Sukses

Lifestyle

7 Ciri Orang Bohong Dilihat dari Gelagatnya yang Mencurigakan

Fimela.com, Jakarta Orang-orang berbohong dengan caranya masing-masing dan karena berbagai macam alasan. Tapi orang berbohong biasanya memiliki kebiasaan tertentu sehingga menjadi ciri bahwa ia sedang mengatakan hal yang tidak benar. Mungkin beberapa ciri sudah sering kamu lihat atau temui, itu juga menjadi pertanda kamu peka terhadap kebohongan. Ini beberapa ciri orang bohong jika dilihat dari gelagatnya.

1. Duduk terlalu tegak

Ketika seseorang berbicara bohong, salah satu kebiasaannya adalah bersikap tegak dalam waktu lama, baik saat berdiri maupun duduk. Itu adalah ciri ia ingin terlihat meyakinkan saat mengatakan sesuatu dan terlihat serius sehingga orang yang diajak bicara percaya kepadanya.

2. Badannya tak bisa diam

Kebohongan seringkali bisa dengan mudah dilihat dari gerakan tubuhnya, khususnya ketika ia tidak bisa duduk tenang dan diam. Ia mungkin duduk blingsatan atau tidak tenang, sering menggigit bibir, tangannya sibuk memainkan sesuatu, sering menyentuh bagian tubuh tertentu atau kakinya sering bergerak. Ini adalah respon tubuh secara ketika ia ingin menyembunyikan kegelisahan.

3. Sering mengulang kata

Orang berbohong sangat mudah ditebak dari gelagatnya berbicara, terutama suka mengulang kata, kalimat atau frasa. Itu terjadi karena tak ada lagi yang bisa ia katakan untuk menjelaskan pernyataannya. Ia hanya akan mengulang kata-kata karena tidak menemukan fakta untuk diungkapkan. Terkadang ia juga terlihat bigung dan tercekat sehingga kesulitan untuk bicara.

4. Terlalu antusias bicara

Ada juga orang-orang yang ketahuan bohong karena terlalu antuasias menjelaskan sesuatu. Ia ingin tampak meyakinkan dengan membagi terlalu banyak informasi. Ia tak memberi kesempatan lawan bicaranya untuk ikut bicara, membalas atau mempertanyakan ucapannya. Ia melakukan itu agar fokusnya tidak berubah atau terpecah. Ketika orang mencoba mempertanyakan sesuatu, ia akan kehilangan 'rencana kebohongan' yang sudah ia pikirkan di kepala.

5. Menghindari kontak mata

Orang-orang berbohong cenderung tidak tahan melakukan kontak mata terlalu lama, karena takut akan ketahuan, seakan orang bisa langsung melihat kebohongannya jika mereka menetap mata. Pembohong akan mencoba mengalihkan perhatian lawan bicaranya dengan sering memejamkan mata untuk meyakinkan. Padahal sebenarnya ia sedang menghindari kontak mata untuk menutupi kebohongannya.

6. Gerakan mata yang berlebihan

Seringkali kebohongan orang juga bisa dilihat dari gerakan mata yang berlebihan, misalnya sering berkedip. Ini adalah tanda kecemasan dan kegelisahan. Ada juga yang mencoba menatap tajam tapi sebenarnya tatapannya kosong dan sedikit takut, ini tanda ia sedang berusaha meyakinkan dirinya sendiri bahwa apa yang ia katakan adalah benar.

7. Berkeringat

Karena reaksi tubuh seringkali lebih jujur dari kata-kata yang keluar dari mulut, kebohongan jadi bisa dilihat ketika ia menjadi terlalu gugup dan berkeringat. Coba perhatikan mengapa ia jadi rentan berkeringat di area wajah, leher, pelipis dan lainnya. Terkadang ini tanda ia sedang takut ketahuan.

Jadi jika ingin mengetahui ciri orang bohong, coba perhatikan sikap atau gelagatnya.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading