Sukses

Lifestyle

4 Tips Membersihkan Gajih Sapi pada Peralatan Dapur

Fimela.com, Jakarta Gajih sapi atau lemak sapi yang menempel pada peralatan dapur kadang memang susah dibersihkan. Kalau peralatan dapur tidak dibersihkan dengan baik nantinya akan mempengaruhi cita rasa masakan yang menggunakan peralatan tersebut. Meskipun kadang agak merepotkan, tapi membersihkan peralatan dapur dari sisa gajih sapi yang menempel bisa lebih mudah dengan kiat-kiat khusus.

Berikut ini ada sejumlah tips membersihkan gajih sapi pada peralatan dapur yang bisa langsung dicoba di rumah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Rendam Peralatan Dapur dalam Air Sabun

Siapkan baskom yang berisi air sabun. Larutkan sabun cuci piring dalam air di baskom tersebut. Lalu, rendam peralatan dapur selama minimal 15 menit. Cara ini bisa membuat sisa gajih sapi atau lemak yang menempel di peralatan dapur luruh. Sehingga, ketika akan digosok atau disikat untuk dibersihkan, tak butuh waktu terlalu lama untuk menghilangkan sisa gajih yang menempel di peralatan dapur.

 

 

2. Gunakan Baking Soda atau Soda Kue

Kalau pakai air sabun biasa masih belum bisa menghilangkan sisa gajih dan lemak yang menempel di peralatan dapur, bisa pakai baking soda. Caranya mudah saja. Campur 1 sendok baking soda dalam cairan pencuci piring, tambahkan sedikit air untuk melarutkannya. Setelah itu, gosokkan ke permukaan peralatan dapur yang dicuci. Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

 

 

3. Pakai Garam Kasar

Kalau punya garam kasar bisa juga dipakai untuk membersihkan sisa gajih dan lemak yang menempel di peralatan dapur. Tekstur yang abrasif dan sifatnya yang kesat membuat garam bisa cukup efektif untuk meluruhkan sisa kotoran dan lemak yang menempel di peralatan dapur. Siapkan garam secukupnya, lalu gosokkan pada peralatan dapur yangdibersihkan. Diamkan dulu sekitar 10 menit (bisa juga lebih) agar kotorannya luruh. Kemudian, bilas peralatan dapur seperti biasa. Dapat juga dibersihkan lagi dengan sabun cuci piring bila ingin hasilnya lebih bersih dan tidak berbau.

 

 

4. Gunakan Larutan Cuka atau Air Perasan Jeruk

Bahan yang bersifat asam bisa membantu menyingkirkan lemak dan sisa gajih sapi yang menempel di peralatan dapur. Pertama-tama, cuci peralatan dapur dengan air dan sabun cuci biasa. Setelah itu, tuangkan larutan cuka atau air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon ke dalam air rendaman untuk peralatan dapur yang baru dicuci dengan sabun. Diamkan dulu selama beberapa mani, lalu bilas dengan air hangat. Bau amis pada peralatan dapur pun bisa hilang dengan cara ini.

Itu tadi empat tips membersihkan gajih sapi pada peralatan dapur yang bisa dicoba di rumah. Semoga tips dan kiatnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading