Sukses

Lifestyle

5 Kota Bersejarah di Indonesia yang Seru untuk Dikunjungi

Fimela.com, Jakarta Bulan Agustus ini bertepatan dengan bulannya kemerdekaan Indonesia. Tentunya kita harus bangga dengan peninggalan-peninggalan sejarah yang diwariskan secara turun-temurun. Apalagi jika kamu adalah tipe seseorang yang suka dengan bepergian, Indonesia memiliki banyak sekali kota bersejarah yang seru untuk dikunjungi. Terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, semua kota memiliki ceritanya tersendiri. Terlebih, mempelajari sejarah dengan pergi ke tempatnya langsung jauh lebih mengasyikan daripada membayangkannya melalui buku-buku ataupun video di internet. 

Maka dari itu, bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Indonesia, jaringan hotel Accor di Jakarta, Surabaya, Palembang, Yogyakarta, dan Medan memberikan penawaran dan fasilitas menarik bagi mereka yang ingin berwisata sejarah. Tak hanya mempelajari sejarah dan warisan budaya setempat, para wisatawan juga dapat memiliki kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Indonesia yang memiliki cita rasa menarik di lidah. Berikut rekomendasi 5 kota bersejarah di Indonesia yang seru untuk dikunjungi.

1. Jelajahi area bersejarah di Jakarta bersama Mercure Jakarta Batavia

Ibukota Jakarta sendiri juga memiliki tempat bersejarah yang beragam salah satunya adalah Kota Tua Jakarta. Pada zaman penjajahan Belanda, Kota Tua Jakarta menjadi area kegiatan administrasi berjalan di Batavia (Nama Jakarta pada zaman penjajahan Belanda). Untuk memperkenalkan salah satu bangunan bersejarah ini, kehadiran Mercure Jakarta Batavia di area bersejarah Jakarta sejak 2019 menawarkan kesempatan tak terlupakan bagi para tamu untuk mengenal sejarah kota Jakarta. Para tamu dapat dengan mudah mengakses Kota Tua Jakarta dengan berjalan kaki 10 menit dari hotel.

Berkolaborasi dengan Museum Seni Rupa dan Keramik, Mercure Jakarta Batavia menawarkan Cultural Package yang mencakup kamar hotel dan sarapan, pottery class, dan tiket masuk museum untuk dua orang. Selain disambut dengan welcome drinks gratis, para tamu juga akan dimanjakan dengan layanan antar-jemput menuju museum dan diskon 20% untuk perawatan spa. Layanan antar-jemput dengan buggy car juga dapat dinikmati tamu untuk mengunjungi Museum Bahari, yang sebelumnya merupakan Gudang di zaman VOC. Untuk menyempurnakan pengalaman liburan, para tamu dapat menikmati Soto Tangkar. Sajian ini memadukan iga sapi dengan rempah kunyit, merica, daun serai, daun salam, dan santan.

2. Desain modern berpadu dengan budaya kuno di Novotel Suites Yogyakarta Malioboro

Selain Kota Jakarta, Kota Jogja juga memiliki tempat bersejarah yang khas. Ditambah dengan nuansa bangsawan dari Keraton yang masih berdiri serta beroperasi hingga saat ini di bawah kekuasaan Sultan, Kota Jogja dapat menjadi destinasi untuk kamu yang ingin mengenal budaya dan sejarah dengan nuansa Jawa yang kental. Terletak di jantung Jalan Malioboro, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro menawarkan tempat beristirahat yang nyaman di pusat wisata dan landmark bersejarah Jogja, seperti Pasar Malioboro, Keraton Yogyakarta dan Benteng Vredeburg. Ketiga tujuan wisata tersebut hanya berjarak 5 menit berjalan kaki dari hotel.

Novotel Suites Yogyakarta Malioboro dengan konsep desain modern ini selalu memastikan kenyamanan para tamu dengan menawarkan layanan becak sebagai bagian dari paket eksklusif untuk anggota Accor Plus. Layanan antar-jemput becak tersebut akan memungkinkan para tamu untuk menjelajahi kekayaan sejarah Jogja dengan nyaman. Para tamu juga dapat mencoba Gecok Kambing. Gecok Kambing merupakan menu favorit yang sebelumnya disajikan di Keraton Yogyakarta untuk Sultan. Menikmati hidangan daging kambing yang dimasak dengan perpaduan bumbu dan rempah yang khas, para tamu dapat mencicipi cita rasa warisan kerajaan dan tradisi kuliner yang bertahan di Yogyakarta.

3. Menelusuri jejak pahlawan bersama Mövenpick Hotel Surabaya City

Mendengar kata “Pahlawan”, Kota Surabaya pasti menjadi kota yang pertama muncul di benakmu. Apalagi lagu Surabaya yang dipopulerkan oleh Titik Hamzah seakan menggetarkan hati dan memaknai Kota Surabaya tidak hanya sebagai kota pahlawan melainkan juga kota yang penuh dengan kenangan. Untuk memaksimalkan perjalanan, Mövenpick Hotel Surabaya City yang dibuka pada 2023 menawarkan kenyamanan rumah di tengah kawasan bisnis di Surabaya. 

Para tamu berkesempatan untuk mengikuti city tour yang akan membawa mereka untuk menjelajahi tempat-tempat bersejarah di Surabaya seperti Museum De Javasche Bank, Monumen Kapal Selam Surabaya, Kya-Kya Kembang Jepun, dan Tugu Pahlawan dari pagi hingga sore hari.

4. Menjelajahi budaya Sumatera Utara bersama Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa

Medan, kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Bandung, memiliki pesona budaya, landmark bersejarah, dan pengalaman kuliner yang menggugah selera. Tidak hanya itu, Kota Medan memiliki julukan tersendiri yaitu Kota Ketua. Jika kamu menyusuri Kota Medan, kamu mungkin akan menjumpai kalimat “Halo Ketua!” atau “Bagaimana Ketua?” alasan Kota Medan mendapatkan julukan Kota Ketua karena kata “ketua” identik dengan sapaan orang Medan. Hal ini menambah keunikan tersendiri di Kota Medan. 

Sejalan dengan keunikan Medan, Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa menghadirkan rangkaian pengalaman lokal yang dirancang dengan sempurna untuk mengenali budaya Sumatera Utara bagi para tamu, khususnya mereka yang baru pertama kali mengunjungi Medan. Dengan desain yang sesuai untuk keperluan bisnis maupun berlibur, hotel ini memastikan pengalaman menginap yang imersif dan mencerminkan keunikan Sumatera Utara. Berlokasi strategis di jantung kawasan bisnis dan perbelanjaan Medan, Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa memiliki akses yang mudah ke tujuan bersejarah, seperti Istana Maimun, Masjid Raya, Tjong A Fie Mansion, dan Kuil Shri Mariaman. Jangan lewatkan sajian tradisional Arsik Ikan khas Batak yang berbahan dasar ikan mas yang dimasak dengan bumbu kuning Batak seperti asam cekala dan andaliman. Hidangan ini wajib untuk dicoba bagi mereka yang mencari pengalaman kuliner baru dan unik.

5. Tempat Bersejarah dan Masakan Nusantara di ibis Palembang Sanggar

Kota terbesar terakhir yang dapat menjadi referensi untuk destinasi sejarah adalah Kota Palembang. Kota ini termasuk kota tertua di Indonesia karena sudah berdiri sejak masa Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, makanan Kota Palembang yang khas juga ada di sini yaitu Pempek. Tetapi tahukah kamu jika Kota Palembang memiliki ikon sejarah yang masih berdiri kokoh? Benar sekali, Jembatan Ampera. Jembatan Ampera ini menjadi saksi bisu penderitaan rakyat, maka dari itu Ampera atau yang memiliki kepanjangan Amanat Penderitaan Rakyat menjadi nama untuk jembatan ini. Berlokasi strategis hanya 15 menit dari Jembatan Ampera Palembang yang ikonik, ibis Palembang Sanggar, dibuka pada April 2023, adalah pilihan akomodasi ideal bagi wisatawan yang ingin menjelajahi arsitektur ibu kota Sumatera Selatan dan memanjakan lidah dengan sajian pempek.

Lokasi hotel yang nyaman juga memberikan akses mudah bagi para tamu untuk menjelajahi tempat bersejarah lainnya seperti Kuto Benteng Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Masjid Agung Palembang, dan Pulo Kemaro.

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading