Sukses

Lifestyle

Mozah Al Maktoum, Keluarga Kerajaan Dubai Wanita Pertama yang Jadi Pilot Kenang Kisah Haru Bawa Sang Ibu di Penerbangan Penumpang Pertamanya

Fimela.com, Jakarta Mozah Al Maktoum adalah anggota keluarga terkemuka di Emirat. Keluarganya adalah salah satu penguasa UEA yang signifikan, yaitu keluarga Al Maktoum dengan silsilah yang bergengsi dan bersejarah turun dari cabang Al-Bu Falasah dari suku Bani Yas, sebuah federasi suku dengan kepemimpinan berusia berabad-abad di seluruh wilayah tersebut.

Keluarga Al Maktoum telah memerintah Dubai sejak 1833. Kakek Mozah dari pihak ibunya adalah almarhum Yang Mulia Sheikh Maktoum bin Rashid Al Maktoum, saudara laki-laki penguasa Dubai, Yang Mulia Sheikh Mohammed Al Maktoum, yang mempromosikan perkembangan luar biasa dan inovatif dalam beberapa dekade terakhir.

Sheikha Mozah Al Maktoum menjadi anggota keluarga kerajaan Dubai wanita pertama yang menjadi pilot. Ia mengambil pelajaran terbang pertamanya pada usia 12 tahun. Pada tahun 2013, ia meraih Rekor Dunia Guiness untuk wing walking dan memasuki Oxford Aviation, lulus sebagai yang termuda di kelasnya.

Kisah haru Mozah Al Maktoum bawa sang ibu di penerbangannya

Ia juga menjadi wanita pertama di keluarga kerajaan yang menjadi pilot Emirates Airline di tahun 2015, sekaligus wanita pertama di UEA yang bergabung dengan Dubai Police Airwing sebagai pilot letnan satu pada tahun 2019. Di tahun yang sama, Mozah Al Maktoum mendirikan Women in Aviation Association untuk memberikan dukungan dan meningkatkan kesadaran akan peluang di bidang ini, tidak hanya sebagai pilot atau anggota kru, tapi juga sebagai pengacara, insinyur, dokter, dan peran penting lainnya.

Ada pengalaman tak terlupakan bagi Mozah di usianya yang ke 19 tahun. Lewat kisah yang dibagikannya di akun Instagramnya, ia mengenang kembali momen yang terjadi di tahun 2016 tersebut.

Penerbangan pertamanya adalah dari Dubai ke Amman, Yordania dan salah satu penumpang dalam penerbangan tersebut adalah ibunya sendiri. Dalam video yang diunggahnya, Mozah terlihat menyeka air mata harunya.

Pencapaian terbaru Mozah Al Maktoum

"Penerbangan penumpang pertama saya di Emirates pada usia 19 tahun. Ibu menepati janjinya dan datang pada penerbangan pertamaku. Tak terlupakan dan sangat berterima kasih. Saya mencintaimu melebihi kata-kata," tulisnya di bagian caption.

Di tahun 2022, Sheikha Mozah kembali memecahkan rekor, kali ini dalam skala internasional. Pada Mei 2022, Mozah menjadi wanita pertama yang pernah menerbangkan tiltrotor AW609 di markas helikopter AS Leonardo di Philadelphia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading