda yang berbeda. Ini dia tandanya jika kamu orang yang peka.

1. Memiliki intuisi yang kuat

Kamu memiliki firasat yang kuat tentang banyak hal, baik secara positif atau pun negatif. Kamu tahu apa yang harus dilakukan dan cenderung mengikuti kata hati. Kamu tahu ketika hatimu mengatakan A, maka itu adalah hal yang benar. Lubuk hatimu cenderung lantang dalam memberikan tanda-tanda kehidupan yang perlu diperhatikan.

2. Memahami bahasa tubuh

Kamu mudah memahami gerak-gerik orang lain, baik yang bermakna baik maupun buruk. Kamu mudah membaca isyarat atau pertanda ketika seseorang menunjukkan sikap tertentu terhadapmu. Ketika seseorang bersikap baik, kamu tahu belum tentu itu didasari oleh ketulusan, terkadang ada gerak-gerik atau bahasa tubuh yang menunjukkan kebohongan dan kepalsuan. Meskipun kamu tak selalu mengungkapkan hal itu karena takut menyakiti hati orang lain.

3. Sensitif melihat perubahan

Orang yang peka cenderung mudah melihat perubahan kecil, misalnya raut wajah yang sedih, bingung, galau dan lain sebagainya. Kamu tahu kapan seseorang merasa bahagia, senang, sedih, kecewa, ragu atau bahkan marah, meskipun orang itu berusaha menyembunyikan perasaannya. Kamu tahu apa makna mengerucutkan bibir, lirikan mata ke samping dan lain sebagainya. Kamu membaca itu sebagi hal yang memiliki makna tertentu.

4. Memiliki empati yang kuat

Mulut mungkin bisa berkata bohong, tapi sikap seringkali tak bisa berbohong. Bahkan jika seseorang bersikap pura-pura, itu akan terasa tidak tulus. Orang-orang yang peka secara perasaan cenderung memiliki empati yang kuat. Ia bisa bersimpati dengan penderitaan orang lain, melihat sisi lain kehidupan dan memposisikan diri di tempat orang lain sehingga tidak mudah menghakimi mereka.

5. Suka menolong dan murah hati

Terdorong oleh empatinya yang kuat, orang yang peka akan berusaha menolong dan meringankan beban hidup orang lain. Kamu cenderung ingin membantu sebisamu sehingga orang-orang bisa menjalani hidup yang lebih baik. Kamu tahu kamu bisa dimanfaatkan dan dibohongi ketika empatimu lebih kuat ketimbang firasatmu, tapi kepekaan emosional membuatmu tak membiarkan orang lain merasa menderita.

Jika kamu memiliki sekian hal di atas, pertanda kamu adalah orang yang peka dan perhatian.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading