Sukses

Lifestyle

Wujudkan Rambut Kuat, Sehat, dan Lebat, Begini Ragam Perawatan Mudah yang Bisa Dicoba Sendiri

Fimela.com, Jakarta Sama seperti kulit tubuh, rambut pun juga memerlukan perawatan yang tepat dan dilakukan secara rutin. Pasalnya, dengan memiliki rambut kuat, sehat, dan lebat, perempuan manapun pasti akan terlihat berkali-kali lebih cantik serta bisa tampil dengan penuh percaya diri. Apalagi karena rambut ini merupakan mahkota perempuan dan berperan juga sebagai penunjang kecantikan.

Nah, untuk melakukan perawatan rambut sendiri, kamu nggak perlu sampai menggunakan produk mahal atau pergi ke salon kecantikan kok. Ini karena perawatan untuk mewujudkan rambut kuat, sehat, dan lebat bisa kamu lakukan sendiri secara mudah, bahkan pada saat di rumah. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan berbagai kebiasaan yang dilakukan selama ini. Intip dulu yuk berbagai informasi mengenai perawatan rambut yang bisa dilakukan!

1. Gunakan Shampo yang Cocok dengan Rambut

Untuk mendapatkan rambut kuat dan bervolume, maka penggunaan shampo akan sangat diperlukan. Pada dasarnya, shampo memang sebuah produk perawatan rambut yang sering dan wajib digunakan. Sebab, dalam setiap 2-3 hari sekali, rambut perlu untuk dibersihkan agar terbebas dari kotoran serta debu yang menempel. 

Jika ingin mencoba cara membuat rambut kuat satu ini, pastikan dulu untuk memilih produk shampo yang cocok sesuai dengan jenis rambutmu. Cari produk shampo yang nggak mengandung bahan berbahaya untuk helaian rambut kamu, misalnya saja seperti ammonium lauryl sulfat atau natrium/sodium lauryl sulfat.

Selain itu, perhatikan pula berbagai bahan lainnya yang mampu mengatasi permasalahan rambut patah dan rontok. Kamu bisa memilih shampo dengan bahan-bahan alami seperti ginseng, ekstrak alpukat, dan argan yang baik untuk menguatkan akar rambut. Nggak cuma itu, pastikan pula bahwa formula di dalam shampo tersebut sudah tepat dan teruji secara klinis. 

2. Pakai Kondisioner setelah Keramas

Setelah selesai keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner, ya. Produk perawatan yang satu ini perlu diaplikasikan untuk membuat rambut kuat, lembut, bersinar, mudah disisir, dan akarnya jadi lebih kuat. Pasalnya, hanya menggunakan shampo saja ternyata nggak akan cukup untuk membuat rambut kuat dan sehat.

Yup, kondisioner memang mampu memberikan nutrisi bagi rambut untuk melindunginya dari berbagai kerusakan. Namun perlu diingat, bahwa pemilihan kondisioner yang tepat juga bisa berpengaruh terhadap perawatan rambut kuat yang sedang kamu upayakan.

Sebaiknya pilih kondisioner dengan kandungan nutrisi lengkap, seperti  biotin, Pro-Vitamin B5, dan antioksidan. Kondisioner seperti ini dipercaya lebih mampu dalam membantu memperbaiki vitalitas dan menutrisi rambut yang rusak, menghasilkan rambut kuat dan juga menjaga fleksibel rambut agar nggak mudah patah. Jadi, jangan lupa dipakai secara rutin, ya.

3. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut agar sehat dapat diwujudkan dengan rutin menggunakan masker rambut. Produk satu ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan keindahan rambut, lho. Terlebih lagi bila kamu punya permasalahan rambut kering, mudah patah, dan kerontokan. Maka masker rambut bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Kamu perlu tahu bahwa penyebab akar rambut nggak kuat bisa diakibatkan oleh kurangnya nutrisi pada rambut serta kelembapannya yang kurang. Oleh karena itu, masker sangat dibutuhkan sebagai pemberi nutrisi serta untuk mengembalikan kelembapan yang hilang pada rambut. 

Sebagai catatan penting, masker rambut ini bisa kamu gunakan paling banyak satu minggu sekali. Itupun bila keadaan rambut benar-benar sudah rusak parah. Namun bila masih normal dan sehat, kamu bisa mencoba menggunakan produk ini sebanyak dua kali dalam sebulan. 

4. Sisir Rambut dengan Teratur

Siapa bilang sisiran itu nggak penting? Kegiatan menyisir sebenarnya bukan hanya mampu membuat rambut menjadi rapi, namun juga menghindarkannya dari kekusutan. Namun, menyisir rambut pun ternyata perlu memerhatikan beberapa hal agar kesehatannya tetap terjaga. Misalnya, menghindari menyisir rambut setelah keramas atau pada saat rambut masih basah. Selain itu, usahakan pula untuk nggak salah menggunakan jenis sisir.

Perlu diketahui bahwa rambut kuat dan lebat bisa didapatkan bila kamu memilih sisir yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut. Untuk rambut lurus, sebaiknya gunakan sisir yang bergigi sempit. Bagi yang punya rambut bergelombang atau ikal, akan lebih baik bila menggunakan sisir bergigi lebar. Sementara itu, pakai sisir jenis paddle brush untuk rambut panjang yang tebal dan rambut yang tergolong tipis. Bila kamu menerapkan tips ini, dijamin rambut kuat akan bisa tetap terjaga.

5. Jangan Sepelekan Manfaat dari Vitamin Rambut

Cara membuat rambut tebal dan nggak rontok bisa pula diupayakan dengan menggunakan vitamin rambut. Mulai sekarang, tambahkan produk perawatan rambut ini ke dalam hair care routine harianmu. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila memakai vitamin untuk rambut ini. Misalnya saja, dapat menunjang pertumbuhan rambut, mengatasi rambut rontok, membuat rambut lebih kuat dan berkilau, melindungi rambut sebelum aktivitas styling, hingga menjadikan rambut lebih bervolume. 

Nah, untuk memilih vitamin untuk menguatkan akar rambut sebaiknya carilah yang mengandung nutrisi penting, seperti biotin, asam folat, dan vit B kompleks. Pasalnya, berbagai kandungan tersebut memiliki kegunaan untuk membuat rambut kuat dan lebat. 

6. Jangan Berlebihan dalam Melakukan Perawatan Rambut

Meskipun rambut membutuhkan perawatan, namun bukan berarti bahwa kamu harus melakukannya secara berlebihan. Terkadang perempuan bisa menjadi sangat khawatir dan berujung parno bila rambut mereka mengalami suatu permasalahan. Sehingga, berbagai metode dan produk pun sengaja digunakan, tanpa peduli apakah itu berlebihan atau nggak.

Prinsipnya, melakukan perawatan agar rambut kuat bisa dilakukan dengan cara yang sewajarnya. Sebab, ‘less is more’ akan menjadi sesuatu yang lebih baik bila diterapkan dalam mengupayakan rambut kuat. So, mulailah dengan menggunakan shampo, masker rambut, serta produk atau perawatan rambut secara bijak, ya.

7. Batasi Penggunaan Alat Hair Styling

Demi bisa mendapatkan penampilan yang berbeda dari biasanya, banyak perempuan kemudian memutuskan untuk mengganti gaya rambut mereka. Hal ini biasanya dilakukan dengan memakai alat-alat styling, seperti catokan, curling iron, dan sebagainya. 

Tapi, apakah kamu tahu bahwa terlalu sering menggunakan alat hair styling ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada helai rambutmu? Suhu panas yang dihasilkan dari berbagai alat styling tersebut dapat melemahkan rambut, lalu membuatnya menjadi kering dan rapuh. 

Oleh karena itulah, para ahli menyarankan untuk nggak memakai alat-alat styling bersuhu panas terlalu sering dan dalam jangka waktu yang berkepanjangan. Dengan begitu, impian memiliki rambut kuat pun jadi bisa terpenuhi.

8. Jaga Asupan Makan Sehari-Hari

Makan apa biar rambut tebal? Pertanyaan yang satu ini sering banget dibicarakan saat seseorang memiliki permasalahan rambut tipis dan mudah rontok. Memang benar bahwa apa yang dikonsumsi sehari-harinya bukan hanya dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh melainkan juga pada rambut. Oleh karena itulah, penting untuk memberikan nutrisi dari dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi.

Beberapa asupan zat gizi yang perlu kamu perhatikan mulai sekarang bisa berupa makanan yang kaya akan protein, multivitamin, zat besi, zinc, serta omega 3. Lakukan perawatan rambut kuat ini secara konsisten, dan kamu pun pasti akan merasakan perubahan baiknya.

9. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Terkadang perempuan suka merasa risih dengan keadaan rambut mereka yang terurai. Untuk itulah, mengikatnya menggunakan ikat rambut menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih. Sayangnya, beberapa dari mereka sering mengikat rambut dengan terlalu kuat. Padahal, melakukan kesalahan tersebut bisa berakhir membuat rambut kuat kamu menjadi semakin lemah. 

Untuk itu, bila merasa panas atau gerah, kamu bisa memotong rambut menjadi lebih pendek. Namun, jika masih sayang dengan rambut yang dipunya, cobalah untuk mengikatnya dengan nggak terlalu erat atau mungkin bisa menggunakan jepit rambut yang dinilai lebih baik dari ikat rambut. Ikuti tips rambut kuat yang satu ini, jika kamu ingin rambut tetap kuat, sehat, serta lebat. 

10. Manfaatkan Minyak Rambut

Cara menguatkan akar rambut secara alami bisa banget dilakukan dengan memanfaatkan minyak rambut. Bahan alami ini dipercaya memiliki ragam manfaat baik dan menyehatkan bagi rambut. Misalnya saja, minyak minyak jarak yang dapat menguatkan akar rambut, memicu pertumbuhan rambut sehingga lebih lebat, serta mendukung keratin di rambut, membuatnya lebih lembut serta nggak kering. 

Lalu, ada pula minyak almond, yang mencegah rambut dari kerontokan dan kondisi bercacang. Menggunakan minyak almond pada rambut pun juga memberikan tekstur lebih lembut dari waktu ke waktu. Pasalnya, minyak alami satu ini diperkaya dengan kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi. 

11. Pijat Kepala

Memijat kepala menjadi alternatif lainnya dalam membuat rambut kuat dan lebat. Namun bukan sembarang memijat, ya. Pasalnya, ada teknik atau langkah yang harus kamu perhatikan satu demi satu. 

Pertama-tama, pijat perlahan kepala saat keramas, menggunakan masker atau tonik rambut, atau sebelum tidur. Cukup gunakan ujung jari dan pastikan kukumu sudah terpotong pendek terlebih dahulu untuk menghindari luka dan iritasi pada kulit kepala saat memijatnya.

Memijat kepala sendiri berfungsi untuk memastikan peredaran darah di kepala lancar, sehingga rambutmu bisa tumbuh lebih sehat. Namun bila kamu ragu untuk melakukan perawatan rambut kuat ini, maka kamu bisa mengunjungi salon kecantikan yang menyediakan layanan pijat kepala. 

12. Hindari Stress

Demi bisa menciptakan rambut kuat, sehat, dan lebat, maka kamu juga perlu memerhatikan kebiasaan di kehidupan sehari-sehari. Adapun itu biasanya berupa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan tanpa kamu sadari, salah satunya adalah sering terkena stress. 

Stress yang nggak dikelola dengan baik nyatanya dapat menyebabkan kerontokan rambut hingga menghambat pertumbuhan rambut yang baru. Itulah mengapa, stress menjadi penyebab akar rambut nggak kuat yang perlu dihindari. 

Apabila mengalami stress karena pekerjaan atau lainnya, kamu bisa mengambil waktu sejenak untuk healing ke suatu tempat baik sendirian maupun bareng orang lain. Jika ingin diam di rumah saja dan melakukan hal yang menyenangkan juga bisa, misalnya dengan karokean, memasak, atau main game biar terhibur.

Well, itu tadi beberapa tips untuk mewujudkan rambut kuat, sehat, serta lebat. Jika kamu memiliki permasalahan rambut mudah patah atau rontok, boleh banget lho mencoba beberapa tips tersebut. Dengan begitu, penampilan rambut yang lebat serta bervolume bisa selangkah lebih dekat untuk diraih. Jangan lupa dipraktekkan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading