Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyenangkan agar Makin Bahagia di Usia 30-an

Fimela.com, Jakarta Tiap perempuan punya pengalaman tersendiri ketika memasuki dan menjalani usia 30-an. Di usia ini, seorang perempuan bisa mengalami banyak perubahan signifikan dalam sejumlah aspek kehidupannya. Mulai dari aspek hubungan, pengembangan diri, hingga soal pekerjaan, kadang semua itu menghadirkan banyak tekanan dan tuntutan baru.

Meskipun menjalani usia 30-an terkesan sebagai hal yang menakutkan dan mengkhawatirkan, bukan berarti tak ada kebahagiaan baru yang bisa disambut dan didapatkan di usia ini. Menyikapi semua dinamika baru yang ada, kita bisa mengimbanginya dengan melakukan hal-hal menyenangkan untuk tetap menyalakan lentera kebahagiaan dalam kehidupan yang dijalani di usia 30-an.

1. Nikmati Momen-Momen Kecil

Di usia 30-an, orang-orang di sekitarmu mungkin sudah memiliki pencapaian dan kesuksesannya sendiri. Mereka tampak sudah jauh melejit jauh dari titik kamu berada saat ini, tetapi itu tak perlu sampai membuatmu rendah diri. Nikmati saja momen-momen kecil yang masih ada dan hadir dalam keseharianmu. Cahaya hangat matahari, secangkir teh hangat, hingga senyuman yang masih bisa kamu lihat dari orang tersayang bisa kamu resapi dengan hati penuh syukur. Maka, kebahagiaan pun bisa mengalir dengan cara yang lebih mudah di hatimu.

2. Ciptakan Hubungan Emosional yang Kuat

Orang-orang dalam kehidupanmu ada yang datang dan pergi. Yang dulu dekat bisa berubah menjadi orang asing. Namun, itu tak perlu diratapi berlebihan. Berfokuslah untuk tetap membangun koneksi emosional yang kuat dengan orang-orang yang masih hadir di dekatmu. Koneksi emosional yang kuat bisa meningkatkan rasa bahagia di hatimu. Masih punya kesempatan menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat sudah bisa hadirkan rasa bahagia tersendiri.

3. Terus Mengembangkan Potensi Diri

Viktor E. Frankl dalam bukunya, Man's Search for Meaning memaparan bahwa salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan sejati adalah dengan mengembangkan diri. Menurutnya, manusia harus terus menerus bertumbuh dan berkembang. Mengeksplorasi bakat dan minat hingga mengembangkan potensi tetap perlu dilakukan di usia 30-an. Kepuasan yang diperoleh dari keberanian dan semangat terus mengembangkan diri bisa menghadirkan kebahagiaan yang luar biasa.

4. Mempertegas Tujuan Hidup

Punya tujuan hidup yang jelas bisa memudahkan kita untuk bertahan menghadapi dan melwati kondisi yang sulit. Di usia 30-an, kita akan dihadapkan pada periode baru yang penuh perubahan dan pertumbuhan dengan cara yang mungkin tak pernah kita duga sebelumnya. Di sini kita bisa mempertegas atau memperbarui tujuan hidup kita supaya kita bisa lebih adaptif menghadapi persoalan atau kondisi yang lebih menantang.

5. Meluangkan Waktu untuk Menjalani Hobi

Tetaplah luangkan waktu untuk menjalani dan melakukan hobi yang kamu sukai. Izinkan dirimu untuk bisa tetap bersenang-senang melakukan hobimu. Menjalani hobi bisa hadirkan kedamaian. Keseimbangan hidup juga bisa diperoleh dengan menekuni hobi. Bahkan rasa bahagia bisa dengan mudah hadir saat kita menekuni hal-hal yang kita sukai.

Yuk, tetap bahagia menjalani usia 30-an. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa tetap tersenyum dan tertawa menjalani fase baru kehidupanmu ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading