Sukses

Lifestyle

Tanda Trauma Masa Kecil yang Tidak Kamu Sadari

Fimela.com, Jakarta Terkadang hal-hal yang kita alami sejak kecil baik atau buruk dapat melekat sampai kita dewasa. Hal inilah yang dinamakan oleh trauma. Trauma masa kanak-kanak mempengaruhi setiap orang secara berbeda. beberapa orang trauma dapat memiliki efek kesehatan mental yang signifikan sedangkan bagi yang lain, trauma berarti perkembangan kondisi kesehatan fisik yang kronis. 

Trauma yang dirasakan selama masa kanak-kanak biasanya akan terlihat oleh sikap ketika seseorang sudah dewasa. Dilansir dari verrywellmind dan choosingtheraphy  (11/8) ini tanda trauma masa kecil yang tidak kamu sadari. 

Selalu merasa sedih

Kamu menyadari bahwa kamu lebih sering merasa sedih yang dalam sewaktu-waktu dan itu sering. Mungkin ini merupakan tanda bahwa kamu pernah mengalami sebuah peristiwa yang traumatis hingga membuat kamu merasakan kesedihan yang mendalam. 

Perubahan suasana hati dan stress kronis

Trauma yang tidak terselesaikan dapat menyebabkan penumpukan stress yang beracun dan berdampak pada sampai dewasa. Banyak orang dewasa yang mengalami emosi yang kuat, perubahan suasana hati dan stress yang luar biasa. Ini disebabkan karena trauma dapat mengubah otak yang sedang mengalami perkembangan dan mempengaruhi daerah otak yang terkait dengan ketakutan, stress dan pengaturan emosi.

Masalah tidur

Masalah tidur bisa dimulai dengan mengalami mimpi buruk atau bahkan kehilangan kemampuan untuk tertidur dengan cepat padahal tubuh kamu sudah sangat lelah. Dan akhirnya kamu terjaga sepanjang malam. 

Kebiasaan menghindar

Kamu yang mengalami trauma biasanya sering menunjukan perilaku menghindar dari orang, situasi, tempat atau hal-hal tertentu yang dapat memicu ingatan traumatis. Misalnya kamu menolak untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga atau mengunjungi kampung halaman. Kamu juga menghindari topik-topik tertentu dan tidak suka untuk membicarakan masa kecil.

Kemarahan

Kamu pernah marah akan sesuatu yang tidak dapat dijelaskan? Atau kamu sangat mudah tersinggung dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan tingkat kejadian? Jika iya ini merupakan salah satu tanda peristiwa traumatis. 

Tidak bisa fokus

Ketika pikiran seseorang bekerja keras untuk menekan rasa trauma, ini mungkin akan membuat kamu mengalami ketidakmampuan untuk fokus. Hal ini akan memberikan dampak kepada kamu seperti mudah terganggu, pelupa dan tidak teratur. 

Sahabat Fimela, demikian tanda trauma masa kecil yang tidak kamu sadari. Segera hubungi seorang psikolog jika tanda-tanda tersebut semakin parah. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading