Sukses

Lifestyle

Tips untuk Menyimpan Pisau Stainless Steel Agar Tetap Tajam

Fimela.com, Jakarta Salah satu peralatan dapur yang paling penting dan harus ada di dapur adalah pisau. Pisau sendiri memiliki kegunaan untuk memotong berbagai macam sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan lain-lain. Maka dari itu, memiliki pisau yang tajam adalah hal yang penting. 

Akan tetapi, jika Kita menggunakan pisau secara berulang ulang kali, alhasil pisau kita tidak setajam sebelumnya. Apalagi pisau yang tumpul bisa membuat waktu memasak menjadi semakin lama. Selain itu, pisau tumpul juga bisa membuat kita frustasi karena sayuran atau daging yang sedang kita potong tidak terpotong-potong. 

Melihat permasalahan tersebut, berikut adalah cara untuk menjaga dan menyimpan pisau stainless steel kamu agar tetap tajam. Berikut adalah tips yang diberikan oleh Kotaikitchen.com.

Cuci dan keringkan

Hal yang paling penting dan pertama kali harus dilakukan adalah dengan mencuci pisau stanley still kamu dengan tangan. Jangan pernah menggunakan mesin cuci piring saat membersihkan pisau.

Hal ini dikarenakan mesin cuci piring dapat merusak mata pisau dan membuatnya lebih tumpul. Selain itu menggosokkan mata pisau dengan sponnya abrasive juga tidak disarankan untuk melakukannya karena dapat membuat mata pisau menjadi tumpul. 

Jadi setiap kali pizza selesai digunakan, cuci pisau anda dengan sabun cuci piring yang lembut, dan air hangat. Setelah itu, bilas dengan air bersih Dan keringkan secara menyeluruh dengan menggunakan kain. Perlu diingat untuk menghindari penggunaan produk deterjen atau penggosok abrasive karena materi ini dapat merusak mata pisau. 

 

 

Penyimpanan pisau

Pada dasarnya bisa memiliki ujung yang halus. Maka dari itu sangat disarankan untuk tidak menyimpan pisau di dalam laci karena mata pisau dapat terbentur dengan peralatan masak lainnya yang menumpuk.

Berikut adalah tempat penyimpanan yang disarankan untuk digunakan menurut Bonappetit.com 

Strip magnet khusus pisau

Strip magnet khusus pisau bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan pisau stainless steel agar tetap tajam. Selain itu, strip magnet ini juga dapat menghemat tempat karena cara pemasangannya hanya perlu diletakan atau di tempelkan di dinding. Menambahkan, strip magnet ini juga dapat memberikan tampilan yang bagus.

Akan tetapi, penggunaan strip magnet khusus pisau ini bisa dikatakan berbahaya untuk digunakan. Hal ini dikarenakan, pisau akan mudah jatuh jika terkena benturan. Memiliki strip magnet pisau sangat tidak disarankan untuk orang-orang yang memiliki hewan peliharaan dan anak kecil. Tidak disarankan karena anak-anak dan hewan peliharaan dapat melompat ke tempat dimana magnet pisau itu berada, alhasil anak-anak atau hewan peliharaan akan terluka dan mata pisau juga akan tumpul.

Blok penyimpanan khusus pisau

Blok penyimpanan khusus ini akan memberikan proteksi yang bagus khususnya untuk menjaga ketajaman mata pisau. Alhasil umur penggunaan pisau akan jauh lebih lama. Intinya jangan mendorong pisau kamu terlalu keras saat memasukan pisau ke blok penyimpanan.

Blok kayu ini dapat mengambil tempat yang cukup banyak khususnya di daerah tempat penyimpanan. Selain itu, blok penyimpanan kayu ini harus selalu dibersihkan jika tidak blok penyimpanan akan menimbulkan banyak bakteri. Menambahkan, sesaat sebelum menaruh pisau ke dalam blok penyimpanan juga harus benar-benar kering, agar tidak terjadi penyebaran bakteri.

 

 

Tempat penyimpanan pisau

Blok pisau magnetik

Memiliki model yang serupa dengan blok penyimpan pisau, hal yang membuat dudukan magnet berbeda adalah di bagian dalam penyimpanan yang terdapat magnet. Blok magnet ini tidak memerlukan ruangan dinding dan bentuknya lebih kecil dari blok pisau. Blok magnet pisau juga akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan strip magnet khusus pisau.

Bisa dikatakan kalau blok magnet pisau memiliki banyak manfaat, tetapi kekurangannya adalah benda ini memerlukan tempat di meja dapur. Akan tetapi untuk membersihkannya akan susah karena slot penyimpanannya kecil.

Blok dan pengatur pisau dalam laci

Manfaat dari memiliki blok dan pengatur khusus pisau di dalam laci adalah Rangkaian penyimpanan bisa disesuaikan dengan apa yang kita mau dan akan lebih aman daripada menggunakan strip magnet. Hal ini dikarenakan kita dapat menampung koleksi pisau sesuai dengan keinginan kita.

Akan tetapi kekurangannya kamu membutuhkan laci kosong dan sisipan atau tepian dari blok atau pengatur pisau itu susah untuk dibersihkan. 

Roll-up bag khusus pisau

Keuntungan dari roll-up bag Adalah harganya yang terjangkau dan ringan. Selain itu tas ini juga portable dan dapat dibawa kemana-mana dan bisa menjadi salah satu solusi penyimpanan pisau utama kamu.

Akan tetapi kekurangan dari roll-up bag ini adalah Sloth dari setiap pisau itu longgar-longgar. Menambahkan jika setiap kali kamu harus menyimpan dan membungkus kembali pisau lama-kelamaan akan membuat pisau korosi dan karat. 

Maka dari itu, disarankan untuk selalu mengeringkan segala sisi pisau dengan teliti khususnya setelah dicuci.

 

 

Hindari memotong dari permukaan keras

Dilansir oleh nytimes.com, penggunaan pisau dengan permukaan yang keras dapat membuat mata pisau menjadi cepat tumpul. New York Times juga menekankan untuk tidak menggunakan pisau di permukaan, seperti kaca, granit, marble, dan keramik. 

Dilansir oleh Cozzinibros.com, pisau yang tumpul akan jauh lebih berbahaya daripada pisau yang tajam. Hal ini dikarenakan saat menggunakan pisau tumpul memerlukan tekanan yang lebih banyak untuk memotong. Tekanan ini lah yang dapat membuat resiko tangan terluka akan jauh lebih tinggi. 

Pada dasarnya semua peralatan dapur akan mendapatkan manfaat jika mendapatkan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah pisau, jika mendapatkan perawatan yang benar yaitu dengan rajin mengasah alhasil pisau akan semakin tajam dan umur penggunaan akan lebih lama.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading